Posted By Edi Sutanto
6 Macam Umpan Ikan Lele Sederhana Dan Sukses

EdiSutanto.com – Ikan Lele salah satu jenis ikan predator sehingga banyak macam makanan yang mudah dimakannya, sehingga tidak terlalu susah didalam memilih dan meracik umpan ikan lele. Beda dengan ikan mas yang memang sedikit membutuhkan trik dengan umpan mancing yang special.

Kadang saking gampangnya, dengan biji bijian yang ada di tanah saja ikan lele bisa dimakannya. Tapi semua juga tergantung beberapa faktor yang mempengaruhi umpan ikan lele dapat mudah dimakan, diantaranya:

  • Umpan, umpan memiliki peran yang besar didalam memancing. Tak dipungkiri jika sudah berlomba lomba dengan lapak yang lain kita harus meracik dengan sebaik baiknya umpan agar ikan lebih tertarik dengan umpan kita.
  • Faktor empang / lokasi, disini saya membicarakan tentang lokasi, baik itu mancing di empang, danau, sungai, dan parit. Kadar warna air terkadang juga menentukan apakah unpan lele yang diracik akan disenangi ikan atau tidak. Karena umpan ikan lele yang biasa berhasil makan terkadang disaat warna air berubah ikan lele tidak mau makan alias boncos. Hal tersebut kadang tidak kita pahami.
  • Hoki, saya yakin yang satu ini juga memiliki peran. Hoki atau nasib yang lagi baik akan mengantarkan kita kepada keberhasilan mendapatkan ikan.

Umpan Ikan Lele

Umpan Ikan Lele Sederhana Dan Sukses

1. Umpan Cacing Merah / Cacing Lur (laut) ditambah kuning telur bebek

Cara meraciknya: Siapkan dua rakitan kail yang akan digunakan, siapkan kuning telur dalam wadah kemudian dikocok. Letakkan umpan cacing kedalam kail dan rendam kedalam telur kurang lebih 5-10 menit sebelum digunakan, agar bau amis semakin berasa. Saran tambahan, usahakan satu mata kail diberikan cacing 2-3 utuh untuk menarik perhatian ikan lele karena umpan yang besar. Cara ini baik dan sukses untuk mancing harian ikan lele, lele babon dan lomba Empang.

2. Meracik Umpan Ikan Lele dengan hewan Orong-Orong

Umpan Ikan Lele Jitu

Hewan jenis ini sering ditemukan pada persawahan jika sobat mencarinya, umpan lele jenis ini sering digunakan para pemancing lele dan terbukti narik / gentak terus. Unpan ini juga cocok untuk mancing harian, babon dan lomba.

Baca juga : 3 Resep Jitu Juara Total Umpan Galatama Lele

3. Meracik Umpan Ikan Lele dengan Belut Kukus / Goreng

Belut mempunyai aroma amis yang kuat sehingga cocok sekali sebagai umpan mancing ikan lele.
Cara membuatnya: Potong-potong belut sekitar 1cm sesuai ukuran kail dan penting jangan dibersihin darah belutnya karena darahnya yg membuat belut semakin amis. Kemudian goreng belut dengan margarin / blueband sebentar saja jangan terlalu matang agar tidak ancur saat di pasang dalam kail.

Jika dengan Umpan belut kukus yaitu potong-potong belut seperti cara diatas dan taruh potongan belut diatas daun pisang yang ada tambahan daun pandan ya untuk aroma amis dan wangi, lipat daun dengan rapi kemudian masukkan kedalam panci kukus. Kukus umpan belut sekitar 5 menit saja jangan terlalu empuk supaya tidak ancur, angkat dan umpan ikan lele siap digunakan.

Baca juga: 3 Umpan Ikan Mas Jitu Murah

4. Pakan Memancing Ikan Lele seferhana berikutnya adalah Ulat Hongkong / Jerman ditambah Telur bebek

Ulat Jerman atau Hongkong bisa sobat dapatkan di warung burung atau ikan, kemudian rendam dahulu ulat kedalam kuning telur bebek selama kurang lebih 10-20 menit dan umpan mancing ulat ini siap digunakan. Umpan ini jika tidak cocok maka akan sedikit lama didalam lele memakannya, sehingga saran saya gunakan umpan cadangan lainnya.

5. Umpan Ikan Lele Sederhana dengan Jangkrik

Hewan ini bisa digunakan untuk memancing ikan lele karena mempunyai aroma yang kas yang membuat lele tertarik.
Cara mengunakannya yaitu bersihkan kaki dan sungut / antena pada kepalanya lemudian kaitkan jangkrik pada kail dan sedikit keluarkan air pada perutnya untuk menambah aroma kas pada jangkrik. Gunakan 2-3 jangkrik agar umpan terpasang dengan besar. Umpan lele jangkrik siap digunakan.

6. Umpan Ikan Lele dengan Usus Ayam

Usus ayam yang sudah dibersihkan kemudian dikukus sampai matang dan di lembutkan bisa dengan digiling / blander. Setelah lembut usus ayam dicampur dengan pelet yang sudah direndam air panas untuk melunakkan pelet agar mudah di aduk. Tambahkan Essen rasa udang atau lainnya untuk menambah aroma amis pada adonan usus dan pelet, kemudian aduk sampai racikan umpan pulen dan siap digunakan. Racikan umpan lele dengan Usus ayam ini juga sukses untuk mancing Galatama ataupun lomba dan harian lele. Semoga beruntung.

Sekian dulu tips dari saya tentang membuat umpan ikan lele ini, semoga bermanfaat.

2 comments found

    comments user

    Itho

    Di jamin ampuh pake telor burung merpati umuran 2 minggu di jamin joss
    Lo ngga. Pake yuyu gembur/susu

    Balas

      comments user

      Edi Sutanto

      Saran umpan nya boleh dicoba ni, makasih.

      Balas

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *