Segudang Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

EdiSutanto.com – Buah Naga merupakan salah satu buah tropis, buah yang mempunyai bentuk yang unik dan mempunyai dua varian warna yaitu buah naga yang berwarna putih dan berwarna merah pada daging buahnya. Buah naga mempunyai nama berbeda disetiap Negara, seperti Inggris buah naga disebut Pitaya, di China disebut Thang loy dan di Indonesia disebut buah Naga. Buah ini termasuk jenis kaktuk bermarga hylocerus dan selenicereus, buah naga berasal dari Meksiko, Amerika selatan dan tengah dan banyak dibudidayakan di Negara Asia seperti China, Vietnam, Malaysia, Indonesia dan Philiphina.

Banyak manfaat buah naga yang terkandung didalamnya seperti sebagai obat dan bisa membantu mencegah dan menyembuhkan beberapa penyakit dan untuk mencegah beberapa penyakit karena kaya akan kandugan vitamin C, A, B1, B2, B3 dan E, zat besi, omega 3 dan omega 6, karoten, serat dan karbohidrat, buah naga juga kaya akan antioksidan yang berguna untuk detoksifikasi tubuh dengan cara membuang racun-racun dari tubuh, mencegah pertumbuhan sel kanker, dan mencegah penuaan, buah ini juga di sarankan untuk kamu yang sedang menjalani program diet karena mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi.

Buah Naga
Buah Naga Merah

Kandungan dan Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengandung serat

Buah naga kaya serat dan bermanfaat untuk memperlancar pencernaan, mencegah sembelit, mengendalikan glukosa dalam darah, mengatasi diabetes, membuang racun dalam tubuh kamu dan bagus untuk kamu yang sedang menjalankan program diet. Buah naga mengandung oligosakarida yang berfungsi meningkatkan pertumbuhan bakteri baik didalam usus seperti bakteri bifidobacteria dan lactobacilli.

Tubuh kita membutuhkan makanan yang memiliki serat yang tinggi supaya pencernaan kita bekerja lebih optimal. Dalam 100 gram buah naga mengandung 3 gram serat. Buah naga mengandung vitamin B1 yang dapat merangsang fungsi usus besar untuk mengeluarkan limbah sisa metabolism dan juga dapat mengobati iritasi pada usus besar.

2. Mengandung zat besi

Buah naga mengandung zat besi yang bagus untuk meningkatkan hemogoblin untuk mencegah dan mengobati anemia, bagus untuk oksigenasi dan mengangkut electron dalam proses pembentukan energy dalam sel, membantu pembentukan sel darah karena dalam 100 gram buah naga mengandung 0,55 zat besi. Buah naga juga bagus untuk ibu hamil, dengan kaya akan kandungan zat besinya ibu hamil akan terhindar dari anemia dan kebutuhan nutrisi dan oksigen untuk janin tercukupi.

3. Anti oksidan

Anti oksidan berguna untuk melawan radikal bebas dari tubuh, mencegah tumbuhnya sel-sel kanker, menguatkan system kekebalan tubuh dan mengendalikan kadar kolesterol. Buah naga mengandung antioksidan yang dapat membuat kulit kamu sehat dan menunda penuaan karena melawan dan memberantas radikal bebas, dan buah naga juga bisa untuk menghilangkan jerawat. Buah naga juga bagus untuk ibu hamil, antioksidannya dapat membantu perkembangan otak janin.

4. Memberi manfaat energy

Sumber energy manusia adalah karbohidrat buah naga juga mengandung karbohidrat, 100 gr buah naga mengandung 9 -14 gr karbohidrat. Bagi ibu hamil setidaknya membutuhkan 134 gr karbohidrat sehari untuk membantu pertumbuhan janin. Buah naga juga bermanfaat untuk bayi dengan cara dikonsumsi untuk ibu yang sedang menyusui.

5. Mengandung vitamin C

Buah Naga Putih dan Merah
Pixabay

Dengan kandungan vitamin E dan C, buah naga dapat melindungi kulit kamu dari sinar UV dan meredakan inflamasi. Buah naga juga kaya akan kandungan vitamin C yang terkandung di buah naga dapat membuat kulitmu tampak lebih segar. Buah naga memiliki kandungan air 90% yang dapat melembabkan kulit kamu sehingga bagus untuk kecantikan kulit. Dan buah naga juga dapat menghilangkan jerawat, dengan cara haluskan (¼) satu per empat buah naga dan oleskan kewajah kamu dengan rata tunggu hinggga 20 menit lalu bilas, kamu juga dapat menambahkan 1 sendok madu dan air mentimun. Masker ini juga dapat melindungi wajah kamu dari sengatan matahari.

Tips dan Trik : 9 Cara Menghilangkan Komedo Alami, Aman dan Ampuh

6. Bermanfaat untuk kesehatan jantung

Biji buah naga mengandung lemak omega 3 dan omega 6 yang mempunyai khasiat untuk meringankan gangguan kardiovaskular. Buah ini dapat menurunkan kadar kolesterol karena dapat mengaktifkan HDL yang dapat menurunkan kadar LDL dengan mengurangi reseptor yang ada didinding arteri. Buah naga dapat menurunkan seseorang yang mempunyai tinggi oksidasi, salah satu penyebab utama penyakit jantung. Buah naga juga mengandung vitamin C, B1, B2, dan B3 yang baik untuk kesehatan jantung kamu. Buah naga juga mengandung phytocemical captin yang baik untuk kesehata jantung.

7. Membantu meringankan asma dan batuk

Bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit asma atau batuk dianjurkan memakan buah naga karena kandungan omega 3 dan omega 6 yang dapat melancarkan respirasi, maka akan sedikit mengobati.

Buah naga juga mengandung B3 yang mampu meredakan asma. Dan untuk kamu yang memiliki riwayat asma sangat dianjurkan untuk mengomsumsi buah naga. Sedikit penjelasan tetang asma, asma disebabkan penyempitan salur pernafasan. Biasanya penderita asma akan merasakan sesak nafas atau susah bernafas. Buah naga sangat dianjurkan untuk dikosumsi bagi penderita asma supaya asma tidak mudah kambuh.

8. Khasiat buah naga bagus untuk tulang

Kalsium yang terdapat didalam buah naga tidak terlalu banyak seperti susu namun buah naga mengandung zat besi yang sangat berguna untuk pembentukan tulang. Buah naga juga bermanfaat untuk ibu hamil karena bagus untuk pertumbuhan tulang janin. Dan sangat disarankan untuk kamu yang mulai menginjak usia senja mengosumsi buah naga untuk menjaga tulang kamu dari osteoporosis atau kerapuhan tulang.

9. Bermanfaat untuk kesehatan mata

Apaakah kamu memiliki masalah dengan penglihatan? Atau kamu ingin menjaga kesehatan mata? sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin A. banyak sekali buah buahan dan sayur sayuran yang mengandung vitamin A. Salah satunya adalah buah naga yang mengandung vitamin A yang bermanfaat menjaga kesehatan mata kamu. Tidak hanya vitamin A buah naga juga mengandung karoten yang bermanfaaat untuk kesehatan mata kamu.

10. Menurunkan berat badan

Kamu mempunyai masalah dengan berat badan? Atau sedang menjalani program diet? Untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan atau diet disarankan melakukan olahraga rutin dan makan makanan yang mengandung serat yang tinggi. Buah naga memiliki serat yang tinggi namun rendah kalori sangat bagus untuk kamu yang sedang diet.

Tentunya kamu tidak hanya mengkonsumsi buah naga saja untuk program diet, disarankan juga mengosumsi kacang kacangan, buah buahan dan sayuran yang lain dan tidak sarankan mengkonsumsi junk food dan makanan cepat saji.

11. Buah naga berkhasiat mencegah diabetes

Buah naga dapat mencegah dan mengobati diabetes karena mengandung serat yang tinggi yang tidak hanya berfungsi untuk pencernaan saja tetapi juga bermanfat untuk mengatur gula darah kamu. Dokter sangat menyarankan untuk mengkonsumsi buah naga bagi penderita diabetes. Walaupun rasa buah ini manis, tetapi glukosa alami yang terdapat dibuah naga tidak akan membuat gula darah kamu naik. Jumlah kalori yang rendah juga sangat baik untuk kamu penderita diabetes.

Sekian artikel tentang Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan, semoga berguna dan bermanfaat bagi kita semua. Kamu mau bertanya? isi saja dikolom komentar.

Tinggalkan Balasan