Cara Mancing Ikan Gabus

Cara Mancing Ikan Gabus Terbukti Ampuh

Diposting pada

EdiSutanto.com – Ikan gabus adalah dalam golongan jenis ikan Predator, karena memakan segalam macam bahan makanan yang ada di air. Ikan gabus bisa memangsa jenis makanan tumbuhan, daging dan juga buah-buahan. Ikan gabus akan melahap makanan dengan rakus yang terlihat didepannya, terkaman yang sangat cepat adalah ciri khas dari ikan gabus. Untuk itu trik dan cara memancing ikan gabus sebenarnya masih tergolong mudah karena beberapa hal diatas.

Pemancing mania pasti sudah tahu bahwa memancing ikan selain membutuhkan umpan yang cocok juga dibutuhkan hal hal lain untuk memaksimalkan pendapatan. Apa saja cara memancing ikan gabus yang dinilai bisa terbukti ampuh dapat mendorong pendapatan ikan yang lebih.

Cara Mancing Ikan Gabus Terbukti Ampuh

  • Siapkan alat pancing yang kuat

Ikan gabus memiliki daya tarikan yang kuat ketika sudah memakan umpan yang ada di pancingan, sehingga kita harus siapkan peralatan yang memadai agar tangkapan tidak lepas bahkan tali sampai putus. Coba kamu bisa siapkan pancingan lengkap dengan ukuran dan bahan yang sesuai.

Siapkan kail yang masih bagus atau baru dengan ukuran bervariasi, untuk ikan gabus kamu bisa gunakan kail dengan ukuran sedang misal no 6-8. Untuk senar/tali kamu bisa gunakan senar dengan ukuran sedang dan mempunyai parameter berat Maksimal bobot tarikan sampai 3-5kg. Meter tersebut saya rasa masih kuat jika digunkan untuk memancing ikan gabus di rawa/sawah/danau dan sungai karena bukan untuk memancing di laut.

Joran yang kuat, lebih ke sedikit kaku. Pilih joran yang kuat untuk menarik ikan gabus karena ikan gabus mempunyai seretan atau tarikan yang sangat kuat agar joran tidak patah dan kuat untuk menarik ikan gabus. Apalagi jika kamu menggunakan joran buatan dari bambu, seperti di desa-desa atau nelayan yang masih banyak menggunakan joran yang terbuat dari bambu, maka pilih dan buatlah joran yang kuat dan kaku.

  • Cara mancing ikan gabus di sawah dan rawa

Spot sawah dan rawa identik mempunyai kemiripan lokasi. Begitu juga mempunyai kemiripan rintangan atau hambatan yang ada pada spot tersebut. Spot ini biasanya mempunyai rintangan seperti: rumput liar, tanaman, eceng gondok, kayu/bambu, dan lainnya. Trik yang dilakukan untuk mancing ikan gabus pada spot sawah/rawa adalah lakukan lemparan kail yang baik agar tidak meleset pada titik sasaran. Jika kamu masih susah dalam melempar pancing dengan Reel dengan spot tersebut disarankan untuk belajar atau testing dahulu.

Umpan ikan gabus yang cocok untuk spot ini biasanya: Cacing, Bancet/anak kodok, Pelet, Ikan Kecil, umpan tiruan/soft lure.

Baca juga: Kumpulan Umpan Ikan Gabus (Lengkap)

  • Cara mancing ikan gabus di Danau

Berbeda dengan teknik mancing gabus di Danau, jika disawah kemungkinan mempunyai hambatan yang lebih banyak, jika di danau sepertinya mempunyai hambatan yang lebih sedikit. Kamu bisa melemparkan pancingan dengan leluasa hingga ke tengah danau, dimana ikan besar biasanya berkumpul.

Ikan gabus juga suka berada di tepi danau, jadi kamu bisa menyesuaikan. Mengatur posisi ukuran kedalaman pancingan untuk ikan gabus yaitu bisa diposisikan sedang atau setengah dari kedalaman danau. Jangan posisikan pada dasar karena ikan gabus lebih sering berada pada permukaan dan sedikit masuk dari permukaan.

Umpan yang cocok seperti: Kodok kecil/bancet, cacing, pelet, soft lure, ulat bambu, ulat german, cicak bakar, dan lainnya.

  • Cara mancing ikan gabus di sungai

Spot sungai untuk mancing ikan gabus lebih susah dari pada rawa, sawah dan danau. Tapi spot ini juga banyak terdapat ikan gabusnya. Ikan gabus biasanya akan memilih disekitaran tepi atau pinggiran untuk berkumpul, bukan ditengah yang mempunyai arus lebih besar.

Umpan ikan gabus yang cocok untuk spot sungai adalah anak kodok, cacing, soft lure, ulat. Umpan pelet kurang cocok pada spot sungai karena air yang identik lebih kotor dan lebih bau dan juga ber arus sehingga bisa pilih umpan yang lain.

Baca juga: Kumpulan Umpan Ikan Mas (Lengkap)

  • Cara memancing ikan gabus dengan teknik Neger/Di Tinggal

Neger adalah nama teknik mancing dengan cara di tinggal, mungkin di daerah kamu mempunyai istilah nama yang berbeda. Pada intinya cara memancingnya yaitu dengan cara ditinggal. Cara ini cukup efektif untuk bisa mendapatkan tangkapan yang banyak.

Untuk memancing dengan teknik ini, maka usahakan membuat joran Teger dengan jumlah yang banyak, sehingga dalam sekali memancing, joran yang dipasang langsung banyak, sehingga kesempatan yang dihasilkan juga lebih banyak.

Kamu bisa membuat joran dengan bahan bambu yang kuat, panjang joran jangan terlalu panjang kisaran 60cm-100cm. Gunakan kail yang kuat dan diameter ukuran yang sedang. Pilih tali/benang yang kuat dan pasangkan dengan sedikit lebih panjang dari jorannya, misal panjang joran 100cm maka panjang tali bisa 120cm.

Gunakan umpan hidup untuk lebih menarik perhatian ikan gabus, seperti: Kodok kecil/bancet, ikan hidup dan lainnya. Usahakan dalam mengaitkan umpan pada kail tidak sampai umpan tersebut mati, harus masih dalam kondisi hidup. Pasang pancingan dipinggi spot dengan menancapkan joran di tanah yang kuat dan posisikan umpan/kail dipermukaan air saja agar umpan tetap aktif bergerak.

Tinggalkan pancingan beberapa saat sesuai keinginan, mungkin bisa kisaran 1-2 jam kemudian lihat hasilnya apakah ada ikan gabus yang mau memakan pancingan tersebut. Ulangi lagi pancingan dengan mengganti umpan yang baru.

Teknik ini cocok di terapkan pada saat malam hari.

Semoga beberapa teknik cara mancing ikan gabus ini bermanfaat dan mendapatkan hasil ikan yang memuaskan, salam strike.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *