cara menghilangkan komedo secara alami

9 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami, Aman dan Ampuh

Diposting pada

EdiSutanto.com – Penampilan merupakan hal yang paling diperhatikan oleh setiap orang. Memiliki penampilan yang menarik merupakan impian dari setiap insan manusia. Oleh karena itu banyak cara mereka tempuh untuk mendapatkan penampilan yang mampu memikat banyak orang, terutama kepada lawan jenis. Sampai banyak juga yang mengeluarkan budget banyak hanya untuk menjaga penampilan mereka agar selalu Nampak cantik dan tampan. Dengan penampilan yang demikian membuat banyak orang lebih merasa percaya diri.

Fokus utama dalam menjaga penampilan adalah pada bagian wajah. Wajah merupakan hal pertama yang akan di lihat orang lain ketika mereka saling bertemu. Dan kebanyakan orang akan menilai individu lain pertama kali adalah dengan melihat wajahnya. Oleh sebab itu sangatlah penting bagi kita untuk selalu menjaga penampilan terutama wajah.

Salah satu masalah utama dalam menjaga penampilan wajah supaya tampil menawan adalah komedo, terutama pada hidung kita. Komedo merupakan benjolan yang timbul dipermukaan kulit manusia. Benjolan tersebut diakibatkan oleh sel kulit mati yang tersumbat dan minyak yang terkumpul di ujung luar folikel rambut.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami, Aman dan Ampuh

 

cara menghilangkan komedo secara alami

Komedo merupakan jerawat ringan yang dapat diklasifikasikan, ada dua jenis komedo yang paling populer, yaitu komedo terbuka (blackhead) dan komedo tertutup (whitehead).

Komedo Blackhead merupakan komedo yang berwarna hitam atau coklat, komedo berwarna coklat atau hitam karena terpapar udara secara langsung, dan komedo inilah yang danggap paling mengganggu karena dapat dilihat dengan mata. Sedangkan untuk Komedo Whitehead merupakan komedo yang berwarna putih. Komedo tidak hanya dapat ditemui diwajah saja, namun juga bisa di jumpai di bahu, punggung, maupun lengan.

Ada banyak faktor yang menyebabkan munculnya komedo, antara lain adalah karena penggunaan kosmetik atau produk kecantikan yang mengandung bahan kimia, produksi minyak pada wajah yang berlebihan, kulit wajah yang terlalu kering, sel-sel kulit mati yang tertimbun di permukaan kulit, berkembangnya bakteri propionibacterium acnes dipermukaan kulit yang tak terkendali.

Banyak diantara kita yang terlanjur gemas dengan komedo di hidung, sehingga sering dari kita memencet ataupun menggosok-gosok area yang ada komedonya. Namun perlu kalian ketahui, menggosok atau memencet komedo sangatlah tidak dianjurkan, karena dapat mengakibatkan kulit terluka atau tergores, dan bisa juga mengakibatkan kulit mengalami iritasi. Apalagi jika menggosoknya dengan tangan kotor dapat mengakibatkan peradangan pada kulit wajah.

Baca juga : 18 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami

Kalian mungkin bertanya-tanya bisa nggak sih komedo dihilangkan? Ada nggak sih cara aman menghilangkan komedo secara alami? Diartikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menghilangkan komedo dengan cara alami dan pastinya aman untuk diikuti. Langsung saja ke cara yang pertama:

1. Pasta Gigi

Cara yang pertama adalah menggunakan pasta gigi, kamu dapat menggunakan pasta gigi apa saja yang ada dirumah ataupun yang sering digunakan. Pasta gigi mengandung fluoride yang sangat ampuh dalam menghilangkan komedo yang ada diwajah, terutama di bagian hidung. Namun sebagai saran saja, gunakanlah pasta gigi yang mengandung mint agar memberikan sensasi segar pada wajah ketika kalian menggunakannya. Dan pastikan pasta gigi yang digunakan tidak mengandung bahan kimia, tapi gunakanlah pasta gigi herbal.

Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi sangatlah simpel dan mudah. Tak ada metode khusus untuk menghilangkan komedo menggunakan pasta gigi. Kalian hanya perlu mengoleskan pasta gigi ke muka. Namun perlu diingat bahwa wajah kalian harus bersih terlebih dahulu. Oleskan pada bagian hidung dan pijit- pijit secara perlahan. Setelah itu diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas menggunakan air bersih. Kalian dapat melakukan cara tersebut 2 kali seminggu utuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Air Hangat

Cara yang kedua yaitu menggunakan air hangat, ya cara yang sangat simpel namun sangat ampuh dalam menghilangkan komedo pada wajah. Uap pada air hangat mampu membuka pori pori kulit wajah kita sehingga mampu mengeluarkan komedo dan sel kulit mati yang ada. Sebelum menggunakan uap air hangatnya, alangkah lebih bagus kalau menggunakan plester terlebih dahulu agar komedo dan sel kulit mati dapat diangkat dengan cepat dan menyeluruh.

3. Kopi dan Gula

Cara yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan kopi dan gula. Meskipun kopi merupakan salah satu jenis minuman, namun kopi sangatlah ampuh untuk menghilangkan komedo pada wajah. Kandungan kafein pada kopi dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori – pori.

Cara menghilangkan komedo dengan Kopi dan Gula adalah membersihkan wajah terlebih dahulu. Kemudian masukkan 2 sendok makan kopi kedalam wadah. Setelah itu larutkan dengan air hingga membentuk pasta. Setelah itu tambahkan gula pasir kedalamnya. Setelah itu gosokkan pada wajah dan pijit dengan perlahan. Lakukan langkah tersebut selama 1 menit untuk mengangkat sel kulit mati secara optimal.

4. Garam

Garam merupakan senyawa ionik yang mengandung ion negative dan ion positif, sehingga sifat dari senyawa ini adalah netral. Garam biasa digunakan untuk menambahkan rasa asin pada masakan, namun siapa sangka ternyata garam dapat membantu mengangkat komedo yang sangat mengganggu.

Cara menghilangkan komedo dengan Garam sangatlah mudah, pertama siapkan air hangat. Setelah itu letakkan air hangat pada wadah, langkah selanjutnya yaitu larutkan garam secukupnya didalam air hangat tersebut. Lalu biarkan wajah terhempas atau terkena uap dari air garam tersebut. Setelah wajah terasa lembab, usap wajah menggunakan kapas supaya komedo dan sel kulit mati terangkat.

5. Lemon

Lemon mengandung banyak sekali zat – zat yang sangat bermanfat bagi manusia. Salah satunya adalah asam alfa hidroksi, asam ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas hingga kulit bagian dalam. Kandungan asam sitrat dan astringent pada lemon juga dapat memperkecil pori-pori sehingga kotoran tidak akan mudah masuk kedalam kulit.

Cara menghilangkan komedo dengan Lemon yaitu mengoleskan perasan lemon kewajah selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Atau dengan cara memotong lemon, dan langsung gosokkan pada wajah selama 5 menit kemudian bilas dengan air.

Baca juga : 8 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami, Aman dan Cepat

6. Tomat

Kandungan likopen yang bersifat anti oksidan pada tomat dapat membantu menangkal radikal bebas dan mengangkat sel kulit mati yang ada di wajah. Tomat juga biasa berfungsi sebagai pelindung dari sinar UV.

Cara menghilangkan komedo dengan Tomat yaitu memblender tomat sampai lembut, kemudian oleskan pada wajah secara merata. Tunggu selama 30 menit dan biarkan tomat tadi mengering. Kemudian bilas dengan air bersih.

7. Lidah Buaya

Selain digunakan untuk perawatan rambut, lidah buaya juga berfungsi untuk mengangkat minyak dan komedo pada wajah. Cara menggunakannya juga cukup mudah, ambil potongan lidah buaya, ambil gel yang ada pada bagian tengah lidah buaya dengan menggunakan sendok. Oleskan pada wajah dan pijit selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

8. Putih Telur

Kandungan asam amino dan asam folat pada putih telur dapat membantu mengecilkan pori – pori dan dapat mengurangi minyak berlebihan di wajah.

Cara menghilangkan komedo dengan Putih telur yaitu oleskan putih telur pada bagian yang berkomedo, kemudian lapisi dengan tissue. Lakukan cara itu beberapa kali. Setelah itu tunggu beberapa menit sampai mengeras, kemudian lepaskan scrub putih telur tadi secara perlahan.

9. Baby Oil

Baby Oil adalah minyak bayi, dengan mengoleskan ke wajah terutama hidung yang sering terdapat komedo, kulit akan terasa lemas dan efek dari minyak ini akan membuat komedo terangkat dengan mudah dan cepat dalam 1 hari saja. Komedo pun sulut datang kembali jika kamu dapat menggunakannya secara teratur 2 – 3 kali seminggu.

Cara menghilangkan komedo dengan Baby Oil sangat mudah cukup oleskan minyak pada bagian komedo dengan jari tangan atau dengan cotton but, baluri perlahan sampai komedo terangkat dan wajahpun bersih.

Semoga Cara menghilangkan komedo secara alami, aman dan ampuh ini bermanfaat. Jika ada yang masih ragu bisa ajukan pertanyaan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *