Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan dan Wajah Bersih Dari Jerawat

EdiSutanto.com – Awal mulanya, cuka apel ini hanya dikonsumsi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada dalam darah dan sangat mengganggu. Namun makin lama dan semakin kemari, manfaat cuka apel ini bisa kita dapat untuk memperkuat gigi, mencegah rontoknya rambut, serta manfaat kecantikan seperti salah satunya untuk menghilangkan jerawat.

Terlebih lagi, cuka apel sendiri adalah hasil alam original. Entah bagaimanapun, berbagai produk yang kita aplikasikan ke bagian tubuh, wajah, serta yang kita konsumsi, adalah produk yang sedikit banyak mengandung bahan kimia. Oleh karena itu manfaat cuka apel ini bisa kita dapat tanpa ada kekhawatiran efek samping tertentu yang menghambat kita semua.

Cuka sari apel atau bahasa lainnya (apple cider vinegar) adalah salah dari satu bahan alami yang sedang naik daun beberapa waktu belakangan ini di Indonesia. Alasan utamanya kenapa cuka sari apel cukup sering dimanfaatkan adalah karena fungsinya. Dahulu cuka apel hanya digunakan sebagai obat dari sakit tenggorokan saja, akan tetapi seiring dengan perkembangan jaman fungsi nya ternyata juga banyak.

Dari banyaknya penelitian mengenai cuka apel ini ternyata banyak juga varian yang membedakan bahan yang satu ini, diketahui bahwa bahan alam ini memiliki bermacam-macam kegunaan mulai dari segi kecantikan, kesehatan, kebersihan, dan masih banyak yang lainnya. Nahh pada kali ini saya akan membahas sedikit tentang manfaat dari cuka apel.

Manfaat Cuka Apel

Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan dan Wajah Bersih

Mengenal Cuka Sari Apel

Cuka sari apel sebenarnya dibuat dari jus (air) apel. Hanya saja, air apel ini mendapatkan tambahan ragi yang kemudian akan mengubah kandungan gulanya menjadi alkohol atau melalui (proses fermentasi). Dalam prosesnya, bakteri akan mengubah alkohol menjadi zat asam asetat. Nahh itulah sebabnya mengapa cuka ini rasanya sangat asam dan baunya juga lumayan menyengat.

8 Manfaat Cuka Apel

1. Untuk Mencegah Jerawat

Perawatan wajah dengan cuka apel ini bisa untuk membantu mengatasi dan mengobati jerawat. Karena, cuka yang terbuat dari buah apel ini memiliki salah satu sifat yaitu anti-bakteri dan antiseptik yang ampuh untuk membersihkan bagian wajah agar bebas dari bakteri penyebab jerawat. Tidak hanya tentang itu, pori-pori kamu akan jadi lebih bersih dari partikel debu dan minyak apabila dibersihkan dengan menggunakan cuka apel ini. Kegunaan lainnya adalah untuk menyeimbangkan PH kulitmu sehingga jerawat tidak akan kembali lagi menempel pada wajah.

Baca juga : 18 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secar Alami

2. Bisa dimanfaatkan sebagai toner bagian wajah

Manfaat dari cuka sari apel untuk kecantikan yang petama adalah dapat digunakan sebagai toner. Jika kamu memiliki kulit yang berminyak, kamu bisa memanfaatkan bahan alami yang satu ini untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah Kamu, juga memperkecil pori-pori, sekaligus memperlancar aliran darah. Berbagai manfaat tersebut tidak lepas dari adanya kandungan yang baik bagi tubuh manusia.

3. Dapat membersihkan kuku yang berwarna kuning

Ada banyak sekali bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk memutihkan kuku kita, mulai dari kapur, belimbing wuluh, dan buah belimbing. Selain hal tersebut cuka sari apel juga bisa untuk membersihkan kuku. Khusus untuk cuka apel, bahan alami ini sangat terkenal ampuh dalam mengatasi noda-noda atau warna kekuningan pada kuku, coba saja. Baik itu yang diakibatkan oleh bahan kimia, pewarna, atau karena sering merokok, infeksi jamur, atau gaya hidup yang buruk dibandingkan dengan kehidupan normal.

Alasan mengapa cuka ini menjadi sangat baik dan juga efektif untuk mengatasi berbagai masalah kuku adalah karena kandungan asam malat serta asam asetat yang terdapat di dalamnya. Selain efektif untuk membersihkan kuku, cuka ini juga ampuh digunakan untuk mengobati infeksi pada kuku kamu.

4. Cuka Apel bermanfaat untuk membersihkan ketombe

Ketombe adalah salah satu masalah pada kulit kepala yang memang sulit untuk di atasi. Sehingga kita semua tidak heran apabila banyak produsen shampo yang berusaha untuk menciptakan shampo anti ketombe untuk membantu kita mengatasi hal tersebut. Tapi tetap saja, ketombe akan sulit untuk dibersihkan jika tidak ditangani dengan rutin dan khusus.

Apa sih sebenarnya penyebab ketombe tiba-tiba muncul di kulit kepala? Penyebab utama nya ketombe adalah kulit kepala yang berminyak dan serpihan-serpihan sel kulit yang mati. Akibat ketombe, kulit kepala akan sering terasa gatal, kulit kepala akan jadi bersisik, dan serpihan-serpihannya seringkali jatuh di pakaian baju kamu. Untungnya, masih ada bahan alami lainnya yang bisa kita gunakan untuk mengatasi ketombe. Salah satunya adalah cuka sari apel yang memiliki sifat anti terhadap jamur. Selain bisa membantu mengatasi ketombe, sebenarnya cuka sari apel ini juga sangat bermanfaat untuk mengembalikan keseimbangan PH kulit kepala kita dan membersihkan bagian pori-pori serta folikel rambut yang tersumbat.

Tips dan Trik : Segudang Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

5. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Khasiat cuka sari apel untuk kesehatan kamu salah satunya adalah untuk mengatasi sakit tenggorokan atau radang tenggorokan. Cuka ini bisa membantu kamu dalam mencegah infeksi sekaligus menyembuhkan sakit tenggorokan dengan cepat dan manjur. Karena sebagian besar kuman tidak bisa hidup di lingkungan yang mengandung asam.

6. Dapat Dimanfaatkan Untuk Menurunkan Berat badan (BB)

Banyak ahli kesehatan sudah meyakini bahwa cuka sari apel bermanfaat untuk menurunkan bobot tubuh atau berat badan. Cara untuk menurunkan berat badan dengan menggunakan cuka sari apel adalah dengan mengkonsumsi 2 sendok makan per hari selama kurang lebih selama kurun waktu 12 minggu. Tujuannya adalah untuk menurunkan berat badan hingga kurang lebih 1,8 kg. Khasiat cuka apel tersebut bisa kamu dapatkan tanpa perlu dengan adanya modifikasi gaya hidup atau diet harian.

Menurut penelitian, cuka alami dapat meningkatkan rasa kenyang, membantu mengurangi asupan makanan sehingga menyebabkan berat badan kemudian menurun. Bahkan, dalam studi lain dapat ditemukan bahwa, cuka apel ini juga bisa membantu menurunkan asupan kalori hingga 275 kalori per hari. Wow lumayan membantu diet bukan ??.

7. Dapat mengatasi Bau Mulut yang kurang sedap

Cuka dari sari apel ini akan dapat digunakan untuk meredakan bau mulut. Caranya cukup mudah, campurkan 15 ml cuka apel dalam satu cangkir air kemudian berkumur selama sepuluh detik, maka setelahnya bau mulut akan hilang.

8. Menghilangkan Bau Badan

Untuk menghilangkan bau badan biasanya dengan menggunakan deodoran, akan tetapi perlu kamu ketahui bahwa cuka apel bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan. Caranya, kamu cukup bersihkan ketiak mu dengan bola kapas yang sudah dicelupkan ke dalam cuka apel dan lakukan setiap pagi.

Untuk bau kaki, penggunaan setengah cangkir cuka apel dan juga campurkan dalam wadah air hangat dan rendam kaki selama sekitar 15 menit dengan estimasi waktu seminggu sekali.

Untuk kisaran harga dari Cuka Apel

  • Bragg Apple Cider Vinegar | 60 ml | harga Rp. 27.500
  • Bragg Apple Cider Vinegar | 100 ml | harga Rp. 45.000
  • Bragg Apple Cider Vinegar | 473 ml | harga Rp. 135.000
  • Bragg Apple Cider Vinegar | 946 ml | harga Rp. 210.000

Sekian dari saya semoga manfaat cuka apel untuk kesehatan dan wajah ini bermanfaat, sebarkan jika informasinya baik dan positif, terimakasih.

Tinggalkan Balasan