Cara Mengatasi Orderan GO-JEK dan GRAB Sepi (Anyep)

EdiSutanto.com – Jika Anda adalah seorang mitra ojek online baik Gojek atau Grab hal yang paling utama dari pekerjaan sobat pastilah mendaptkan orderan yang banyak / gacor. Karena dari imbal balik orderan ramai adalah imbalan / bayaran yang banyak pula.

Mungkin sobat driver tidak risau dengan berapa banyak orderan yang masuk karena berapapun trip yang dilakukan adalah sudah digariskan oleh sang pencipta. Ya itu sangat benar sekali, tetapi apapun itu sang pencipta tetap mengupayakan kita untuk tetap berusaha dan berdoa.

Jadi Jika sobat driver ingin mengetahui kemungkinan orderan dalam aplikasi Gojek atau Grab sobat sepi / anyep disini Admin akan berikan poin-poin kemungkiannya yang bisa sobat terapkan. Tetapi jika sobat driver sudah cukup puas dan banyak mendapatkan orderannya mungkin cara ini bisa disampaikan kepada teman satu mitranya yang orderannya masih sepi / anyep, karena berbagi hal yang positif itu baik dan Indah hehee.

penyebab orderan ojek online Gojek dan Grab sepi

Cara Mengatasi Orderan GO-JEK dan GRAB Sepi (Anyep)

Orderan Gojek dan Grab yang sepi dan anyep / gagu pasti dibalik hal tersebut ada hal yang tidak normal, baik dari sisi perangkat, user maupun sistem dari servernya. Maka dari itu kita akan mencari dimana letak permasalahan dan akan mencoba untuk mengatasi masalah dari orderan yang sepi tersebut.

  • Cari Penyebab Kemungkinan Order Sepi (dari Perangkat)

mengatasi order gojek dan grab sepi masalah perangkat handphone

1. GPS kurang akurat

GPS adalah¬†Global Positioning System yang berfungsi untuk mengetahui posisi letak dari suatu benda / alat dengan bantuan teknologi dan internet. Dalam hal ini handphone adalah sebagai alat GPS yang digunakan. Sebagai seorang mitra driver sangat direkomendasikan untuk mensetting / menyetel posisi GPS pada akurasi tinggi / high. Posisi GPS high sangat baik dan mempunyai keakuratan posisi yang stabil sehingga mengurangi penyebab orderan Gojek sepi / anyep. Penyebab dari GPS kurang akurat atau terkadang “mental” kalau dalam istilah ojol itu dikarenakan setting / pengaturan GPS didalam perangkat dalam mode rendah / low sehingga titik perangkat mudah terkecoh dan kurang stabil, sehingga solusi yang baik adalah ubah mode pengaturan dalam posisi akurasi tinggi / high.

2. Sinyal rendah / low

Baca juga : Tips Mudah Mendapatkan Banyak Order GOJEK

Gunakan kartu provider yang baik yang di rekomendasikan di wilayah Anda, sinyak yang stabil dan kuat sangat menentukan didalam memenangkan sambaran order Gojek dan Grab masuk. Sehingga pilihlah kartu provider yang paling baik, terutama didalam hal data internet, pastikan sudah mencakup jaringan terbaik yaitu untuk saat ini jaringan 4G. Jangan sayang dengan harga paket data jika sobat ingin cepat dan banyak dapat order, meskipun mahal. Karena harga akan menetukan kualitas barang itu sendiri. Karena jika sinyal jelek / rendah otomatis akan menjauhkan dari order yang masuk, sehingga cara ini saya rasa akan mengurangi masalah orderan sepi dalam Gojek dan Grab.

3. Spesifikasi HP kurang baik

Usahakan spesifikasi dari handphone sudah baik dalam artian sudah mengikuti perkembangan speak yang ada untuk zaman saat ini. Bisa kita lihat di zaman sekarang banyak sekali aplikasi yang mendukung OS Android yang bisa didownload secara gratis di Google play store, baik aplikasi ataupun game, akibatnya kita terkadang ingin menginstalnya berbagai macam aplikasi sehingga pasti akan mengurangi kepasitas RAM yang ada, dan apa akibatnya jika RAM semakin kecil, maka akan semakin berat kerja mesin didalam handphone kita sehingga mengakibatkan lambat / lemot pada HP kita dan akhirnya order yang masukpun juga lambat, dengan begitu order akan masuk ke driver lain yang lebih canggih dan cepat secara perangkat. Untuk saat ini saya sendiri merekomendasikan untuk spesifikasi RAM minimal 2 GB dan memori penyimpanan banyak space kosong diatas 5 GB, cara ini saya rasa bisa mengurangi order ojek online yang sering sepi, anyep dan gagu.

4. Cache

Cache adalah sebuah program yang dibuat untuk digunakan sebagai menyimpan file histori didalam aplikasi untuk keperluan mempercepat loading aplikasi tersebut. Cache tersebut bisa sangat membantu aplikasi contohnya Gojek dan Grab, karena beberapa file sudah disimpan untuk dapat dibuka kembali ketika dinginkan, sehingga akan mempercepat loadingnya. Biasanya semakin besar size dari aplikasi akan semakin besar pula size dari cache. Dan efek buruk dari cache adalah memori internal akan semakin penuh sehingga membuat lambat RAM dalam bekerja didalam perangkat. Solusi dari cache ini yaitu sobat driver harus sering-sering hapus data cache yang ada pada aplikasi handphone Anda, agar memori dan RAM semakin besar penyimpanannya sehingga daya kerja semakin ringan dan cepat. Cara ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi order Gojek dan Grab yang sering anyeb dan sepi. Saran Admin adalah sobat bisa hapus cache handphone secara berkala dengan kurung waktu 1 minggu sekali untuk dibersihkan, semoga order sepi tidak lagi melanda.

5. Aplikasi bukan standar

Maksudnya adalah aplikasi yang direkomendasikan oleh perusahaan jasa transportasi online seperti Gojek dan Grab adalah aplikasi yang resmi dari aplikator. Bukan aplikasi yang sudah di oprek atau aplikasi bajakan yang serupa, justru aplikasi bajakan tersebut akan memberikan banyak efek yang merugikan bagi mitra sendiri, contohnya akan terkena suspend sampai kepada pemutusan sebagai mitra dan sangsi hangusnya bonus yang sudah diperoleh, rugi bukan. Mungkin juga hal ini yang menyebabkan banyak driver kehilangan order bahkan gagu dari orderan yang biasanya ramai. Dan jangan lupa selalu Upgrade aplikasi jika ada notifikasi naik versi dikarenakan dengan adanya upgrade maka sistem yang semula kurang optimal menjadi lebih baik.

Mungkin hanya 5 hal itu saja yang bisa Admin cari penyebab order sepi dari sudut pandang Perangkat, dan dibawah ini mungkin ada penyebab dari sudut pandang lain seperti User dan Sistem aplikasi.

  • Cari Penyebab Orderan Sepi (sisi User)

mengatasi order gojek dan grab sepi masalah user / driver

1. Titik tunggu / nongkrong

Sangat diperhatikan untuk hal ini yaitu tempat tunggu, ada beberapa tipe dari cara mencari orderan driver ojek online, ada yang dengan cara keliling ada pula dengan cara nongkrong (nunggu) dengan cara keliling berarti sobat driver dalam mencari orderan selalu jalan dan keliling wilayah Anda dengan selalu mengendarai sepeda motornya / mobilnya untuk mencari orderan yang masuk dengan cara ini sobat bisa mensiasati untuk mencari lokasi-lokasi yang ramai dan potensi untuk dapatkan order yang masuk. Tetapi jika dengan cara mengunggu / nongkrong sobat driver harus tahu persis keadaan sekitar lokasi tunggu, misalkan disekitar Anda nongkrong adalah terdapat tempat keramaian seperti Sekolahan, Stasuin, Mol, Pasar, dll, sehingga potensi untuk dapatkan banyak order ada, tidak malah salah tunggu karena nongkrong ditempat yang sepi yang kurang ada potensi order masuk. Dengan mengetahui baik keadaan sekitar tunggu bisa mengatasi order yang sepi dan semakin gacor.

Baca juga : 4 Aplikasi Pendukung Untuk Order GOJEK Gacor

2. Waktu / Jam yang tidak tepat

Jam yang tidak tepat dimaksud adalah sobat driver harus tahu pada jam-jam berapa tempat tersebut akan ramai atau sepi dan banyak orang beraktifitas untuk pergi atau keluar dari zona tersebut (order Go-Ride) jika order (Go-Food) pastikan jam-jam istirahat ataupun waktu jam makan. Contoh jika Anda berada pada tempat Stasiun, maka pastikan jam saat itu adalah jam kedatangan kereta / tiba kerata, buka jam keberangkatan kerata sehingga waktu saat tersebut adalah tepat untuk saatnya menanti orderan datang. Jika salah dalam hal waktu / jam maka sobat bisa dipastikan zonk atau ayep order.

  • Penyebab Orderan Gojek dan Grab Sepi (sisi Sistem)

mengatasi order gojek dan grab sepi masalah sistem

1. Pilih Order

Akibat dari sepi order kemungkinan bisa disebabkan dari seringnya pilih-pilih order yang masuk, yang awalnya banyak order masuk dan kemudian sobat driver memilih-milih order yang diterima bisa menyebabkan sistem akan memberikan pembatasan order berikutnya karena sudah diketahui oleh sistem bahwa akun tersebut tidak menerima order yang masuk atau belum siap untuk menerima orderan. Maka dari itu banyak-banyaklah menerima order yang masuk ke aplikasi, jika terpaksa untuk menolak order yang masuk disarankan agar sedikit mungkin dilakukan, karena semua kejadian tersebut akan direkam oleh sistem aplikator. Sehingga kemungkinan order yang sepi bahkan anyep bisa dari poin ini.

2. Jarang aktif / online

Ketika Anda jarang On kemungkinan sistem akan merekam histori jejak akun sobat yang membuat orderan dibatasi, beda dengan driver yang sering aktif biasanya akan lebih mudah untuk bisa mendapatkan order masuk, semua itu biasanya dikarenakan dari sistem yang sudah diatur untuk itu semua. Tetapi tidak perlu kawatir dengan jasa aplikator yang sudah terpercaya ini, Gojek dan Grab sudah sangat baik dari segi sistem sehingga tidak akan ada mitranya yang tidak diberikan kesempatan untuk drivernya yang sama sekali tidak dapat order. Dan bagaimana cara membuat reputasi akun akan kembali baik dimata sistem aplikator? saran Admin adalah ambil semua / sebanyak-banyaknya order yang sudah masuk jangan mengabaikan dan menolak order untuk mengembalikan reputasi order yang kurang baik, sehingga orderan tidak anyep lagi.

3. Sistem eror

Jika sudah bicara sistem yang bermasalah itu semua memang dari sistemnya sehingga semua mitra driver akan terkena dampaknya, jika terjadi seperti ini driver tidak perlu kawatir karena dalam waktu yang tidak lama biasanya akan kembali normal kembali. Dan driver bisa untuk mengambil orderan kembali.

Kesimpulannya : Jaga selalu akun driver Anda dengan sebanyak-banyaknya menerima orderan yang masuk dan meminimalkan menolak order karena akan meningkatkan peforma dan reputasi sistem akun driver Anda sehingga akun driver jauh dari order anyep dan sepi.

Semoga bermanfaat pembahasan Cara Mengatasi Orderan GO-JEK dan GRAB Sepi (Anyep).

Salam satu aspal.

11 tanggapan pada “Cara Mengatasi Orderan GO-JEK dan GRAB Sepi (Anyep)”

  1. Slamat siang bapak/ibu ..

    Saya driver grabbike yg migrasi ke gojek / goride .
    1 bulan saya berjalan di gojek knpa akun saya anyep / susah order masuk??
    Saya menggunakan android OPPO F1 plus.
    RAM 3 .. Ruang memori kosong.. Dan Jaringan 4G..
    Untuk perbandingan dengan teman saya yg akun gojek nya murni dpt panggilan dri gojek itu gacor / di kasih orderan trus..

    Pertanyaan nya. Apakah ada perbedaan nya driver murni gojek sama driver yg migrasi dri grab..

    Mohon info nya bapa/ibu.
    Trimakasih

    1. Dari segi HP sudah bagus pak, kalau membandingkan dengan teman bapak yang gacor kemungkinan karena teman bpk sudah mendapat reting bagus di sistem gojek, yang saya tau sistem itu sendiri menerapkan sistem reting, jika Akun tersebut sering mengambil order (rajin ambil) akan semakin baik disistem gojek.
      Dari situ mungkin salah satu kemungkinan perbedaan kenapa orderan bpk kalah dengan teman bapak.

      Jangan sering menolak/cencel order, lbih baik off aja dari pada menolak. Semoga membantu.

  2. Berati ga ada perbedaan ya Om edi , akun dari migrasi sama yg murni panggilan gojek..

    Jaringan pun bagus Om edi..
    Klo ngomongin order masuk!
    Saya selalu ambil.. Ga pernah nolak walawpun jauh..
    Justru saya takut Om klo ga di ambil.. Takut ga d kasih order lagi.

    Makasih atas jawaban sebelum nya Om edi

  3. Selamat sore,
    Saya juga driver Gojek sudah lumayan lama, dan saya akui memang akhir2 ini lagi sepi,akan tetapi saya masih tetap online dan HP juga sudah android OPPO
    Yang mau saya tanyakan, semalem saya tunggu di stasiun dan didepan sudah ada penumpang ,trus buka aplikasi Gojek dan jarak saya dengan penumpang hanya sekitar 1 meter,tetapi kenapa kok order tidak masuk ke saya ya…padahal jarak paling dekat antara penumpang adalah saya,malah ke ambil driver dari luar.
    Mohon sarannya,tetapi alhamdulillah masih dapat point dan order apapun tetap saya ambil..
    Salam satu aspal

    1. Selain bid order berdasarkan jarak terdekat, juga dipengaruhi faktor lainnya pak seperti jaringan yang optimal, rating, dll.

  4. Malam… Sy gojek dr bogor… Dulu sy ngebid paling gacor.. nah knp Sekarang ini dr bulan November 2018 sampai saat ini januari 2019 cuma diksh older shrian kdang 2 older kadang 5 older..
    Sudah sy keliling tetap olderan dikasih segitu… Skema skr malah jadi turun..
    Sudah kirim email sm gojek.. jawabn nya akun bapak gak ada mslh.. jd bingung sy..
    Jaringan bagus.. keliling sudah.. coba solusi nya gmn pak…

    1. Kalo gak ada masalah dengan akun bapak, mungkin disebabkan makin banyaknya driver Gojek pak. Coba mencari tempat yang lebih ramai.

Tinggalkan Balasan