Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung

Cara Menghilangkan Komedo Hitam Di Hidung Ternyata Semudah Ini

Diposting pada

EdiSutanto.com – Komedo hitam yang muncul pada hidung disebabkan oleh kulit yang berminyak dan pori-pori kulit yang membesar. Lalu, adakah cara menghilangkan komedo hitam? Ya, Tentu saja. Adanya komedo yang menempel pada kulit wajah, terutama di bagian hidung akan sangat mengganggu dan membuat seseorang merasa tidak percaya diri.

Apa itu komedo? Komedo merupakan sebuah benjolan atau sering disebut papula kecil yang ada pada permukaan kulit wajah. Perlu kamu ketahui bahwasannya komedo juga termasuk jenis jerawat, namun dalam versi ringan.

Faktor Penyebab Munculnya Komedo Hitam

Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung

Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya komedo pada bagian kulit wajah terutama pada bagian hidung. Antara lain:

  • Adanya perkembangan bakteri propioni bacterium acnes yang berlebih pada permukaan kulit wajah.
  • Adanya penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit wajah.
  • Adanya perubahan hormon yang menyebabkan produksi minyak lebih banyak.
  • Adanya jenis kulit yang terlalu kering.
  • Sering menggunakan produk kecantikan yang mengandung bahan kimia dan mercury.

Dengan adanya beberapa faktor tersebut, kamu harus lebih waspada dalam mengatasi masalah komedo hitam yang muncul disekitar wajah dan hidung. Setelah mengetahui penyebab munculnya komedo hitam di hidung, tentunya kamu ingin segera mengetahui cara menghilangkan komedo hitam tersebut. Agar kamu dapat tampil didepan umum tanpa perlu mengkhawatirkan adanya rasa tidak percaya diri.

Beberapa Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung Secara Alami

Ada beberapa alternatif bahan yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan komedo hitam yang muncul pada hidung yang membandel, berikut beberapa caranya:

1. Bubuk Kopi

Bubuk kopi untuk menghilangkan komedo hitam

Selain untuk membuat minuman, ternyata bubuk kopi dipercaya sebagai scrub untuk menghilangkan komedo hitam yang muncul pada area sekitar wajah.

Caranya mudah: buat pasta kopi menggunakan 2 sendok teh yang dilarutkan dengan air dingin, lalu tambahkan 1 sendok teh gula pasir. Jangan lupa membersihkan wajah sebelum menggunakan scrub. Kemudian gosokan scrub pada wajah secara merata, lakukan selama 2 menit agar sel kulit mati dan komedo terangkat. Lalu bersihkan dengan air bersih.

Baca juga : 9 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami, Aman dan Ampuh

2. Tomat

Tomat untuk menghilangkan komedo hitam

Buah tomat juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, adanya senyawa anti-oksidan yang bernama lycopine terbukti dapat menangkal radikal bebas agar sel kulit mati tidak menumpuk dan mencegah munculnya komedo. Tomat juga sebagai tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UV.

Cara penggunaannya: Tumbuk tomat hingga halus dan berbentuk seperti bubur. Lalu oleskan pada kulit wajah yang ada komedonya, diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Baca juga : Cara Menghilangkan Komedo Putih di Hidung Secara Alami

3. Lidah Buaya

Lidah buaya untuk menghilangkan komedo hitam

Banyak manfaat yang terdapat pada lidah buaya, diantaranya: menyegarkann wajah, mencerahkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori wajah, dan membersihkan komedo. Adanya hal tersebut menyebabkan lidah buaya dipercaya sebagai cara menghilangkan komedo hitam pada hidung.

Caranya: petik 1 helai lidah buaya, lalu ambil daging lidah buaya yang berbentuk gel, kemudian oleskan pada kulit wajah dan hidung yang berkomedo, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih.

Itulah informasi mengenai cara menghilangkan komedo hitam di hidung secara alami yang membandel semoga bermanfaat untuk kamu. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *