Penyebab Gigi Berlubang

Kenali Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Pencegahannya Berikut Ini

Diposting pada

Gigi adalah alat yang sangat penting yang terdapat pada semua makhluk hidup yang ada di bumi, sehingga rawatlah organ tersebut dengan sebaik-baiknya agar selalu terjaga Kesehatan dan kebersihannya. Penyebab gigi berlubang salah satunya adalah kurang merawat dan memperhatikan kebersihan gigi karena Jika gigi kita bersih maka tidak akan mudah rusak dan berlubang, oleh karena itu gigi akan tetap kuat dan bekerja sesuai fungsinya yaitu untuk mengunyah makanan dengan baik.

Rawatlah Kesehatan gigi dari sejak kecil, karena gigi berlubang bisa menghampiri siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa. Jika sejak kecil kita sudah terbiasa merawat gigi dengan baik maka dipastikan gigi kita akan tetap sehat dan kuat.

Jika Anda adalah seorang orang tua yang memilik anak kecil maka mulai dari sekarang biasakan dengan selalu menyikat gigi minimal 2 kali sehari yaitu setiap pagi dan sore hari. Gunakan pasta gigi yang sehat dan baik yang memiliki ijin resmi dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Gunakan juga pasta gigi sesuai umur, jangan samakan pasta gigi untuk orang dewasa dengan anak, karena bisa merusak gigi anak-anak.

Untuk hasil yang lebih baik menurut PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) waktu yang paling tepat dalam menyikat gigi adalah pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Penyebab Gigi Berlubang

Gigi berlubang terjadi karena adanya bakteri atau kuman yang mengikis lapisan gigi secara terus menerus. Membersihkan gigi yang tidak bersih akan meninggalkan sisa makanan kemudian akan menimbulkan substansi lengket yang dinamakan plak. Plak tersebut menjadikan sarang bakteri yang kemudian menimbulkan asam yang dapat mengikis gigi hingga gigi berlubang. Dan jika dibiarkan secara terus menerus akan semakin buruk hingga gigi menjadi tanggal.

Umumnya gigi berlubang disebabkan oleh kegiatan buruk hingga makanan dan minuman yang dikonsumsinya setiap hari, beberapa hal diantaranya yaitu:

Terbiasa Minum dan Makan Makanan Manis

Anak kecil pasti suka dengan makanan manis seperti, coklat, es cream, kue, permen dan lain-lain, hal ini memiliki kecenderungan untuk menimbulkan zat asam pada gigi semakin tinggi yang dapat merusak Kesehatan gigi pada anak.

Minuman manis seperti kopi dan lainnya yang dikonsumsi oleh orang dewasa dapat dengan mudah menambah zat asam dalam mulut yang menempel pada gigi hal ini membuat gigi mudah berlubang.

Kurang Minum Air Putih

Mengkonsumsi air putih yang cukup dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut, karena jumlah air liur yang diproduksi pada mulut dipengaruhi dari jumlah air putih yang dikonsumsi. Air liur dapat membuat pertumbuhan bakteri didalam mulut dengan cara melawan asam yang terkandung dalam gigi.

Kebiasaan Minum Susu Dalam Botol Hingga Tertidur

Kebiasaan ini sering kali dilakukan oleh kebanyakan orang tua dirumah. Setiap akan tidur malan aktifitas yang dlakukan balita adalah minum susu dengan botol hingga tertidur. Kebiasaan ini adalah kurang baik karena gula yang terkandung dalam susu akan mengendap dalam gigi dan menimbulkan asam yang dapat merusak gigi menjadi berlubang.

Tidak Menyikat Gigi Secara Teratur dan Bersih

Penyebab Gigi Berlubang

Menyikat gigi tidak teratur dan tidak bersih dapat menimbulkan plak yang semakin tebal dan asam yang terkandung didalamnya akan semakin kuat dalam mengikis gigi hingga gigi menjadi cepat berlubang.

Kekurangan Fluoride

Fluoride adalah zat mineral alami yang dapat membantu mencegah gigi berlubang hingga membantu kerusakan gigi pada tahap awal pada anak-anak. Pada anak usia diatas 3 tahun sudah bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dengan jumlah yang cukup.   

Akibat Gigi Berlubang

Akibat yang dihasilkan dari gigi berlubang cukup merepotkan ini tergantung juga dengan seberapa besar lubang tersebut dan seberapa banyak gigi berlubang yang ada. Beberapa hal yang dirasakan saat Anda mengalami gigi berlubang:

  • Sakit gigi Ketika mengunyah makanan atau Ketika ada makanan yang tertinggal didalam lubang gigi.
  • Gagi menjadi sangat sensitive.
  • Sering merasakan nyeri gigi yang spontan tiba-tiba terasa padahal tanpa ada penyebab yang jelas.
  • Nyeri gigi saat makan atau minum sesuatu yang manis, panas dan dingin.

Hal ini sangat mengganggu sekali jika sudah terkena gigi berlubang.

Pencegahan Gigi Berlubang

Untuk mencegah terjadinya gigi berlubang adalah dengan:

  1. Membersihkan gigi minimal dua kali sehari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Lakukan secara teratur setiap hari. Bersihakan gigi minimal 2 menit hingga bersih dan tidak ada kotoran makan yang tersisa.
  2. Gunakan Pasta gigi yang mengandung Fluorida karena akan membantu pencegahan gigi berlubang dengan zat mineral alaminya.
  3. Gunakan sikat gigi dengan ukuran yang sesuai, jika untuk anak-anak gunakan sikat gigi yang kecil dan lembut, jika untuk orang dewasa gunakan yang Panjang.
  4. Gunakan pasta gigi yang cukup, jika untuk anak cukup sebesar jagung, jika untuk orang dewasa gunakan pasta sepanjang sikat gigi tersebut.
  5. Makan dan minum yang sehat. Makan buah-buahan dipercaya menghambat perkebangan bakteri pada gigi dan dapat mengangkat sisa-sisa makanan yang ada. Minum air putih yang cukup juga akan memproduksi air liur dengan jumlah yang cukup yang dapat melawan asam dan kuman yang ada mulut.

Itulah beberapa informasi mengenai kesehatan gigi dan penyebab gigi berlubang, semoga bermanfaat. Dan mulai sekarang rajinlah menyikat gigi secara teratur setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *