Umpan Mancing Udang Galah

Gampang Banget, Mancing UDANG Dengan Umpan Kelapa Bakar

Diposting pada

EdiSutanto.com – Cara memancing Udang sebenarnya gampang intinya yaitu memakai umpan yang berbau menyengat agar menarik perhatiannya. Kali ini saya akan memberikan cara memancing udang dengan umpan kelapa bakar dan sangrai. Dengan umpan kelapa ini sudah banyak yang membuktikan dan memperoleh hasil udang biasa dan udang galah yang memuaskan.

Tentunya selain umpan juga harus diperhatikan faktor lainnya yang dapat menentukan besarnya hasil pancingan, seperti lokasi spot apakah di danau, tambak, laut, muara, kali/sungai dengan air jernih, sungai dengan air keruh/kotor, kail yang sesuai, dan juga faktor hoki ya.

Umpan udang dengan kelapa ini saya rasa bisa untuk banyak spot seperti yang disebutkan diatas jadi kamu bisa lakukan ini untuk spot terdekat didaerah kamu tinggal, yang pasti spot tersebut sudah terbukti banyak udangnya, sehingga umpan ini cocok sekali.

Mancing UDANG Dengan Umpan Kelapa Bakar

Saya akan memberikan 2 versi contoh umpan dengan bahan kelapa. Bahan-bahan yang harus disiapkan yaitu:

  • Kelapa muda yang sudah di kupas : 1/2 butir
  • Kelapa mudah yang sudah di parut : 1/2 butir
  • Kompor + wajan
  • Cacing merah/sawah : secukupnya

Cara membuat:

Versi 1: Bahan Kelapa muda yang sudah dikupas

Kelapa Bakar

Kamu bisa membeli atau mencari kelapa yang masih muda (tidak tua tidak terlalu muda, sedang), kemudian dibelah menjadi 4 bagian sedang. Setelah itu kelapa bisa di congkel atau bisa tetap dengan batok nya. Kalau saya sarankan hilangkan batok nya.

Kemudian kelapa tersebut kamu bakar bisa dengan serabut kelapa bisa dengan kompor. Bakar kelapa dan bolak balik sampai berwarna coklat dan mengeluarkan bau harum. Sehingga minyak kelapa tersebut akan mengeluarkan bau tajam dan wangi saat di masukkan ke dalam air. Dengan cara ini Udang Galah dan ikan lainnya akan ngumpul di spot yang di taruh kelapa bakar tersebut.

Cara memancingnya:

Kelapa yang sudah dibakar kemudian ikat dengan tali dan masukkan kedalam titik spot yang kamu rasa baik untuk dipancing. Selain mengikat dengan tali, kamu bisa juga gunakan joran/pancingan untuk menaruh kelapa tersebut. Kaitkan saja kelapa pada kail dan lemparkan ke titik spot.

Tunggu beberapa menit (kurang lebih 5 menit) agar minyak kelapa menyebar dan udang mulai mengumpul. Setelah itu kamu bisa langsung melemparkan pancingan kamu yang sudah diberi umpan cacing merah tersebut. Gunakan kail pancing udang yang sesuai dan juga pilih cacing merah yang kecil.

Versi 2: Bahan kelapa muda yang sudah di parut

Kelapa Sangrai

Jika kamu sudah menyiapkan bahan ini, kemudian kamu bisa sangrai pada wajan. Masukkan parutan kelapa kedalam wajan dengan nyala api yang kecil-sedang saja. Aduk-aduk terus kelapa sampai matang atau berwarna coklat seperti “serundeng kelapa” dan mengeluarkan bau wangi dengan sedikit mengeluarkan minyak.

Matikan kompor dan diamkan sampai kelapa sangrai dingin. Umpan udang seperti ini jika dimasukkan kedalam air akan cepat sekali mengeluarkan aroma kas dan menyebarkan minyak yang bisa menarik perhatian udang galah serta ikan yang lain.

Cara memasang/menggunakannya:

Siapkan bahan kaos/kain secukupnya, kemudian masukkan kelapa sangrai tersebut kedalam kain seukuran genggaman tangan kemudian ikat kain. Jika sudah, kain yang didalamnya terdapat kelapa sangrai tersebut sudah bisa dimasukkan kedalam air untuk mengumpulkan udang yang banyak.

Cara versi yang ke 2 ini saya rasa lebih baik dari pada versi yang pertama, karena penyebaran minyak dan aromanya akan lebih maksimal dan pastinya udang akan cepat mengumpul. Kemudian sama seperti cara diatas dalam hal memancingnya, gunakan umpan dengan cacing merah kecil dan ukuran kail yang sesuai.

Bagaimana sudah mencoba? ayo ceritakan pengalaman kamu di kolom komentar ya, atau malah ada tips-tips lainnya.

Tambahan: Cara untuk menarik udang galah dan udang biasa yang sedang makan yaitu dengan diangkat secara perlahan dan pelan sampai kepermukaan. Gunakan pemberat dalam memancing agar sampai dasar. Jika menggunakan umpan kelapa bakar, usahakan setelah umpan kelapa bakar siap, tidak lama-lama untuk digunakan agar kandungan minyak tidak banyak terbuang.

Semoga bermanfaat dan berhasil, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *