Tips Menjaga Kesehatan Untuk Mencegah Virus Corona (Covid-19)

Tips Menjaga Kesehatan Untuk Mencegah Virus Corona (Covid-19)

Diposting pada

EdiSutanto.com – Kita tahu bahwa saat ini di Indonesia khususnya sudah booming dengan pencemaran Virus Corona (Covid-19) pada awal tahun 2020. Virus yang begitu ganas ini telah memakan banyak korban jiwa dan melumpuhkan roda perekonomian di Indonesia, untuk update pada tanggal 20 Juni 2020 warga Indonesia sudah terpapar dengan jumlah :

  • Kasus Positif 45 ribu jiwa
  • Kematian 2.4 ribu jiwa
  • Sembuh 17 ribu jiwa

Angka yang sangat memilukan untuk sebuah serangan wabah yang berbahaya ini. Wabah ini tak hanya menyerang di negara Indonesia saja, Virus Corona ini sudah menyerang ke seluruh dunia dengan nilai angka kasus yang berbeda-beda. Untuk melihat update terkini tentang kasus Covid-19 bisa dilihat pada situs resmi pemerintahan di www.covid-19.go.id.

Untuk itu disini saya akan coba memberikan Tips Menjaga Kesehatan Untuk Mencegah Virus Corona (Covid-19) agar kita tetap mempunyai imun tubuh yang kuat untuk melawan virus ini.

Tips Menjaga Kesehatan Untuk Mencegah Virus Corona (Covid-19)

Olahraga

Olahraga adalah cara yang sangat baik untuk terus menjaga agar tubuh (jasmani) dan hati (rohani) tetap sehat. Lakukan olahraga secara rutin setiap hari atau lakukan jadwal secara berkala untuk per pekan. Kamu bisa melakukan olahraga yang disukai, dari berjalan kaki/joging, lari, senam, sepeda, berenang, bermain bulu tangkis atau olahraga lainnya yang mengeluarkan keringat. Lakukan olahraga secara cukup dan rutin untuk tetap menjaga imun tubuh tetap sehat hal ini bisa mencegah virus Corona menyerang.

Hindari Stres

Fikiran yang stres disinyalir dapat menimbulkan imunitas tubuh menurun. Dengan penurunan imun maka virus Corona akan lebih mudah masuk dan berkembang didalam tubuh hingga mengalami gejala yang timbul. Untuk itu saat pandemi Covid-19 ini kita harus pentar-pintar untuk menghindarkan diri dari fikiran yang stres, berbagai macam cara dapat kita lakukan untuk menghidarinya salah satunya dengan berolahraga dan ber positif thingking terhadap hal negatif.

Jaga Kebersihan

Penyakit atau virus bisa datang dari hal yang bersifat kotor. Untuk itu perhatikan juga hal tentang kebersihan, baik kebersihan badan maupun kebersihan sekitar. Kebersihan badan dengan cara membersihkan badan/mandi secara rutin pagi dan sore dengan sabun antibakteri agar selalu bersih. Kebersihan sekitar rumah juga perlu kita perhatikan karena dapat menjadi awal datangnya penyakit. Bersihkan sampah didalam dan sekitar rumah secara rutin agar rumah bersih dan segar setiap hari.

Istirahat Teratur

Pekerjaan yang kita kerjakan setiap harinya juga harus diimbangi dengan waktu untuk istirahat yang cukup agar kondisi tubuh tetap terjaga dan bugar. Hindari bekerja secara berlebihan karena dapat menurunkan kondisi kesehatan apalagi tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup. Lakukan pola tidur yang cukup yaitu 6-8 setiap hari. Pola tidur dan istirahat yang kurang dapat menyebabkan imun tubuh menurun hal ini dapat menjadi awal terpaparnya Virus Corona.

Pola Makan Yang Bergizi

Seimbangkan antara kegiatan keseharian dari bekerja, olahraga dan lainnya dengan tetap mengkonsumsi makanan yang mengandung nilai Gizi yang tinggi. Hal ini tentu sangat baik untuk menjaga kesehatan agar tetap terjaga dan menciptakan imun tubuh yang baik. Konsumsi makanan yang mengandung nilai Gizi 4 sehat 5 sempurna setiap hari yang cukup agar jauh dari wabah Korona.

Minum Air Putih Hangat

Perbanyak minum air putih setiap hari dengan jumlah yang cukup. Terlebih air putih yang di minum adalah hangat maka akan melancarkan bakteri-bakteri yang menempel pada dinding-dinding tenggorakan yang kabarnya virus Corona akan masuk dan menempel lewat tubuh kita yang berlubang seperti mulut, hidung serta mata. Bakteri/Virus yang terbawa turun oleh air putih hangat kedalam perut akan mudah mati sehingga kita tidak mudah terpapar oleh wabah tersebut.

Jaga Protokol Kesehatan

Selalu ikuti dan lakukan petunjuk Protokol Kesehatan yang di himbau pemerintah untuk pencegahan menularan Virus Corona. Seperti:

  • Memakai Masker
  • Jaga Physical Distancing atau pembatasan kontak fisik secara langsung Social Distancing atau jaga jarak aman dengan orang disekitar
  • Perbanyak cuci tangan ketika akan dan setelah menyentuh benda
  • Gunakan Hand Sanitizer
  • Tidak menyentuh wajah dan memasukkan tangan kedalam mulut
  • Dan lain-lain yang disarankan oleh dinas kesehatan pemerintah.

Jaga selalu kesehatan karena kesehatan nomor satu dan mahal harganya. Lakukan protokol-protokol kesehatan yang dianjurkan agar kita terhindar dari wabah Corona saat ini. Semoga tips menjaga kesehatan dari wabah Corona ini bermanfaat.

One thought on “Tips Menjaga Kesehatan Untuk Mencegah Virus Corona (Covid-19)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *