Umpan Ikan Gabus
Umpan Ikan Gabus

Kumpulan Umpan Ikan Gabus Paling Jitu (Lengkap)

Diposting pada

EdiSutanto.com – Membuat Umpan ikan Gabus sebenarnya susah-susah gampang tapi menurut saya sendiri lebih banyak gampang nya karena ikan Gabus merupakan ikan Predator yang tidak milih-milih makanan seperti halnya ikan air tawar lainnya. Perlu diketahui juga ternyata ikan Gabus juga banyak manfaatnya, selain untuk lauk hidangan makanan yang memang rasanya Lezat, kandungan dari ikan Gabus juga ternyata dapat lebih mudah untuk menyembuhkan luka dalam, seperti habis operasi dalam, dll. Untuk itu perlu diperhatikan juga Umpan mancing nya agar hasil pancingan lebih banyal lagi.

Dengan alih-alih tersebut ikan Gabus banyak dicari untuk santapan dan tujuan obat. Harga perkilonya pun tergolong mahal, yaitu jika di Jabodetabek harga perkilo ikan Gabus kisaran 50-70ribu. Bisa 2-3 kali lipat dari harga ikan air tawar lainnya.

Para pemancing mania selain untuk konsumsi sendiri, ikan Gabus juga dapat mereka jual karena harga nya yang menjanjikan.Tapi kamu harus tau juga untuk mencari ikan Gabus sekarang tidak semudah dulu, sekarang mencari ikan Gabus harus bersusah-susah dahulu, mencari spot seperti rawa-rawa, sungai ke pedalaman atau sungai yang sedikit jarang dijamah orang.

Dan juga untuk pemancing mania jika ingin mendapatkan tangkapan yang banyak, kamu harus menyiapkan Umpan ikan Gabus yang paling jitu dan ampuh, dan dibawah ini kamu bisa pilih dan terapkan Umpan Gabus mana yang paling baik di daerah kamu.

Kumpulan Umpan Ikan Gabus Paling Jitu

Umpan Ikan Gabus
Umpan Mancing Ikan Gabus

1. Bancet atau Percil atau Anak Kodok / Katak

Anak kodok yang berukuran kecil sekitar 1-2 cm bisa kamu gunakan untuk Umpan ikan Gabus. Anak kodok memang menjadi makanan alami ikan Gabus sehingga sudah tidak diragukan lagi untuk kehandalannya. Anak kodok terbukti Jitu karena dari karakteristik hewannya yang aktif dan tidak mau diam, sehingga bisa membuat target ikan Gabus makan umpan tersebut.

Kamu bisa mencari anak kodok pada persawahan atau tepian danau dan sungai kecil, biasanya disana banyak berkeliaran. Untuk memasang anak kodok pada kail pancingan begini caranya:

  • Untuk pancingan tinggal atau “Neger” jika bahasa di daerah saya, kamu bisa mengaitkan kail ke anak kodok pada daerah kulit punggung dan ekor, sehingga gerak dari anak kodok masih aktif dan tahan hidup lebih lama.
  • Untuk pancingan biasa, kamu bisa kaitkan kail pada anak kodok di mulut atau pada pantat nya.

Umpan ikan Gabus dengan anak kodok atau Bancet ini bisa kamu terapkan pada spot seperti Rawa, Danau, Sungai / Kali, dan juga Muara. Di tempat-tempat tersebut sangat ampuh dan Jitu untuk seekor Gabus.

2. Cacing

Cacing sangat cocok untuk umpan ikan Gabus karena karakteristik dari cacing adalah mempunyai bau amis yang kas dan menjadi santapan alami juga, sehingga terbukti paling Jitu jika digunakan untuk memancing Gabus. Terdapat beberapa jenis hewan Cacing, yaitu ada cacing merah, cacing sawah, cacing kalung / hitam, dan beberapa cacing lainnya.

Dengan cacing-cacing tersebut terutama yang sudah disebutkan diatas kamu bisa gunakan untuk mancing ikan Gabus yang ampuh. Usahakan kaitkan umpan cacing lebih dari 1 ekor karena untuk menarik lebih perhatian si ikan.

3. Ulat Daun Pisang

Ulat daun pisang juga sangat baik untuk umpan ikan Gabus, karakteristik dari ulat yang aktif sering bergerak karena tidak mudah mati meskipun didalam air dan juga aroma dari cairan isi perut ulat daun pisang membuat rangsangan kepada ikan Gabus makin ampuh, dan kamu bisa mencobanya dirumah. Jenis umpan gabus ini bisanya cocok untuk perairan seperti Danau, Parit dan Sungai.

4. Ikan Kecil

Karena Gabus adalah merupakan jenis ikan predator maka jika ada jenis ikan kecil yang menghampirinya, maka tidak segan-segan untuk menyantapnya. Apalagi jika ikan Gabus sedang kelaparan, jenis umpan ini sangat ampuh untuk menjadi alternatif.

Contoh ikan kecil sebagai umpan ampuh ikan gabus adalah ikan mas kecil, ikan cere, ikan mujair kecil, dll.

5. Jangkrik

Jangkrik bisa menjadi umpan alternatif lainnya selain umpan diatas. Jangkrik juga tergolong ampuh karena mempunyai bau yang menyengat ketika cairan pada badannya keluar, sehingga termasuk umpan gabus yang jitu juga. Saat mengaitkan pada kail usahakan bulu-bulu/sayap pada jangkrik dibersihkan telebih dahulu karena bisa mengurangi keampuhan dari umpan.

Baca juga : Gunakan Umpan Galatama Lele Jitu Ini Agar Juara

6. Belalang

Belalang juga sangat baik untuk umpan ikan Gabus. Warna dan aroma yang dimilik belalang terbukti dapat menarik perhatian ikan Gabus. Cara pasangnya cukup hilangkan semua sayap belalang dan kaitkan pada kail.

7. Laron

Binatang Laron sepertinya sudah jarang dijumpai, tapi jika kamu tau, laron sangat ampuh untuk bahan memancing ikan Gabus. Baunya yang kas dan menyengat membuat ketertarikan ikan Gabus meningkat. Sehingga jika ada kawanan laron dirumah mu jangan sia-sia kan untuk digunakan umpan mancing ikan Gabus.

8. Coro atau Cere

Hewan Coro
Coro / Cere

Hewan ini sering dijumpai pada sela-sela bata merah dirumah atau pada sekitaran kandang ayam, kandang bebek, pokoknya yang bau-bau dan banyak serbuk tanah. Karakteristik Coro atau Cere ini berwarna cokelat agak kemerahan yang bisa digunakan untuk umpan jitu ikan Gabus, dan memang terbukti.

9. Anak Tawon

Sudah tau belum dengan Umpan ini, ya anak tawon bagus juga untuk mancing ikan Gabus, bentuknya yang seperti ulat, putih itu sangat jitu.

10. Ulat Bambu / Cilung / Cengkilung

Ulat bambu bisa kamu dapatkan di tukang pancing tau bisa kamu dapatkan di dalam pohon bambu jika kamu bisa mencarinya. Karakteristik Ulat bambu mirip dengan anak tawon dan ulat daun pisang, sehingga sangat galak untuk umpan ikan Gabus.

Baca juga : Kumpulan Umpan Ikan Mas Jitu [Lengkap]

11. Ga’ang / Orong-orong

Ga'ang atau Orong-orong
Ga’ang atau Orong-orong

Hewan ini juga paling jitu untuk mancing ikan Gabus, sedah terbukti dan terkenal oleh kalangan pemancing mania. Mungkin cara mendapatkannya cukup sulit karena biasanya hidupnya pada persawahan dan ladang kering, tapi berbanding lurus dengan kualitas sebagai umpan Jitu.

12. Cicak

Kamu bisa menggunakan Cicak untuk akternatif umpan selain diatas. Cara menggunakannya bisa kamu kaitkan ke kail kondisi mentah atau dibakar dahulu karena akan mengeluarkan aroma daging bakar, dan ini sangat Jitu.

13. Soft Lure / Soft Frog / Jump Frog atau Umpan Buatan

Soft Frog
Foft Frog

Bagaimana dengan umpan yang satu ini? ya umpan ini sangat unik, karena terbuat dari bahan ‘karet’ atau umpan buatan yang didesain mirip dengan hewan yang ada dialam, seperti katak, ikan, dll. Teknik pancingan ini juga lain dari halnya mancing biasa, teknik ini dinamakan ‘Casting’. Kamu lemparkan umpan buatan ini ke titik target dan seketika itu kamu gulung real juga sehingga solah-olah umpan buatan tersebut seperti umpan sesungguhnya. Cara ini juga baik dan terbukti berhasil.

Semoga kumpulan umpan ikan Gabus ini cocok didaerah kamu, dan jika ada bahan umpan untukditambahkan didalam daftar diatas saya akan update kembali. Jika kamu juga mempunyai umpan rahasia atau mujarap atau manjur juga bisa tuliskan dikolom komentar. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *