Posted By Edi Sutanto
Kumpulan Umpan Ikan Tawes, Paling Ampuh Dari Tempe

EdiSutanto.com – Umpan ikan dalam memancing merupakan senjata pamungkas yang harus disiapkan dengan benar agar hasil yang didapat memuaskan, begitu juga untuk umpan ikan Tawes. Ikan Tawes adalah jenis ikan air tawar yang banyak dijumpai di sungai dan danau.

Rasanya yang lezat serta gurih, ikan tawes ini banyak di cari oleh kalangan pemancing. Dan menurut pandangan saya ikan ini banyak dijumpai di Pulo Jawa dan Sumatra.

Jenis Ikan Tawes ini merupakan pemilih makanan sehingga kamu sebagai pemancing mania harus pintar-pintar dalam meracik umpan agar ampuh dan jitu.

Berikut ini kumpulan Umpan Ikan Tawes yang bisa kamu coba di daerah kamu yang sudah terbukti ampuh diberbagai wilayah.

Kumpulan Umpan Ikan Tawes, Paling Ampuh Dari Tempe

Umpan Ikan Tawes
Kumpulan Umpan Ikan Tawes

Usus Ayam atau Jeroan Sapi

Kamu bisa gunakan bahan Usus dan Jeroan untuk mendapatkan ikan tawes, tapi saran saya gunakan umpan ini pada Spot air yang bening / jernih, jangan gunakan pada lokasi yang keruh dan kotor. Tapi jika kamu mau coba pada Spot yang keruh silahkan saja.

Lumut

Lumut adalah makanan alami oleh berbagai jenis ikan di air tak terkecuali ikan Tawes. Ikan ini sangat hobi dengan lumut apa lagi kamu bisa menambahkan seperti Essen atau Garam untuk melembutkan teksturnya agar tidak kasar, dengan begitu Umpan lumut ini akan semakin ampuh dan jitu.

Jangkrik

Jangkrik sangat disukai oleh ikan Tawes tapi terkadang tidak semua spot dapat ampuh dengan umpan Jangkrik sehingga saran dari saya gunakan juga umpan lain nya sebagai cadangan, seperti dibawah ini.

Tempe + Jengkol

Tempe yang sering kita makan ternyata bisa digunakan untuk umpan mancing ya, bahkan umpan ikan tawes dari tempe merupakan umpan terbaik yang sering banyak orang gunakan, hasilnya pun memuaskan.
Racikannya Tempe dan Jengkol mentah kamu jadikan satu dan hancurkan bisa dengan ditumbuk. Setelah lembut dan tercampur rata selanjutnya bisa kamu gunakan untuk memancing ikan Tawes di sungai atau danau.

Tempe + Biskuit Klik

Biskuit Klik
Biskuit Klik

Masih dengan bahan Tempe, kali ini campurannya adalah biskuit Klik. Kamu dapat gunakan biskuit Klik yang banyak di warung atau Alfamart terdekat untuk mendapatkan biskuit keju nya.
Campurkan kedua bahan tersebut dan kamu lembutkan, bisa dengan cara di ulek atau di tumbuk. Hasil dari Umpan ini cukup ampuh.

Tempe + Minyak Mie

Tempe memang bahan jitu untuk Umpan ikan Tawes, selain murah dan sederhana bahan ini mudah di dapatkan. Kamu cukup mencari bahan Tempe dan minyak Mie untuk racikan umpan terbaik kamu. Cara menggunakannya, kamu potong-potong tempe seukuran kail dan oleskan atau masukkan kedalam minyak Mie yang sudah disediakan, minyak Mie bisa digunakan untuk menambah aroma wangi dari umpan Tempe tersebut. Tips ini bisa kamu coba.

Tempe + Bawang Putih + Kunyit

Ada lagi masih dari bahan Tempe, kali ini campurannya adalah Bawang putih secukupnya dan Kunyit secukupnya. Tumbuk bahan-bahan tersebut akan lembut dan menyatu, usahakan kekentalan nya pas sehingga saat digunakan sebagai umpan tidak mudah ancur. Umpan untuk ikan Tawes ini juga terbukti ampuh.

Tempe + Putih Telur Mentah + Terigu

Pelet dari Tempe ini juga ampuh dan jitu untuk racikan andalan ikan tawes, campurkan bahan-bahan tersebut lembutkan dan aduk rata sampai pulen.

Baca juga : Kumpulan Umpan Ikan Gabus Paling Jitu (Lengkap)

Mie / Sarimi

Dapat kabar juga Sarimi dapat digunakan untuk alternatif umpan ikan tawes jika umpan andalan lagi zonk atau tidak makan. Dari beberapa sumber umpan ini cukup jitu untuk target ikan Tawes jadi boleh dicoba juga.
Caranha, remas atau haluskan mie / sarimi kemudian tambahi Air panas secukupnya untuk media melembutkan, selamat mencoba.

Coro / Cere

Hewan Coro
Coro atau Cere

Kamu tau binatang ini? Hewan ini biasanya ada pada sela-sela batu bata atau pada kandang ayam. Cere ini sangat ampuh untuk umpan mancing ikan Tawes, sudah lama dikenal walaupun keberadaannya sedikit susah untuk dicari, tapi hasilnya tidak mengecewakan, apalagi untuk tawes liar di sungai.

Kroto

Telur semut rangrang ini sudah tidak diragukan lagi ke ampihannya dalam urusan mancing memancing, baik untuk campuran umpan pelet, umpan kukus/putih maupun umpan yang berdiri sendiri, yaitu untuk ikan tawes ini. Kaitkan beberapa butir kroto ke kail sampe kail tertutup rapat oleh kroto tersebut.

Cacing

Cacing sudah tidak aneh lagi bagi para pemancing mania, apa lagi untuk Resep ikan Tawes, umpan ini sangat manjur dan mujarap. Berbagai macam jenis cacing bisa kamu gunakan, seperti: cacing susu, cacing merah dan cacing sawah. Mungkin kendala yang terjadi jika menggunakan cacing di sungai, sering rebutan dengan ikan lainnya, contohnya Lindu, Betik, dll. Saran saya sediakan jenis umpan lainnya seperti diatasi.

Udang Rawa

Meskipun kocek yang dikeluarkan untuk membeli udang cukup lumayan mahal, tapi keampuhan dari Udang untuk umpan tawes tidak diragukan lagi. Sehingga kamu bisa gunakan umpan ini untuk menguras isi ikan didalam kolam hehehe.

Baca juga : Kumpulan Umpan Ikan Mas Paling Ampuh (Lengkap)

Laron

Laron
Laron (gambar dari detik.com)

Binang ini memang sedikit susah untuk didapatkan, karena keberadaannya hanya musiman. Tapi jika kamu bertemu dengan binatang laron ini manfaatkan saja untuk umpan ikan Tawes karena macuk sekali.

Pisang Matang

Sedikit unik ya jika pisang digunakan untuk umpan mancing, tapi dari sumber yang ada bahan ini sudah dibuktikan neter atau narik. Jenis Pisang yang bagus adalah Barangan, karena rasanya yang sangat manis dan punya aroma khas. Cara mengaitkan pada kail cukup potong-potong pisang sebesar kail dan tancapkan, begitu aja. Selamat mencoba.

Biskuit Klik + Kuning Telur Bebek

Umpan pelet dengan bahan biskuit Klik dan Telur bebek ini cukup ampuh untuk umpan ikan Tawes. Siapkan biskuit Klik 500an ini 2 bungkus dan 1 telur bebek kuningnya saja, kemudian aduk sampai rata dan pulen pas untuk dikaitkan ke kail.

Belalang Sawah

Sepele tapi terobosan dari pemilihan jenis umpan ini cukup jitu juga, alami dan mudah didapatkan di persawahan ketika kamu berniat untuk memancing ikan Tawes tidak ada kata susah untuk mendapatkan Belalang sawah ini. Tapi jika kamu ragu kamu bisa siapkan umpan cadangan lainnya seperti kumpulan umpan diatas.

Dari berbagai macam jenis umpan ikan tawes diatas, didapatkan Kesimpulan seperti berikut ini :

  • Sediakan umpan lebih dari satu jenis, saat kamu pergi memancing, hal ini untuk antisipasi umpan yang tidak galak.
  • Khusus untuk racikan umpan pelet, jika adonan kurang pulen atau kekerasan, kamu bisa siasati dengan menambahkan bahan pengeras seperti tepung, keju atau susu bubuk putih dencow.
  • Jika umpan di hari ini tidak masuk, kamu bisa gunakan dilain hari karena terkadang cuaca dan warna air sungai / danau sering berubah.
  • Ingat selain umpan yang menentukan pendapatan dari pancingan, ada faktor X yang kamu harus tau didalam mendapatkan hasil yang banyak.

Oke, sampai disini kumpulan umpan ikan Tawes yang dapat saya tuliskan, semoga berhasil.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *