Posted By Edi Sutanto
Cara Mancing Belut Paling Ampuh

EdiSutanto.com – Belut merupakan hewan air yang mempunyai banyak kandungan gizi yang baik untuk kebutuhan tubuh. Hewan air jenis belut ini banyak dicari masyarakat karena selain daripada mengandung banyak manfaat bagi tubuh juga rasanya yang begitu lezat. Konon juga nilai gizi pada belut bagus untuk kecerdasan anak-anak sehingga untuk para bapak-bapak khusunya yang hobi mancing untuk menyempatkan untuk memberikan belut untuk anak kesayangannya.

Rasanya yang lezat dengan beragam cara penyajian seperti digoreng, sayur, sambalin dan banyak lagi membuat hewan ini menjadi primadona masakan di Indonesia.

trik dan tips mancing belut

 

Untuk trik memancingnya pun tidak terlalu sulit dan masih banyak populasinya di sekitar kita sehingga cara mancing belut ini perlu dicoba. Walaupun belut juga banyak tersedia dipasar tetapi jika kita peroleh dengan cara yang sesuai hobi kita memancing itu akan lebih puas.

Masih mau menyimak cara memancing belut dibawah ini kan, langsung saja yuk.

Mancing Belut itu mudah

1. Siapkan Pancingan (senar / tali + kail)

Pancingan belut dengan pancingan ikan berbeda ya, pancingan belut tidak menggunakan joran dan real untuk memancing, yaitu hanya menggunakan senar dan kail pancing, jadi secara biaya memancing belut lebih ekonomis / murah dari pada memancing ikan.
Cara merakit pancing belut cukup dikepang / dipelintir dengan dua senar menjadi satu dengan satu mata kail, seperti gambar dibawah ini.

membuat senar mancing belut

2. Umpan

Kemudian siapkan umpan, umpan mancing Belut cukup mudah bisa menggunakan cacing atau anak kodok. Mencarainya pun tidak terlalu sudah tinggal cari cacing di tanah lembab atau persawahan. Jika sudah siap untuk umpan mancing dan pancingan belutnya sekarang tinggal mencari tempat spot / lubang belut berada. Dimana biasa belut tinggal / berada? berikut ini beberapa tempat yang sering banyak belut bersembunyi:

  • Sawah, ditempat ini adalah tempat yang paling sering bayak terdapat belut. Lumpur persawahan adalah tempat yang paling baik untuk populasi belut begitu juga stok makanan yang ada pada persawahan yang banyak membuat tempat ini sangat baik untuk belut. Biasanya belut dipersawahan adanya pada sisi jalan antar sawah (jalan sawah) disitu terdapat lubang belut yang bisa dicari, semakin besar lubang maka kemungkian lebar belut akan semakin besar.
  • Sungai, tempat ini juga banyak terdapat belut, biasanya belut banyak besembuyi pada lubang disisi pinggi sungai. Cari lubang belut dengan teliti karena bisa kemungkinan tertukar / mirip dengan lubang kepiting dan ular. Bisanya ika menemukan lubang belut disungai biasanya ukurannya bisa sedang sampai besar.
  • Parit / selokan, disini juga sering menjadi sebagai tempat persembunyian belut. Tempatnya yang hampir selalu lambab menjadi tempat rumah belut yang cocok.
  • Danau, empang, tambak, dll.

Cara Memancing Belut

Memancing belut ampuh tidak lah susah, caranya carilah rumah / lubang belut ditempat-tempat yang biasanya belut berada seperti spot diatas, kemudian setelah didapat lubang belut masukkan pancingan yang sudah diberi umpan pada lubangnya sambil di plintir / putar-putar senarnya agar masuk kedalam lubang. Putar senar secara perlahan sampai dalam kurang lebih 20cm-40cm dan tunggu reaksi didalam lubang, jika ada reaksi seperti air didalam lubang bergerak atau ada bunyi belut berkecap tandanya lubang belut ada penghuninya (belut). Tunggu saja samapi belut makan dan kemudian bisa ditarik perlahan keatas.

Trik / tips mancing belutnya jangan langsung setelah belut makan tali senar ditarik keatas usahkan diberi jeda sebentar agar belit benar-benar makan kemudian bisa ditarik dengan perlahan (tarik ulur), jika belut menahan atau menarik diri maka lebih baik kendorkan senar kemudian tahan dan kembali tarik senar keatas, ulangi terus sampai belut bisa diangkat keatas sampai dapat.

Seperti itulah cara memancing belut paling ampuh dan spot yang bagus untuk mancing belut, semoga bermanfaat dan berhasil.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *