Posted By Edi Sutanto
10+ Umpan Jitu Mancing Ikan Bawal Untuk Harian dan Lomba

EdiSutanto.com – Ikan bawal merupakan jenis ikan predator yang bisa memakan semua jenis umpan yang ada didepannya. Umpan yang bisa dimakan oleh ikan bawal bisa berupa bahan dari daging, biji-bijian, kacang-kacangan, pelet, dan lain sebagainya.

Meskipun berbagai jenis umpan ikan bawal bisa disambar, tetapi juga ada faktor lain yang bisa menentukan hasil pancingan, seperti: faktor empang / air, faktor hoki, dll. Tetapi faktor umpan ikan bawal merupakan penunjang pertama pemancing dapat mendapatkan hasil yang maksimal.

Racikan Umpan Ikan Bawal Jitu Untuk Harian dan Lomba

umpan jitu mancing ikan bawal

Dibawah ini ada beberapa umpan ikan bawal terbaru yang sudah terbukti jitu diberbagai tempat dan warna air dan juga bisa untuk umpan harian maupun lomba.

Umpan Ikan Bawal Jitu :

  • Kelapa setengah tua di bakar sebentar dan ingat jangan sampai gosong. Jika sudah kelapa bisa dipotong dadu kemudian bisa digunakan untuk umpan jitu ikan bawal.
  • Kuning telur bebek ditambah susu dancow, aduk dan haluskan secara merata kuedua bahan tersebut. Takarannya bisa gunakan 1 kuning telur kemudian masukkan susu dencow aduk dan jika masih keenceran bisa tambahkan susu perlahan-lahan sampai kekentalannya bagus / pas.
  • Cacing kalung, gunakan umpan bawal cacing jenis ini, jika masih ada yang belum tahu jenis cacing ini ciri-cirinya berwarna coklat hitam punya garis-garis yang mengkilap dan keras jika diputiskan, sehingga bisa gunakan gunting untuk memutus-mutuskannya. Jika umpan bawal yang digunakan adalah cacing merah / putih saya kurang rekomendasi, selain cepat mati didalam air juga kurang menarik dimata ikan bawal. Bisa dicoba juga cacing kalung setelah dikaitkan ke kail kemudian direndam ke kuning telur bebek sebentar kemudian bisa dilempar kan kail ke air. Kuning telur bebek membuat aroma amis agar menarik perhatian bawal. Umpan bawal jitu ini bisa digunakan untuk mancing harian dan lomba.
  • Nasi putih ditambah santan kara, aduk dan haluskan sampai lembut dan jika masih kelemesan bisa tambahkan susu bubuk dencow untuk mengentalkan / mengeraskan secara perlahan dan haluskan sampai pas untuk umpan di lapak nanti.
  • Kepompong ulat daun pisang, umpan ini bagus untuk ikan bawal dan sudah terbukti. Gunakan 1 ulat pisang untuk satu kail pancing, kaitkan dengan sedikit keluarkan cairan dari dalam ulat untuk menimbulkan bau amis kas dari ulatnya.
  • Ulet mengkudu, Ulat jenis ini juga bagus untuk umpan bawal jitu dan ganas untuk harian serta lomba, ulat buah mengkudu bisanya banyak berada pada buahnya yang sudah kelewat masak / matang. Ambil ulatnya dan bisa dikaitkan ke dalam kail untuk tarikan bawal.
  • Kulit ayam atau Usus ayam, gunakan mentah-mentah bisa juga dimasukkan kedalam air panas sebentar saja untuk mengurangi kekerasan dari kulit dan usus ayam tersebut. Umpan ini bagus untuk bawal harian maupun lomba.
  • Cicak, ambil cicak yang ada dirumah kemudian setelah dilokasi pemancingan cicak dibakar sampai keluar aroma daging bakar dan jangan lupa jangan sampai gosong, kemudian umpan siap digunakan untuk umpan jitu ikan bawal.
  • Jangkrik, cara menggunakan langsung saja dikaitkan kedalam kail tetapi buang sayap dari jangkrik tersebut dan sedikit keluarkan air perut dari si jangkrik agar keluar aroma kas dari jangkrik. Bisa juga dengan sebentar membakar untuk aroma yang lebih tajam lagi.
  • Belut, siapkan belut yang masih hidup kemudian bakar ketika sudah dilokasi jangan sampai kelewat mateng karena akan lembek atau mudah pecah, cukup setengah matang, kemudain cukup kaitkan ke kail dan siap untuk umpan ikan bawal jitu dan cocok untuk bawal babon.
  • Anak ikan mas, sobat bisa mencari anak ikan mas sebagai umpanĀ  bawal di tempat ikan, toko akuarium, dan pasar. Pilih anak ikan mas yang berukuran sedang sekitar jari kelingking orang dewasa dan yang berwarna merah, kemudian bisa langsung digunakan untuk umpan tetapi lebih bagus dibakar terlebih dahulu. Umpan ini sangat bagus untuk bawal harian dan lomba.

Dari beberapa jenis umpan ikan bawal jitu diatas sobat bisa memilih untuk umpan harian atau lombanya. Karena sudah terbukti baik dan memuaskan pada beberapa orang dan berbagai wilayah.

Baca juga : Umpan Jitu Juara Total Galatama Lele

Baca juga : Umpan Jitu Ikan Patin

Tips lain dari memancing ikan bawal selanjutnya sobat bisa memilih lokasi empang yang sedikit lebih dalam dari yang lain, karena ikan bawal lebih suka dengan lokasi lebih dalam. Kemudian ikan bawal merupakan jenis ikan yang hidup berkelompok, sehingga jika sudah sekali dua kali narik atau makan disatu tempat sebaiknya jangan pindah ke titik lain sebelum memastikan umpan sudah tidak dilirik lagi.

Semoga tips mancing ikan bawal dan umpan jitu mancing ikan bawal harian dan lomba terbaru ini serbukti bagus juga dilokasi sobat sekalian.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *