Teknik Mancing Ikan di Laut

Teknik Mancing Ikan Laut dan Umpan Yang Harus di Siapkan

Diposting pada

EdiSutanto.com – Memancing dilaut mempunyai sensasi yang berbeda dengan memancing di sungai maupun di kolam. Banyak hal berbeda yang dapat kita dapatkan, dari sensasi angin, pemandangan yang begitu luas, sensasi kemungkinan mendapatkan ikan yang besar. Pengalaman ini lah yang biasanya disukai para pemancing mania yang lebih suka tantangan di laut.

Apakah kamu juga demikian? atau ingin merasakan pengalaman berbeda. Tentunya sebelum beranjak pergi untuk memancing dilaut ada beberapa hal yang harus kamu siapkan agar hasil memancing lebih maksimal dan tidak zonk.

Sebelumnya mungkin diatara kamu ada yang mempunyai pantangan terhadap umpan mancing dilaut atau hal seperti pakaian yang dilarang pergi dilaut, jika iya saran saya ikuti saja karena itu biasanya adat yang sudah turun temurun. Untuk di daerah saya pun tidak ada pantangan yang spesifik, jadi jika ingin memancing dilaut ya pastikan sudah mempersiapkan peralatan yang ingin dibawa kemudian mengkin tetap menjaga ucapan dan perilaku ketika disana.

Teknik Mancing Ikan Laut dan Umpan Yang Harus di Siapkan

1. Teknik Memancing Ikan Laut di bawah Batu Karang (Rock Fishing)

Spot ini biasanya membutuhkan perjalanan yang lumayan menantang karena keberadaannya yang terjal dan berbatuan. Tapi biasanya juga dibawah spot batu berkarang dipinggir pantai/laut disitu banyak terdapat ikan laut yang besar. Mungkin disebabkan karena area tersebut jarang dijamah oleh manusia sehingga ekosistem ikan tidak terganggu. Ikan laut senang dengan tempat-tempat tersebut.

Tapi saran saya jika spot terlalu menantang maka tidak usah dilakukan, lebih baik cari spot yang mudah dijangkau yang masih mempunyai potensi banyak ikan. Lebih baik cari aman daripada harus memaksakan ke tempat yang spot karang yang terjal.

Untuk Umpan mancing ikan laut jenis Rockfishing atau spot bawah batu karang, kamu bisa gunakan umpan jenis, daging ikan yang sudah di potong-potong, kemudian umpan udang segar/hidup, umpan ikan kecil-sedang yang masih hidup, atau cacing laut.

Persiapkan alat pancing yang memadai, dari joran yang kuat, kail laut yang sesuai dan kuat, senar/tali pancing dengan ukuran sedang yang berkualitas, pemberat/timah yang berukuran sedang-berat agar sampai dasar dan tidak mudah terbawa ombak. Persiapkan peralatan topi, sarung tangan dan kaca mata untuk menghindari pantulan cahaya matahari jika kamu memancing di kondisi siang hari.

2. Teknik Memancing di Pinggit Laut / Pantai (Surf Fishing)

Teknik memancing di pinggir pantai mempunyai kemudahan yaitu tidak diharuskan menggunakan perahu/sampan untuk pergi ke tengah laut, hal ini lebih ekonomis dari segi biaya dan lebih ramah karena masih berada di daratan. Karena spot adalah di pinggir laut hal yang harus kamu siasati untuk lebih memaksimalkan pendapatan adalah dengan melemparkan umpan kamu sejauh jauhnya lemparan kamu ketengah.

Alat pancingan yang bisa menjadikan lemparan kamu jauh ke tengah adalah gunakan joran dan real yang bagus, pilih joran yang panjang khusus pancing laut berkisar 5 meter dan real yang mempunyai bearing besar sehingga lemparan kamu akan lebih mudah terlepar ke dalam laut yang jauh.

Baca juga : Mancing Udang Gampang Banget Dengan Kelapa Bakar

Karena ikan laut biasanya lebih banyak berada di laut yang lebih jauh ketimbang dekat dipinggir pantai. Gunakan pemberat/timah yang sesuai agar kail tidak mudah terbawa ombak ketepi. Siapkan peralatan safety yang memadai seperti jaket, topi, sarung tangan, kacamata ultaviolet agar kamu betah dalam memancing.

Umpan mancing ikan laut yang cocok dipinggit pantai seperti ini adalah cacing laut, irisan daging ikan, kerang pantai, udang, irisan kepiting, ikan hidup dan umpan tiruan juga bisa kamu gunakan.

3. Teknik Memancing Ikan Laut di Atas Dermaga (Pier Fishing)

Teknik ini banyak dilakukan oleh pemancing mania. Untuk pemancing yang mengharapkan manfaat dari memancing laut di dermaga selain untuk kesenangan pribadi juga bisa mengajak keluarga untuk ikut menemani dan ber santai bersama. Jika kamu mengajak keluarga untuk memancing laut di dermaga mungkin yang harus kamu perhatikan adalah teknik mamancing kamu yang harus berhati-hati karena disekitar kamu ada orang. Kemudian perhaikan anak yang suka jalan di dermaga agar tetap dalam pantauan.

Baca juga : Mancing Bawal Dengan Umpan TAHU Putih

Teknik mancing laut di dermaga yang cocok adalah Spinning yang mirip dengan teknik Surf Fishing namun memiliki joran yang lebih pendek. Untuk umpan dengan mancing di dermaga bisa juga seperti teknik mancing Surf fishing fiatas dan jika kamu mau bereksperimen dengan umpan laut lainnya silakan coba saja. Siapkan peralatan seperti diatas, dari jaket, sarung tangan, kaca mata dan juga pemberat / timah yang membuat kail dan umpan sampai kedasar laut.

4. Teknik Mancing Ikan di Tengah Laut

Teknik mancing ditengah laut bisa di sebut Offshore, yang dilakukan ditengah laut yang sasarannya adalah ikan besar. Beberapa teknik memancing ditengah laut, atara lain:

  • Mancing Dasaran (Bootom Fishing), yaitu teknik memancing dasaran dengan pemberat seperti timah besar agar umpan dan kail sampai ke dasar laut yang jauh. Sasaran ikan besar adalah lebih banyak di perairan yang jauh dan dalam. Gunakan peralatan pancing yang mumpuni dengan target yang diinginkan. Umpan yang cocok seperti daging ikan, ikan hidup, udang segar, umpan tiruan, dll.
  • Mancing Hentak (Jerking), yaitu memancing dengan gaya di sentak/hentak-hentak. Gunakan tali/benang pancing yang panjang dan kuat serta beri pemberat agar umpan dan kail sampai dasar. Kemudian cara memancingnya yaitu setelah pancing dilepar dan sampai dasar kemudian gulung dan diberi sedikit hentakan untuk memberi sensasi dan kesan ada hewan yang hidup di perairannyam kemudian sampai ikan memakannya. Umpan yang cocok untuk jenis teknik ini adalah umpan tiruan, umpan yang mirip dengan yang asli seperti cacing, udang, katak, ikan, dll.
  • Mancing Terhanyut (Drifting), Teknik ini dilakukan dengan menghanyutkan umpan dan menjalankan perahu perlahan diarea sekitar karang/ gugusan terumbu karang tempat ikan berkumpul sehingga umpan akan terliht hidup yang akan memancing perhatian ikan target. Setelah ikan menyambar umpan kita lemparkan jangkar untuk menangkap ikan yang terkumpul. Alat dan piranti yang digunakan berjenis spinning, baitcasting atau conventional.
  • Mancing Tonda (Trolling), Target dari mancing tonda adalah ikan-ikan dengan ukuran besar. Piranti yang digunakan adalah pancing Conventional. Umpan yang dipakai usahakan umpan hidup tapi bisa juga umpan tiruan ataupun umpan segar.

Yang perlu diketahui sebagai pemancing mania adalah umpan saja tidak cukup dalam hal memancing, selain itu ada teknik dalam memancing, spot yang cocok, piranti dan peralatan yang sesuai dan faktor keberuntungan. Semoga bermanfaat, good luck.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *