Daun sirih

10+ Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan yang Harus Kamu Tahu

Diposting pada

EdiSutanto.com – Daun Sirih adalah daun yang bermanfaat untuk menginang seseorang pada zaman dulu, memang dulu daun sirih digunakan untuk menginang orang tua dengan manfaat agar dapat membersihkan gigi, dan memang sebagai kebiasaan orang zaman dulu.

Tetapi, selain digunakan untuk menginang, banyak sekali manfaat dari daun sirih ini yang tidak bisa dianggap remeh. Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang manfaatnya, mari kita review dulu tentang tumbuhan rambat yang satu ini.

Daun sirih

Daun sirih memiliki nama latin Piper betle. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan asli Indonesia. Tumbuhan ini tumbuh dengan cara merambat pada batang pohon tumbuhan lain. Pada zaman dulu, sirih memang digunakan untuk menginang dan dicampur dengan gambir, pinang, kapur dan tembakau. Akan tetapi taukah kamu? Menginang konon telah dikaitkan dengan kanker mulut dan perusakan pada gigi.

Selepas akan hal itu, sirih merupakan tumbuhan khas dari Kepulauan Riau. Di sana sangat menjunjung tinggi budaya mereka yaitu budaya upacara makam, daun sirih misalnya untuk upacara penyambutan tamu.

Walaupun aslinya dari Kepulauan Riau, daun sirih sangat mudah dijumpai di seluruh Indonesia. Tumbuhan ini tumbuh dan berkembang dengan mudah. Tak jarang, orang – orang menggunakannya sebagai obat atau sekedar tanaman hias.

Tumbuhan sirih ini bisa tumbuh merambat dengan tinggi sekitar 15 meter. Batang pada tumbuhan ini berwarna coklat, beruas, berbentuk bulat dan sebagai tempat keluarnya akar. Daun tunggal berbentuk seperti jantung, ujung daun runcing, dan akan mengeluarkan bau yang kas dan harum menyengat saat daun diremas. Panjang pohon daun sirih bisa mencapai 5 – 8 meter dengan lebar mengembang pohon sampai 1 – 2 meter persegi.

 

# Jenis – Jenis Daun Sirih Untuk Kesehatan

 

Ada beberapa jenis tumbuhan daun sirih. Apa saja jenis nya? Oke langsung cek aja.

  • Daun sirih hitam

Sesuai dengan namanya, daunnya lebih hitam atau gelap ketimbang daun sirih yang lainnya. Tumbuhan ini terbilang langka dan memiliki khasiat lebih mujarab ketimbang jenis yang lainnya.

  • Daun sirih bulu

Daun sirih ini memiliki ukuran daun lebih kecil ketimbang sirih pada umunya. Pada bagian daun dan batang memiliki bulu bulu halus. Oleh karena itu dinamakan daun sirih bulu.

  • Daun sirih kuning

Daun sirih ini memiliki warna sesuai dengan namanya yaitu kuning. Nama lain nya yaitu sirih gading. Biasanya sirih ini digunakan untuk menyumbat mimisan.

  • Daun sirih silver

Warna daun silver nan indah membuat tanaman ini lebih disukai sebagai tanaman hias.

  • Daun sirih putih

Warna daun putih dan diselingi dengan warna hijau tua. Biasa digunakan untuk mengobati keputihan pada wanita.

  • Daun sirih merah

Daun sirih merah

Daun sirih merah ini memiliki ciri khas sendiri. Tanaman asli Indonesia lebih tepatnya dari daerah Sulawesi.

  • Daun sirih cina

Dengan nama latin Peperomia Pellucida, jenis daun sirih cina atau suka disebut daun ketumpang air dapat mudah tumbuh diberbagai tempat, sering juga tumbuh di sekitar rumah, pekarangan yang lembab, sekitar lubang sumur dan sawah. Terkadang jenis daun sirih cina ini suka dianggap remeh dan tanaman penggangu saja, padahal banyak manfaat daun sirih cina ini untuk kesehatan, seperti mengobati bisul, jerawat, radang kulit, bengkak, dan lainnya.

Daun sirih walaupun memiliki banyak jenis nya, namun rata – rata sirih pada umum nya memiliki ciri – ciri daun berbentuk oval dan hati, pohon memanjang sekitar 10 -15 meter.
Tumbuhan sirih ini sangatlah mudah dalam penanaman dan perkembangan biakan nya. Tak heran jika di Indonesia banyak tersebar pohon atau tanaman daun sirih ini. Kamu juga bisa menanamnya dirumah.

Baca juga : Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

 

# Cara Menanam Daun Sirih Untuk Kesehatan

Menanam daun sirih

Taukah kamu cara menanam daun sirih? Sangat mudah ko, bagi kamu yang belum tau, yuk langsung cek aja. Ada 3 cara atau metode menanam pohon daun sirih :

1. Penanaman Daun Sirih dengan menggunakan cara teknik Stek

Penanaman dengan metode ini adalah yang paling mudah. Dengan menggunakan media tanam yaitu polybag. Taukan seperti apa polybag itu? Nah begini caranya.

Pertama, campurlah komposisi ini : tanah, pupuk kompos, dan pasir dengan perbandingan 3:3:1. Campur dan masukan dalam polybag. Jangan lupa untuk melubangi polybag bagian bawah tersebut agar sirkulasi air bagus dan air tidak menggenang di dalamnya. Setelah itu, dengan menggunakan teknik stek, carilah batang daun sirih yang sudah tua. Rendam ke dalam baskom berisikan air hangat selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah, langsung saja tancapkan ke polybag tadi.

Siram lah bakal tanaman itu secara rutin pagi dan sore hari. Letakan bibit tanaman daun sirih tersebut di ruang yang teduh, jika sudah tumbuh panjang baru bisa dikeluarkan ketempat yang lebih luas.

2. Penanaman Daun Sirih dengan menggunakan cara teknik Merunduk

Teknik merunduk ini pas jika digunakan untuk penanaman daun sirih. Kenapa? Karena meskipun tanaman ini tumbuh meninggi, cabang dari pohon sirih ini malah merambat ke pohon lain atau sering disebut sulur / menjulur.

Penanaman dengan teknik merunduk ini biasanya di pakai untuk penanaman daun sirih merah dan juga daun sirih hitam. Pilih batang sulur yang panjang, atur lah sedemikian rupa agar sulur tersebut dapat tumbuh merambat ke arah media tanam seperti pada teknik stek tadi. Dengan penyiraman secara rutin, sulur yang tumbuh dan menempel pada bahan komposisi campuran seperti yang ada pada teknik stek itu sehingga akan mengeluarkan akar tanaman yang membuatnya tumbuh.

Jika sudah mengeluarkan banyak akar, potonglah batang sulur yang telah ditumbuhi akar tersebut. Kemudian pindahkan ke dalam media lain seperti polybag atau pun pot bunga. Jangan lupa untuk menyiram nya secara rutin.

3. Penanaman Daun Sirih dengan menggunakan cara teknik Stek Air

Nah, cara yang terakhir ini adalah dengan teknik stek air. Dengan menggunakan media air agar akar tanaman bisa tumbuh sebelum melakukan penanaman.

Pertama yaitu potonglah batang sulur yang sudah tua. Kemudian rendam dalam air dan letakan pada tempat yang lembab. Ingat, daun sirih jangan sampai terendam, cukup batang nya saja. Tunggu selama beberapa hari kurang lebih seminggu. Kemudian setelah muncul akar tanaman, letakan ke dalam media seperti yang ada pada teknik sebelumnya, yaitu polybag atau pot bung. Siram rutin sehari dua kali pagi dan sore hari.

Tanaman daun sirih ini termasuk tanaman yang banyak membutuhkan air. Oleh karena itu kamu harus rutin untuk menyiramnya selama dua kali dalam sehari agar kebutuhan air dalam tanaman tercukupi. Barulah ketika sudah tumbuh dewasa dan akar nya sudah cukup mampu dalam mencari pasokan air, barulah penyiraman dikurangi menjadi sehari atau dua hari sekali.

Mudah bukan cara penanaman pohon daun sirih tesebut.

Baca juga : Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

 

# Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan yang Harus Kamu Tahu

Daun sirih untuk mata merah
source gambar: shutterstock.com

Manfaat kamu menanam daun sirih karena banyak khasiat yang terdapat pada tanaman daun sirih ini, seperti yang sudah disampaikan pada bagian awal tadi, berikut ini manfaat daun sirih :

1. Mempercepat penyembuhan luka pada tubuh

Daun sirih mengandung banyak kandungan antioksidan yang dapat membantu dalam penyembuhan luka. Caranya, tumbuk / haluskan daun sirih sampai lembut, kemudian oleskan pada luka secara merata, maka luka tersebut akan kereing dan sembuh kurang lebih 1 hingga 2 hari.

2. Membantu melancarkan proses pencernaan

Manfaat lainya daun sirih yaitu untuk melancarkan sistem pencernaan. Dengan meminum rebusan air dari daun sirih, perut akan lebih efektif untuk menyerap mineral dan nutrisi – nutrisi dalam makanan.

3. Manfaat daun sirih selanjutnya untuk mencegah karies gigi

Menurut para ahli, kebiasaan menginang orang tua zaman dulu dipercaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab karies pada gigi.

4. Mengatasi sakit pada tenggorokan

Kandungan antioksidan di daun sirih dapat mengatasi demam dan juga sakit pada tenggorokanmu.

5. Menurunkan berat badan

Dengan minum air rebusan daun sirih secara rutin dapat dipercaya untuk menurunkan berat badan.

6. Mengobati rasa nyeri, pegal dan menyegarkan badan

Cara penggunaannya juga sama dengan poin 5 yaitu merebus daun sirih kemudian meminumnya karena terbukti dapat menyegarkan tubuh dan badan yang pegal – pegal setelah aktiftas yang padat.

7. Menurunkan stress dan depresi

Kesegaran dan aroma yang dimilik dari air rebusan daun sirih membuat rasa stres dan depresi akibat suntuknya kehidupan berkurang.

Baca juga : Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan yang harus Kamu tahu

8. Menghambat dan menyembuhkan mimisan

Apakah kamu pernah merasakan mimisan? mimisan adalah keluarnya darah dari lubang hidung, yang bisa disebabkan karena kecapean, stres, depresi atau juga kebiasaan / bawaan lahir. Dengan menggulung kecil daun sirih sampai cukup dimasukkan kedalam lubang hidung kemudian diamkan sejenak sampai darah berhenti mengalir.

9. Daun sirih dapat juga untuk mengobati batuk

Rebusan air daun sirih juga dapat untuk mengobati kamu yang lagi terkena batuk, minum air daun sirih 3 kali sehari saat kamu sedang batuk maka batuk kamu akan cepat sembuh.

10. Untuk Antiseptik

Kandungan zat dalam daun sirih selain dapat menyembuhkan luka juga dapat untuk obat Antiseptik, sehingga sangat cocok untuk obat luka. Caranya tumbuk dan haluskan daun sirih kemudian tempelkan pada luka tersebut.

11. Manfaat daun sirih untuk mengobati sakit mata

Jika kamu mengalami sakit pada mata, baik itu gara – gara kotoran, selaput menempel dan juga sakit mata karena virus, kamu bisa gunakan air daun sirih untuk mengobatinya.

Caranya:

  • Siapkan 3 lembar daun sirih
  • Air hangat yang ditempatkan pada piring / mangkok

Sobek – sobek menjadi bagian kecil daun sirih kemudian masukkan kedalam wadah yang tedapat air hangat. Tunggu sampai air menjadi kecoklat – coklatan karena tercampuran zat daun sirih dengan air, kemuidan air tersebut bisa kamu gunakan untuk merambang / membersihkan mata kamu dengan cara dimasukkan muka / mata dan kedipkan beberapa kali ke dalam air tersebut. Lakukan 3 kali dalam sehari,  rasakan bedanya setelah kamu bangun dari tidur malam, karena biasanya kotoran yang ada pada mata akan keluar setelah kamu bangun tidur, dan mata akan terasa ringan dan sembuh dari sakit mata.

Semoga beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan ini cukup menambah wawasan untuk kamu, terima kasih sudah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *