Umpan Dadakan Ikan Mas Harian dan Lomba [Jitu, Galak]

EdiSutanto.com – Ikan mas merupakan tipe ikan yang sulit untuk dipancing, karena ikan mas tipe ikan yang memilih-milih makanan untuk bisa disantapnya. Berbeda dengan ikan yang lainnya seperti lele, mujair, mereka dapat menyantap umpan dari berbagai jenis tipe makanan, mungkin kebiasaan tersebut karena ikan mas bukan termasuk kedalam ikan yang rakus / pemakan segalanya.

Berbagai macam jenis umpan mancing ikan mas telah dibuat untuk bisa menarik perhatiannya, sobat bisa membuat umpan putih yang dengan cara direbus / kukus, umpan pelet biasa, umpan alami seperti Cacing, ulet, dll dan sobat bisa membuat umpan yang akan dibahas pada tutorial kali ini yaitu Umpan dadakan ikan mas.

umpan dadakan ikan mas jitu dan galak
Umpan ikan mas

Umpan Dadakan Ikan Mas Harian dan Lomba

Umpan dadakan tidak kalah baik dan galak / jitu dengan umpan jenis kukus/putih. Tergantung bagaimana kita meraciknya, umpan dadakan pun tidak sedikit kita dengar disambar oleh mas babon dan juga dalam kompetisi lomba sering digunakan untuk umpan jitu sampai dengan juara nya.

Kelebihan dari umpan dadakan mas juga cepat dan praktis didalam pembuatannya, berbeda dengan umpan putih/kukus yang memerlukan pemanasan terlebih dahulu baru umpan bisa digunakan. Dibawah ini ada beberapa macam racikan umpan dadakan ikan mas yang bisa sobat gunakan untuk mancing harian / lomba ikan mas di tempat sobat masing-masing. Umpan dadakan ini sudah terbukti narik bisa antara 8-12 ekor ikan mas harian dan bisa lebih untuk lomba.

Baca juga : Bahan Membuat Umpan Putih Ikan MAS

1. Umpan ikan mas dadakan pertama, sediakan:

  • Pelet 48 “tuna”
  • Empress tuna
  • Essen tuna
  • Dancow
  • Telor bebek
  • Kroto

Cara membuat: Siapkan pelet merk 48 aroma tuna kemudian haluskan dengan air hangat/panas secekupnya, setelah halus campurkan Empress tuna secukupnya atau 1 ikan tuna. Tambahkan susu Dencow 1 saset, 2 telur bebek kuningnya saja dan Essen tuna 8-12 tetes kemudian diaduk sampai tercampur rata dan lembut. Jika sudah menyatu campurkan Kroto setengah atau 1 ons dan aduk sedang saja jangan sampai krotonya pecah. Umpan dadakan mas siap digunakan untuk harian maupun lomba.

2. Umpan ikan mas dadakan kedua, sediakan:

  • Udang hidup
  • Kinoy
  • Minyak ikan

Cara meracik: Udang segar/hidup secukupnya di rendam di air panas sekitar 2 menit ambil dagingnya saja tumbuk di mangkok sampai halus kemudian kasih Kinoy cap jempol warna merah, tambahkan minyak ikan 3 butir, aduk rata semua bahan sampai halus dan merata. Umpan dadakan mas siap digunakan.

umpan ikan mas dadakan jitu dan galak
Umpan ikan mas

3. Umpan ikan mas dadakan ketiga, sediakan:

  • Nangka mateng
  • Pelet 48 “tuna”
  • Ikan tongkol / sarden

Cara membuat: Siapkan nangka yang sudah mateng secukupnya, bisa 3 buah kemudian haluskan terlebih dahulu sampai halus lembut, setelah lembut campurkan pelet 48 merah aroma tuna dan dihaluskan kembali jika sudah tambahkan ikan tongkol / sarden 2-3 iris haluskan, setelah halus dan kalis umpan dadakan mas ini siap digunakan untuk harian dan lomba.

Baca juga : Membuat Umpan Ikan MAS Murah (Neter juga)

4. Umpan ikan mas dadakan keempat, sediakan:

  • Pelet Jitu ebi 2 bungkus
  • Telor asin bebek 1 butir
  • Vanili

Cara membuat: Siapkan 2 bungkus pelet Jitu Ebi (rasa udang) tuangkan kedalam wadah / mangkok, pulenkan dengan air panas secukupnya sampai lembut, kemudian tambahkan kuning telur asin bebek tanpa putihnya dan tambahkan vanili 1 tutup botolnya dan haluskan kembali, jika sudah rata dan kelembutan cukup untuk umpan maka siap digunakan. Ini umpan dadakan cukup sederhana tetapi hasilnya lumayan bagus.

5. Umpan dadakan ikan mas kelima, sediakan:

  • Pelet Jitu
  • Halco
  • Udang

umpan dadakan ikan mas jitu dan galak

Cara membuat: Sediakan air panas secukupnya dan masukkan Halco sepanjang 2cm an kedalam air panas agar larut merata didalam air. Aduk air sampai halco merata kemudian masukkan 2 bungkus pelet Jitu merah / ebi dan tambahkan Udang yang sudah di rendam dengan air panas (5 menit) kemudian haluskan sampai lebut nya pas untuk umpan dadakan. lebih bagus pakai Halco made in Australia kalau jarang made ini lokal juga sudah bagus. Halco adalah perangsang ikan untuk umpan memancing ikan air tawar. Umpan jenis ini bisa digunakan untuk umpan dadakan harian mas maupun lomba dan terbukti Jitu dan galak.

Membuat Umpan Dadakan Ikan Mas Harian dan Lomba [Jitu, Galak] yang bisa Admin bagikan, jangan sungkan untuk mengunjungi website ini karena tips-tips umpan serta trik mancing menarik lainnya akan Admin share kembali, semoga bermanfaat.

1 tanggapan pada “Umpan Dadakan Ikan Mas Harian dan Lomba [Jitu, Galak]”

Tinggalkan Balasan