Cara Memutihkan GIGI Alami Tanpa Efek Samping

EdiSutanto.com – Gigi merupakan salah satu bagian dari tubuh manusia yang berfungsi sebagai alat pengunyah alami. Gigi terdapat pada rahang atas dan bawah, dengan deretan gigi yang sama namun biasanya berbeda ukuran, lebih besar gigi-gigi yang berada pada rahang atas. Gigi manusia terdiri dari beberapa jenis seperti gigi seri, taring dan geraham. Gigi seri berfungsi menggigit makanan, biasanya empat gigi didepan itu gigi seri. Gigi taring bebentuk runcing berfungsi untuk mencabik-cabik makanan, terletak pada sebelah gigi seri. Dan gigi geraham, gigi yang berfungsi mengunyah makanan.

Selain fungsi dasar gigi seperti diatas, tak sedikit orang yang menjadikan gigi sebagai kecantikan diri. Senyuman manis dengan gigi terlihat putih bersih merupakan kebanggaan diri untuk tampil di depan umum. Memutihkan gigi tidak lepas dari menjaga kebersihan gigi karena gigi yang terlihat kuning disebabkan oleh noda-noda dan kotoran yang menempel dari sisa makanan.

Cara Memutihkan Gigi

Cara Memutihkan GIGI Alami Tanpa Efek Samping

Memutihkan gigi tidak harus ke dokter namun dapat dilakukan di rumah menggunakan bahan alami yang sehat. Berikut cara-cara memutihkan gigi yang dapat dilakukan :

1. Rutin menyikat gigi sesuai anjuran

Menurut Persatuan Dokter Gigi Indonesia, menyikat gigi minimal 2x kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur menghilangkan noda-noda dan plak yang menempel di gigi, hal ini membuat gigi menjadi bersih dan akan terlihat lebih putih. Dianjurkan juga untuk menggunakan pasta gigi yang mengadung fluoride. Namun jangan menyikat gigi sesaat setelah mengonsumsi makanan atau minuman asam karena dapat merusak enamel atau email gigi.

2. Menggunakan Mouthwash

Apabila hanya menyikat gigi masih terasa kurang gunakan mouthwash atau obat kumur untuk menghilangkan noda kuning dan plak di gigi. Kandungan mouthwash yang beredar menyehatkan gusi dan gigi.

3. Menggunakan bahan alami Siwak

Siwak terkenal dari dulu untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Siwak bahan tradisional memiliki berbagai manfaat seperti menghilangkan plak, menghambat pertumbuhan bakteri sehingga mencegah gigi berlubang. Gunakan siwak dengan cara ditumbuk halus dan campurkan air kemudian jadikan sebagai pasta gigi.

4. Menggunakan garam sebagai campuran pasta gigi

Garam merupakan bahan yang dapat menetralkan asam pada mulut manusia, membunuh bakteri, menghilangkan bau mulut serta menyehatkan gusi. Garam juga dapat menghilangkan noda dan kotoran yang menempel pada gigi. Gunakan garam sebagai tambahan pasta saat menggosok gigi, mulut akan terasa lebih bersih.

Tips dan Trik : Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

5. Menggunakan daun mimba

Daun mimba dapat memutihkan gigi karena kandungan azadirahtin berguna untuk membunuh bakteri. Gunakan daun ini sebagai pasta gigi untuk membunuh bakteri-bakteri di dalam mulut.

6. Menggunakan daun sirih

Daun sirih merupakan salah satu obat herbal yang terkenal dari dulu, salah satu manfaatnya yaitu menjaga kesehatan mulut. Orang dulu menggunakan daun sirih dengan mengunyahnya, saat mengunyah gigi akan tampak kemerahan. Gunakan sirih dengan dikunyah, berkumur dengan air rebusan daun sirih atau juga mengoleskan tumbukan daun sirih ke gigi. Manfaat daun sirih yang lainnya yaitu mengatasi bau mulut, penguat gusi, menghentikan pendarahan pada gusi.

7. Konsumsi dark chocolate

Zat yang terdapat pada dark chocolate berfungsi sebagai pelapis gigi dan memutihkan gigi. Cukup konsumsi coklat ini setiap hari namun jangan pilih coklat yang berkalori dan gula buatan.

8. Menggosokkan kulit pisang

Salah satu manfaat kulit pisang yang jarang diketahui adalah dapat memutihkan gigi tanpa efek samping. Bersihkan kulit pisang dan gosok-gosok kulit pisang ke gigi.

9. Menggunakan kulit jeruk sebagai pasta

Kulit jeruk berguna menyehatkan mulut dan memutihkan gigi secara alami karena kandungan zat pektin dan minyak atsirinya. Tumbuk halus kulit jeruk yang sudah dikeringkan di bawah sinar matahari. Campurkan dengan air dan gunakan pasta ini untuk menggosok gigi.

10. Menggunakan kandungan asam dari buah

Asam yang berasal dari buah, dan banyak digunakan untuk memutihkan gigi adalah asam malat, yang banyak didapat dari buah stroberi dan apel. Campurkan buah yang mengandung asam malat ke baking soda untuk membuat pasta. Gunakan pasta ini untuk menyikat gigi. Namun jangan terlalu sering menggunakan pasta ini, karena kandungan asam sitrat juga terdapat pada buah yang sama, asam sitrat dapat merusak gigi.

Tips dan Trik : Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

11. Mengonsumsi susu sapi

Zat kalsium dalam susu sapi berguna mengokohkan gigi. Susu juga dapat memutihkan gigi karena kandungan fosfor dan magnesiumnya. Konsumsi susu setiap hari, selain menjaga kesehatan tulang juga dapat memutihkan gigi secara alami.

12. Mouthwash buatan dari jahe

Kandungan antibakteri dalam jahe dapat membunuh bakteri dalam mulut dan mengikis noda di sela-sela gigi. Buat mouthwash dari jahe dengan cara, memarut 1 buah jahe, peras dan gunakan air perasan untuk berkumur-kumur.

13. Memutihkan Gigi dengan Baking soda / soda kue sebagai pasta

Soda kue atau baking soda merupakan bahan yang mudah untuk ditemukan dan didapatkan. Soda kue dapat dimanfaat dalam memutihkan gigi secara alami. Campurkan satu sendok teh soda kue dengan dua sendok teh air, gunakan pasta soda kue ini untuk menyikat gigi.

14. Menggunakan kandungan asam asetat

Asam asetat adalah asam yang terdapat pada cuka apel, asam ini mampu membunuh bakteri, membersihkan dan memutihkan gigi. Berkumurlah dengan asam ini, namun jangan terlalu sering.

15. Menggosok menggunakan arang

Orang jaman dahulu menggosok gigi menggunakan arang, mungkin terlihat kotor namun sifat alkali pada arang mengikis noda-noda pada gigi. Gunakan arang dari batok kelapa, tumbuk dan diayak, campurkan dengan 1 sendok makan air lemon. Arang siap digunakan untuk pasta gigi.

16. Jangan terlalu sering meminum kopi, teh dan soda

Membatasi minum kopi, teh dan soda dapat mencegah warna kuning pada gigi. Ini disebabkan lapisan terluar gigi semakin menipis seiring beranjaknya usia. Dan pada lapisan selanjutnya akan terlihat kuning. Minuman kopi, teh dan soda meninggalkan noda pada gigi, dan noda tersebut tidak mudah hilang.

17. Hentikan kebiasaan merokok

Perokok biasanya tidak memiliki gigi yang putih bersih, ini dikarenakan noda tembakau yang menembus lapisan gigi. Noda ini sulit untuk dihilangkan. Semakin lama jangka waktu merokok, semakin sulit karena noda masuk ke lapisan yang lebih dalam.

18. Mengatur pola makan yang sehat

Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis, hal ini menyebabkan lengket di mulut dan dapat meninggalkan bekas noda. Hindari juga memakan permen-permen atau makanan lain yang berkomposisi gula buatan. Sebaliknya, sebaiknya mengonsumsi makanan-makanan alami seperti sayur, kacang-kacangan. Sayur brokoli dan bayam mempunyai kandungan serat yang meningkatkan kadar produksi air liur. Air liur berfungsi sebagai pembersih alami di dalam mulut.

Cara-cara diatas merupakan cara yang bisa dicoba dirumah karena tidak memerlukan bahan dan alat yang terlalu khusus. Dan juga bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan-bahan yang alami, tidak memiliki kandungan bahan kimia yang berefek samping bagi kesehatan manusia.

Sekian artikel tentang Cara Memutihkan Gigi secara Alami tanpa efek samping, semoga berguna dan bermanfaat bagi kamu. Ada pertanyaan? isi dikolom komentar.

Tinggalkan Balasan