Banyak Sekali Manfaat Jeruk Nipis dan Jeruk Lemon untuk Kesehatan

EdiSutanto.com – Perlu diketahui bahwa obat obatan yang ada di Indonesia banyak sekali macamnya, tentunya kamu tau akan hal itu. Obat obatan ada yang berbentuk kapsul atau pun obat obatan tradisional seperti dari palawija. Tak jarang buah dan sayur pun juga memiliki manfaat sebagai obat alami.

Kali ini buah yang akan kita bahas yang bisa sebagai manfaat untuk kesehatan tubuh adalah buah yang mungkin kamu pernah merasakan nya dan rasanya sedikit asam. Taukah kamu apa buah itu? Nah buah itu adalah jeruk nipis dan lemon.

Manfaat Jeruk Nipis dan Lemon untuk Kesehatan

 

Jeruk Nipis

Pertama, kita bahas dulu mulai dari jeruk nipis. Siapa sih yang belum pernah melihat nya? Buah ini cukup mudah dijumpai dan dicari di pasar tradisional. Jeruk nipis ini ukurannya lebih kecil dari pada jeruk biasa.

Jeruk nipis mempunyai nama latin Citrus Aurantifolia. Buah jeruk ini tersebar luas di Amerika Tengah dan juga Asia terutama. Jeruk nipis ini dikenal juga sebagai jeruk pecel. Pohon jeruk nipis ini bisa tumbuh tinggi antara 2 – 5 meter. Ciri – ciri pohon jeruk nipis adalah memiliki duri yang cukup tajam, daunnya lonjong dan tangkai pada daun bersayap kecil. Daging buah berwarna putih kehijauan, banyak mengandung vitamin C dan asam sitrat. Rasanya sangat asam. Sementara itu kulit buah sangatlah tipis banyak mengandung minyak astiri.

Pohon jeruk nipis ini baik tumbuh di tanah alkali, tempat tempat yang terbuka yang langsung terkena sinar matahari. Di negara Indonesia sendiri biasanya tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1000 meter dari permukaan laut.

Adapun ciri – ciri dari buah jeruk nipis ini, yaitu antara lain :

  • Bentuk buah bulat dan lonjong
  • Pada bagian pucuk buah sedikit agak runcing
  • Buah jeruk nipis memiliki warna buah kehijauan dan kekuning kuningan.

Kulit pada buah jeruk ini lumayan tebal sehingga tidak bisa membukanya secara langsung, bisa menggunakan pisau atau alat lainnya. Selain kulitnya yang tebal, daging buah nya pun juga tebal dan di dalamnya tidak memiliki serabut. Yang pastinya sudah kamu ketahui rasanya sangatlah asam. Di dalam nya terdapat biji biji kecil yang berbentuk bulat oval.

Manfaat jeruk nipis ini banyak sekali. Selain mengandung vitamin C, jeruk nipis ini mengandung vitamin lainnya seperti B1, B2, B3, B5. Tak hanya itu jeruk nipis juga mengandung karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium dan lain lain.

Baca juga : Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh yang perlu diketahui

#1 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Bermanfaat untuk :

  • Meningkatkan Imunitas

Air perasan jeruk nipis ini mengandung antioksidan flavonoid. Sehingga jika kamu rajin atau rutin meminum nya, stamina tubuh kamu akan tetap bugar.

  • Dapat menyeimbangkan PH dalam tubuh

PH merupakan keseimbangan antara asam dan basa. Nah, dalam tubuh jika PH tidak seimbang maka kamu akan jatuh sakit. Mengkonsumsi jeruk nipis dapat menyeimbangkan PH dalam tubuh.

  • Manfaat Jeruk Nipis dapat Mencegah Penyakit Kanker

Jeruk nipis mengandung kandungan liminoid yang dapat menangkal radikal bebas sehingga dapat mencegah penyakit kanker.

  • Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Jeruk nipis mengandung kalium yang akan mengurangi tekanan darah kamu.

  • Mengobati Asam Urat

Meminum jeruk nipis setiap pagi dapat menurunkan tingkat asam urat dalam tubuh. Karena dalam jeruk nipis mengandung asam sitrat.

  • Menurunkan Kolesterol

Setiap pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur minumlah perasan jeruk nipis yang ditambah 1 gelas air hangat. Minum secara rutin.

  • Dapat Menurunkan Berat Badan

Jeruk nipis akan memperlancar metabolisme di dalam tubuh kamu dan juga dapat membakar lemak. Sehingga jeruk nipis juga bermanfaat untuk diet atau menurunkan berat badan.

  • Bermanfaat Untuk Menyehatkan Ginjal

Minum air perasan jeruk nipis secara rutin akan menyehatkan ginjal kamu dan juga bisa mencegah adanya batu ginjal.

  • Mengobati Sakit Gigi

Kuman – kuman penyebab sakit gigi ataupun gusi bengkak akan dibunuh oleh anti bakteri pada air jeruk nipis ini.

  • Mengobati Radang Tenggorokan

Jeruk nipis diperas dan ditambah dengan 1 sendok madu. Ini akan mengurangi radang pada tenggorokan kamu.

  • Menghilangkan Bau Pada Tubuh

Sama halnya ketika kamu memakai deodoran. Oleskan jeruk nipis setelah atau sehabis mandi.

  • Manfaat jeruk Nipis dapat Menghilangkan Jerawat Pada Wajah

Tambahkan perasan jeruk nipis dengan madu lalu oleskan pada wajah yang berjerawat secara rutin. Cara ini baik digunakan untuk menghilangkan terawat dan bekas nya.

  • Menebalkan Rambut dan Menghilangkan Ketombe Rambut

Vitamin C yang ada akan membuat rambut kamu menjadi lebih tebal dan menghindari terjadinya kerontokan yang menimbulkan kebotakan. Selain itu, juga bisa menghilangkan ketombe yang ada.

Baca juga : Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Pengobatan

#2 Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan

 

Jeruk Lemon

Kemudian ada lagi buah jeruk lainnya yang memiliki banyak manfaat di bidang kesehatan yaitu buah jeruk lemon. Kamu pasti tahu dong dengan buah yang satu ini. Buah ini sering dijadikan sebagai minuman untuk melepaskan dahaga.

Lemon ini mempunyai nama latin Citrus Limon yang termasuk dalam jenis Citrus. Lemon ini termasuk ke dalam golongan jeruk jeruk an. Diantara jeruk yang lain, lemon lah jeruk dengan ukuran paling kecil. Meskipun kecil tapi khasiatnya sangat besar ya.

Tumbuhan jeruk lemon berasal dari Asia lebih tepatnya di kaki bukit Himalaya, timur laut India. Namun seiring dengan perkembangan zaman, tumbuhan jeruk lemon menyebar di Benua Eropa, Benua Afrika, Timur Tengah, dan bahkan sampai ke Amerika.

Buah lemon memiliki banyak manfaat, diantaranya :

  • Dapat Melancarkan Pencernaan

Perasan air lemon ditambah air hangat akan melancarkan pencernaan dalam tubuh karena meningkatkan gerak peristaltik dan dapat melancarkan pencernaan dalam tubuh kamu.

  • Menjaga Kesehatan Mulut

Kamu bisa menggunakan air lemon untuk penyegar nafas dan kamu bisa menyampurkan dengan baking soda untuk pemutih gigi. Tetapi jangan sering menggunakannya karena malah dapat merusak gigi.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Minum air jeruk lemon secara rutin dapat menjaga daya tahan tubuh tetap fit. Vitamin C yang tinggi yang terdapat pada lemon membuat kekebalan tubuh terjaga.

  • Manfaat Jeruk Lemon untuk Detoksifikasi Hati

Meminum air jeruk lemon dapat memulai detoksifikasi tubuh dan juga dapat melancarkan pencernaan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

  • Mengobati Sakit Tenggorokan

Vitamin C pada lemon dapat melindungi tubuh kamu dari virus yang menyebabkan penyakit flu dan batuk juga lainnya. Selain itu minum jus lemon dapat mengurangi pembengkakan di tenggorokan kamu.

  • Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Asam sitrat yang ada di kandungan lemon bermanfaat untuk mencegah adanya batu ginjal dan dapat meningkatkan volume urine serta menambah PH urine.

  • Mencegah Penyakit Stroke

Menurut beberapa penelitian dari sejumlah ahli, buah jeruk lemon dapat mencegah penyakit stroke.

 

Baca juga : Manfaat Penting Cuka Apel untuk Kesehatan Kamu

 

  • Bermanfaat  Untuk Menyehatkan Jantung

Buah lemon sangat lah direkomendasikan agar kamu terhindar dari yang namanya penyakit jantung. Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan penyakit pada jantung. Kandungan serat lemon dapat menurunkan kolesterol yang ada, sehingga dapat terhindar dari penyakit jantung.

  • Menghilangkan Stress

Minyak essensial pada lemon dipercaya dapat meningkatkan mood dalam tubuh kamu.

  • Menurunkan Berat Badan

Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan kamu. Meminum jus lemon secara rutin setiap hari dapat menurunkan berat badan, dan ini sangat cocok untuk kamu wanita atau pria yang ingin deit alami.

  • Manfaat Jeruk Lemon untuk Menghilangkan Keriput di Wajah

Lemon mempunyai kandungan minyak yang dapat merusak permukaan kulit. Vitamin C yang ada pada buah lemon ini dapat mendorong produktivitas kolagen untuk meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, jeruk lemon dipercaya dapat mengencangkan pori – pori serta mencegah munculnya pori – pori yang baru.

  • Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah

Lemon juga sangat terkenal mampu menghilangkan bekas – bekas jerawat di wajah kamu.

  • Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin C dan kesegaran yang terdapat pada buah lemon dapat membuat kulit kamu menjadi cerah terhindar dari kulit kusam dan pecah – pecah.

  • Menghilangkan Komedo

Jeruk lemon juga dapat menghilangkan atau mengurangi komedo yang suka nampak pada kulit wajah. Dengan mengkonsumsi air jeruk lemon secara rutin dapat membersihkan minyak di wajah dan wajah bersih berseri – seri, terhindar dari adanya komedo.

Itu dia manfaat yang ada pada Jeruk Nipis dan Jeruk Lemon, banyak juga manfaat nya ya, dan kamu bisa praktikan untuk kesehatan tubuh kamu. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan