Estimasi Harga Membuat Website Terbaru (Standar dan WordPress)

EdiSutanto.com – Bagi kamu yang ingin membuat website sebaiknya berhitung dahulu dari awal untuk bisa memperikirakan jumlah budget yang harus dikeluarkan nantinya. Banyak perhitungan yang harus dirinci ketika membuat website, dari menyewa hosting, pesan domain, platform(CMS) yang dipilih, memilih tema, dan masih banyak lagi.

Memang banyak yang harus dibutuhkan untuk membangun sebuah website, dan membutuhkan budget yang mahal ketika kamu akan membuat website yang kompleks dan besar, seperti ECommerce / toko online misalnya.

Estimasi biaya membuat website bisa dilihat dari jenis web tersebut, kemudian fitur-fitur yang dibutuhkan, dari rincian tersebut kamu bisa memperkirakan budget yang akan dikeluarkan. Contoh saja situs toko online wajar saja jika memerlukan biaya yang besar karena fitur yang ada didalam website juga banyak dan canggih.

Estimasi Biaya Untuk Membuat Website

harga membuat website

Lain halnya jika kamu ingin membuat website biasa dan menengah, seperti situs pribadi (blog), situs perusahaan (company), web jasa, maka dipastikan biaya yang dibutuhkan tidak sebesar situs toko online yang dibicarakan tadi, sehingga kamu tidak perlu cemas karena memang asumsinya “ada bentuk/rupa” begitu juga “ada harga”.

Jika diatas sudah dibicarakan perhitungan bahan yang digunakan untuk membangun website (Hosting, dll), kalau sekarang bahasa pemrogramman / kode yang ada didalam website, seperti: HTML, CSS, JavaScript, PHP, Database, dan lainnya. Pembahasan ini saya sampaikan mungkin jika kamu ingin membuat website sendiri, maka kamu bisa pelajari ilmu pemrogramman diatas, ada juga rekomendasi website saya membahas tentang itu di www.senikoding.com.

Keuntungan membuat website sendiri adalah harga budget yang semakin kecil dan bisa di build sesuka hati baik tampilan (desain) dan fitur. Tapi jika hal tersebut kurang memungkinkan kamu bisa membuat website lewat jasa yang terpercaya agar hasilnya sesuai harapan.

Sebetulnya kamu bisa membuat website sendiri dengan mudah tanpa harus mempelajarai secara mendalam bahasa pemrogramman diatas. Bagaimana bisa, bisa yaitu kamu manfaatkan platform (CMS) seperti WordPress, Drupal, Prestashop yang sudah terpercaya didunia untuk membangun website. Karena dengan CMS situs yang kamu kelola bisa di atur (manage) dengan mudah dengan adanya sistem yang sudah terpasang, kemudian kamu hanya tinggal memikirkan biaya lainnya (Hosting, dll).

Baca juga : Cara Membuat Artikel Blog SEO Friendly

Kebutuhan Untuk Membuat Website

Mari kita hitung berapa asumsi biaya untuk pembuatan website (standar) dan apa saja kebutuhan yang diperlukan :

1. Hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan file website. Banyak sekali file website yang harus disimpan di penyedia hosting seperti, file gambar, file program (HTML,CSS,JavaScript, PHP), Database, File Log, dll.

Estimasi harga hosting untuk website:

  • Storage 1Gb – 3Gb, RAM 525Mb – 1Gb, Bandwidth Unlimited : kisaran harga 10rb – 20rb (perbulan).
  • Storage 3Gb – 5Gb, RAM 1Gb – 2Gb, Bandwidth Unlimited : kisaran harga 20rb – 40rb (perbulan).
  • Storage 5Gb – 10Gb, RAM 2Gb – 3Gb, Bandwidth Unlimited : kisaran harga 40rb – 60rb (perbulan). Web standar (Rekomendasi).
  • Storage 10Gb – lebih, RAM 3Gb – lebih, Bandwidth Unlimited : kisaran harga 60rb – lebih (perbulan).

2. Domain

Domain adalah Nama atau alamat URL unik yang digunakan untuk identitas website. Contoh domain: www.edisutanto.com. Silakan kamu membeli dijasa penyedia domain terpercaya.

Estimasi harga domain: domain (.com) 120rb – 150rb (Web standar Rekomendasi), (.net) 120rb – 150rb,(.id) 250rb – 300rb, (.co.id) 120rb – 250rb.

Baca juga : Cara Membuat Website / Blog GRATIS

3. Template / Tema

Template berhubungan dengan tampilan website, yang berisi serangkaian file lengkap dengan fitur-fitur yang ada. Template website selain berbayar juga ada yang gratis, tapi saran saya memilih template yang premium karena akan lebih optimal dari segi tampilan, meta content, SEO template, dll.

Estimasi harga template website:

  • Jika kamu menggunakan CMS WordPress harga standar antara 250rb – 500rb bisa lebih jika menggunakan template yang full support.
  • Jika kamu membuat website dengan CMS sendiri atau bangun sendiri / jasa, biasanya akan lebih mahal bisa kisaran 500rb – 1jt tergantung fitur yang diminta. Dibangun dengan platform PHP (nativ / framework).
Membuat website dengan wordpress

4. Plugin

Jika kamu membangun website dengan CMS WordPress pasti dihadapkan dengan Plugin, karena situs WordPress menggunakan tools Add Plugin untuk menambahkan objek / widget yang dibutuhkan disetiap fiturnya.

Estimasi harga plugin ini relatif, kisaran $5 – $50. Banyak juga plugin gratis tapi untuk kuatitas nya pasti lebih baik yang berbayar.

5. Sertifikat SSL (HTTPS)

Apa pentingnya sertifikat SSL untuk website? Secure Socket Layer ialah file digital yang digunakan untuk mendaftarkan dan membuat situs kamu pada halaman yang Secure / aman. SSL aktif ditandai dengan URL halaman dari HTTP menjadi HTTPS dan gembok pada address bar browser menjadi aktif. Dengan cara memasang SSL HTTPS situs web kamu akan lebih baik dan aman dari serangan jaringan protokol dan web kamu akan lebih baik di mata Google Rangking serta lebih SEO sehingga website kamu akan lebih mudah mendapat tempat terbaik di mesin pencari (Search Engine).

Estimasi harga sertifikat SSL bervariasi terganting Brand yang digunakan, antara $20 – $100 pertahun. Cari jasa layanan penyedia sertifikat SSL terpercaya untuk urusan berlangganan ini untuk hasil yang maksimal.

Ada SSL versi gratisnya seperti di Cloudflare, Let’s Encrypt, Get HTTPS For Free, SSL for free.

Jadi jika dihitung-hitung berapa keseluruhan total budget yang harus disiapkan untuk harga membuat website standar?

Mari kita totalkan semua estimasi harga diatas:

  • Hosting rekomendasi 60rb/bulan atau Rp. 720rb (pertahun) (+)
  • Domain rekomendasi (.com) Rp. 150rb (+)
  • Pengguna WordPress (Template Rp. 500rb + Plugin $20 = 250rb = Rp. 750rb) (+)
  • Template pengguna developer (jasa) Rp. 500rb (+)
  • Sertifikat SSL $20 = Rp. 250rb.

#1 Estimasi Total Harga pengguna CMS WordPress = Rp. 1.870.000.

#2 Estimasi Total Harga pengguna developer = Rp. 1.620.000.

Estimasi harga membuat website tersebut adalah perkiraan yang masih bisa berubah plus minus nya tergantung fitur dan harga produk yang dapat berubah-ubah. Begitu juga jika kamu menggunakan plugin dan Fitur SSL yang gratis pasti akan lebih kecil lagi budget yang harus disediakan untuk membangun website.

Semoga Estimasi biaya membuat website ini bermanfaat untuk kamu yang lagi mencari pandangan dalam membuat website.

Ada pertanyaan, silakan? atau jika artikel ini bermanfaat lebih baik sebarkan ke teman/kerabat kamu.

Tinggalkan Balasan