kunci sukses digital marketing

3 Kunci Sukses Bisnis Dengan Digital Marketing di Era Milenial

Diposting pada

EdiSutanto.com – Apakah Anda seorang pebisnis yang sudah mulai membangun bisnisnya dan merasa kurang puas dengan pemasarannya? Entah itu masalah penjualan atau masalah kompetitor Anda yang semakin jago dalam pemasaran.

Saya tahu bahwa dalam dunia bisnis yang harus kita lakukan adalah terus melakukan inovasi dan ide-ide kreatif untuk selalu memberikan produk terbaik untuk calon customer. Jika Anda tidak melakukan itu pasti bisnis Anda akan mengalami penurunan dan pada akhirnya jika Anda tidak melakukan hal-hal yang hebat dalam bisnis Anda pasti bisnis itu tidak akan tertolong lagi.

Tidak mau kan bisnis Anda seperti itu. Coba lakukan 3 cara pemasaran digital dibawah ini yang saya yakin jika Anda lakukan dengan baik, bisnis Anda akan meningkat bahkan akan mengungguli pesaing-pesaing Anda.

Cara ini juga sama yang harus dilakukan oleh Anda yang baru atau akan terjun ke dunia bisnis agar bisa bersaing dan meningkatkan profit dari penjualan bisnis Anda.

Kenapa harus melalui pemasaran digital? Sedangkan Anda sudah melakukan pemasaran jenis konvensional?

Pemasaran dengan cara kuno/lama yaitu konvensional seperti pemakaian Billboard, sebar brosur dan nomor telepon kemudian pasang sepanduk besar agar supaya orang yang melihat tertarik kemudian akan membeli produk Anda adalah merupakan model pemasaran lama yang sudah mulai ditinggalkan.

Pemasaran yang lebih baik, lebih meningkatkan profit, lebih efektif dan tepat target pasar pada era saat ini adalah pemasaran dengan cara digital melalui internet.

pengguna internet di indonesia
Data Pengguna Internet di Indonesia

Dari data Infografis pengguna internet di Indonesia mencapai 150 juta jiwa, 56% penduduk Indonesia telah menggunakan internet dari total penduduk 268 juta jiwa. Dengan pengguna internet sebayak itu apakah Anda tidak ingin memanfaatkan moment tersebut untuk meraih kesuksesan pada bisnis Anda. Jika Anda tidak melakukannya dan masih mayoritas menggunakan cara pemasaran lama, bisa-bisa bisnis Anda akan bangkrut.

Jika bisnis Anda masih berjalan lancar dan baik-baik saja sampai saat ini, sedangkan Anda hanya menggunakan jenis pemasaran offline dan tradisional, mungkin ada faktor lain yang membuat bisnis Anda masih bisa bertahan. Tapi coba lihat jauh kedepan dan lihat potensi yang ada pada digital marketing. Lakukan perubahan dari sekarang untuk kemajuan bisnis yang lebih meningkat dari saat ini.

3 Kunci Sukses Bisnis Dengan Digital Marketing di Era Milenial

Peranan Brand atau Merk sebuah produk sangat menentukan dari sebuah bisnis. Semakin brand tersebut dikenal luas maka semakin besar juga kesempatan bisnis Anda semakin sukses dan meningkatkan penjualan produk.

Apa Itu Digital Marketing

Yaitu teknik pemasaran atau marketing yang dilakukan secara online melalui jaringan internet. Berkembangnya dunia internet yang sangat cepat dan semakin banyaknya user di internet membuat para pebisnis seperti UKM, Jasa, Properti dan lainnya gencar melakukan pemasaran secara digital.

Orang-orang saat ini lebih sering melihat dan mengetahui trend serta informasi yang ada pada internet dan menggunakan Handphone dan Gadgetnya untuk aktifitas kesehariannya. Mereka bisa menghabiskan waktu 10-15 jam dalam sehari untuk membuka internet dan mencari informasi-informasi yang mereka butuhkan. Dari bermain di media sosial, berselancar di mesin pencari, belanja online dan masih banyak lagi. Kondisi seperti ini sangat baik dimanfaatkan untuk pemasaran digital pada bisnis Anda.

Terus dengan cara apa pebisnis bisa meningkatkan penjualannya dari digital marketing di internet? Kuncinya yaitu dengan cara:

1. Sosial Media Marketing (SMM)

Media Sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Line, Pinterest, Linkedin yang saat ini paling mendominasi media sosial yang ada, bisa Anda gunakan untuk membangun bisnis Anda dengan cara membuat akun pada sosial media tersebut dan mengembangkannya dengan cara melakukan posting-posting hal yang berkaitan dengan produk bisnis yang sedang dilakukan. Dengan cara Sosial Media Marketing atau SMM brand bisnis Anda akan semakin dikenal luas, hal ini sangat baik untuk pertumbuhan bisnis Anda.

data pengguna sosial media
Data Media Sosial

Facebook menjadi media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia dan Dunia. Diambil dari data situs CNBC Indonesia pada Juli 2019 bahwa Facebook telah aktif digunakan oleh 120 juta pengguna di Indonesia dan 2.38 miliar pengguna di Dunia. Indonesia menjadi negara terbesar ke 4 dalam hal penggunaan sosial media Facebook. Jumlah tersebut menjadi hampir setengah dari penduduk di Indonesia yang menggunakan jejaring sosial Facebook, yaitu 44.94% dari total penduduk.

Instagram juga menjadi pengguna terbesar ke 4 di Dunia. Penduduk Indonesia telah menggunakan sosial media Instagram sebanyak 56 juta yaitu 20.97% dari total penduduk di Indonesia. Kemudian disusul oleh Twitter dan Line.

Penggunaan jejaring sosial didominasi oleh kaum milenial dengan rentan umur 18-30 tahun. Umur 12-17 tahun dan 31-40 tahun penggunaanya dibawah lebih sedikit dibandingkan dengan umur generasi  milenial.

Dengan cara membuat akun di sosial media dan membangun fans page pada halaman media sosial tersebut dengan dilakukannya secara aktif membuat konten yang informatif dan bermanfaat untuk user, akan menjadi daya dorong dan meningkatnya nama brand serta menjadi ajang untuk promosi produk-produk yang dipasarkan sehingga terjadi peningkatan penjualan.

Keuntungan menggunakan Sosial Media untuk Digital Marketing

  • Gratis sehingga low budget
  • Audience tinggi
  • Di dominasi oleh kaum milenial
  • Mudah di operasikan dan Site Friendly
  • Terjangkau ke berbagai belahan Nusantara bahkan Dunia

2. Peran Website

Selanjutnya ada Website yang menjadi peran penting untuk melakukan promosi digital marketing. Setelah Anda menggunakan media sosial untuk membangun brand dan mengembangkan bisnis, selanjutnya Anda bisa kembangkan lebih besar lagi bisnis Anda dengan membangun Website sebagai wadah atau tempat pusat dari informasi bisnis Anda.

Website adalah situs atau portal yang digunakan untuk kebutuhan informasi dengan jaringan internet. Berbagai macam informasi dapat Anda simpan dan publikasikan dari website tersebut, tak terkecuali untuk bisnis yang Anda kembangkan.

Ulas semua tentang bisnis Anda didalam website tersebut, berikut dengan gambar-gambar produk yang menarik. Saat ini untuk membuat website tidak lah susah. Sudah banyak sekali platform yang mendukung untuk pengembangan sebuah website, sehingga tidak ada kata “belum ada website” untuk bisnis yang sudah launching di publik.

Bisnis yang sehat baik itu offline maupun online adalah ada peranan website didalamnya. Website menggambarkan keseriusan dalam bisnis pada era milenial ini. Dengan website bisnis akan mudah dijangkau, mudah dilihat dan diakses, bisnis juga semakin meyakinkan.

Orang umumnya akan penggunakan mesin pencarian seperti Google Search untuk mencari informasi dan kebutuhan tentang masalah mereka. Seperti orang yang sedang mencari informasi tetang jasa Rental Mobil disekitar ia tinggal. Dengan adanya pertanyaan tersebut di mesin pencari, Anda yang mempunyai bisnis dibidangnya akan lebih cepat mendapatkan pelanggan dari internet jika sudah mempunyai website tersebut, sehingga orang yang mencari terkait kaca kunci tersebut akan menemukan situs milik Anda.

Contoh lain seperti bisnis Kue. Dengan adanya website dari bisnis Anda orang akan semakin mengenal lebih lengkap tentang produk kue yang ada, yaitu cukup dengan mengunjungi website. Dengan begitu profit Anda pasti akan semakin meningkat.

Membuat website untuk kebutuhan bisnis tidaklah sulit bahkan sangat mudah. Tapi ada beberapa hal yang perlu Anda optimalkan dalam pembuatan website untuk bisa bersaing dalam mesin pencari pada kategori satu bidang dengan bisnis Anda.

Karena saya yakin bisnis yang Anda punya mempunyai kompetitor atau pesaing yang tidak sedikit dan semua nya menginginkan berada pada posisi teratas pada mesin pencarian (search engine). Untuk itu tugas Anda adalah mengoptimalkan keberadaan situs website Anda agar dapat bersaing dengan yang lain sehingga bisa mendapatkan posisi teratas pada mesin pencarian.

Halaman pencarian Google
Halaman Pencarian di Google Search

Orang pada umumnya ketika mencari informasi atau masalah yang ingin ia selesaikan adalah mengetik kata kunci pada mesin pencari dan membuka situs terkait yang terlihat pada halaman pertama dan posisi teratas, untuk itu Anda harus memahaminya dan berupaya keras untuk meraih posisi tersebut.

Jika Anda mendapatkan posisi itu, bisnis Anda pasti akan semakin meningkat. Dengan peningkatan pengunjung dari segi impresi atau tayangan situs, kemudian juga Anda optimalkan dari segi teknikal website itu sendiri agar user menikmati segala informasi yang ada pada situs tersebut dan pada akhirnya user mau menggunakan jasa dari bisnis Anda atau sampai pada order produk.

Saya ada pengalaman dan tips jitu agar website Anda dapat bersaing dan memenangkan persaingan hingga posisi website pada peringkat pertama, antara lain:

Develop Website secara Profesional

Ada beberapa hal yang membuat website tersebut baik atau profesional, antara lain:

  • Desain template web enak dilihat, warna yang cocok, mudah dibaca dan navigasi mudah dicari.
  • Speed loading web cepat, sehingga user betah dan tidak membuat keputusan untuk cepat pergi. Kecepatan website yang baik adalah dibawah 3 detik.
  • Menyajikan konten yang informatif, bermanfaat dan susuai dengan bidang bisnis.
  • Desain gambar profesional dan jika ada data berupa demografis lebih baik cantumkan untuk lebih menyakinkan user.
  • Gunakan logo profesional.
  • Gunakan fitur plugin yang lengkap.
  • Berikan halaman testimoni untuk meyakinkan user.
  • Laman yang lengkap, seperti laman About, Kontak yang bisa dihubungi langsung, alamat, dan lainnya.
  • Memasang HTTPS untuk keamanan suatu website.

Jika website sudah profesional dan baik pasti user akan semakin yakin dengan bisnis yang Anda jalani. Dengan adanya web yang baik juga akan meningkatkan ranking pada Google Search Engine, sehingga pada pencarian akan semakin mudah di temukan oleh user.

Gunakan Server Hosting Terbaik

Server Hosting
Ilustrasi Server Hosting

Hosting adalah server yang digunakan untuk menyimpan file perihal kegunaan website. File tersebut bisa berupa gambar, Musik, Vidio, Script Kode, dan lainnya yang berhubungan dengan website.

Dengan menggunakan jasa hosting terbaik hal ini tentu akan memaksimalkan kinerja website bisnis Anda. Sehingga website semakin optimal dan tidak mudah mendapat masalah server down yang dapat membuat user meninggalkan website Anda.

Anda bisa pilih hosting terbaik Indonesia pada jasa hosting Domainesia yang sudah terbukti kehandalannya selama 10 tahun dalam melayani hosting, baik untuk pelayanan nusantara maupun internasional.

Pilihan yang banyak pada jasa Domainesia membuat Anda bebas pilih hosting terbaik yang sesuai dengan bisnis Anda, baik untuk Cloud Hosting ataupun Virtual Server dengan VPS yang mempunyai peforma tinggi dan membuat kinerja website semakin optimal.

Hosting yang ada mempunyai harga relative murah, sehingga cocok untuk Anda yang baru merintis bisnis sehingga tidak terlalu banyak mengeluarkan badget untuk membangun sebuat website. Web hosting murah dan berkualitas ini rekommended untuk bisnis Anda.

Gunakan Domain Terbaik

Selain Hosting gunakan juga Domain terbaik yang ada pada Domainesia www.domainesia.com/domain. Domain adalah alamat situs yang bisa diakses untuk memberikan nama suatu website. Domain dan hosting saling berkaitan sehingga kedua nya harus di optimalkan dengan sebaik mungkin.

Memilih nama domain harus teliti, agar domain website sesuai dan mudah diingat oleh banyak orang. Ada beberapa tips yang harus Anda lakukan dalam memilih nama domain terbaik, antara lain:

  • Gunakan nama domain yang pendek maksimal 10 huruf, seperti “Domainesia”.
  • Domain mempunyai korelasi dengan bisnis dan unik, misal “Domainesia” unik dan mempunyai kesesuaian dengan jasa domain.
  • Mudah diingat, tidak memberikan angka pada nama domain yang tidak ada artinya, kecuali ada maksud.

Nama domain sangat penting sekali untuk identitas suatu website, jadi Anda harus memilih dengan teliti.

SEO

SEO (Search Engine Optimitazion) adalah Teknik yang digunakan untuk mengoptimalkan sebuah website agar tampil terbaik di SERP (Search Engine Result Page). Gunakan Teknik SEO dalam pengembangan website pada bisnis Anda, sehingga produk atau jasa yang ada pada bisnis Anda mudah ditemukan oleh user pada mesin pencari di internet. Hal ini sangat baik sekali untuk menunjang kesuksesan bisnis Anda.

Teknik SEO adalah Teknik khusus yang ada pada Digital Marketing sehingga Anda bisa gunakan seorang ahli dalam bidang tersebut untuk meraih kesuksesan dalam bisnis Anda.

Konten

Konten dalam sebuah website juga menentukan keberhasilan dalam sebuah produk. Gunakan konten marketing yang baik agar produk dan jasa yang di publikasikan dalam website menarik perhatian calon pelanggan. Apa saja kriterian konten yang baik dalam sebuah website, antara lain:

  • Tulis konten dengan jelas, menarik, singkat tidak bertele-tele dan susuai dengan desktipsi produk yang ditulis.
  • Gunakan gambar/foto yang menarik dan jelas.
  • Tambahkan vidio promosi untuk meyakinkan user.
  • Konten harus orisinil tidak mengambil hak cipta dari situs lain.

Gunakan seorang Copy Writing, Content Writer yang baik agar tulisan yang dihasilkan juga baik. Tulisan/konten yang baik akan lebih mudah menarik calon pelanggan, hal ini sangat penting untuk menunjang keberhasilan bisnis lewat sebuah website.

Email Marketing

Adalah kegiatan melakukan pengiriman pesan lewat Email yang ditujukan untuk promosi ataupun newslatter. Trik ini juga menjadi terobosan yang cukup baik untuk meningkatkan interaksi ke dalam website sehingga kemungkinan mendapatkan pelanggan lebih akan tercapai. Gunakan cara Email Marketing dengan baik dan sopan, terjadwal sehingga tidak menimbulkan Spam kepada penerima email.

Afiliasi Marketing

Digital Marketing dengan Afiliasi
Sistem Afiliasi Marketing

Program Afiliasi atau disebut juga Affiliate Marketing bukan menjadi hal yang asing lagi di dunia digital marketing. Cara ini sudah banyak digunakan oleh kalangan perusahaan besar, menengah ataupun pengusaha kecil. Contohnya perusahaan marketplace seperti Amazone, Blibli, Tokopedia, Bukalapak, kemudian jasa Hosting seperti Domainesia juga telah menggunakan program Afiliasi ini.

Dengan program Afiliasi Marketing memungkinkan bisnis Anda akan semakin meningkat karena bisnis atau produk Anda akan dipromosikan oleh pelanggan Anda ataupun orang lain dengan cara memposting di sosial media ataupun website mereka. Semakin banyak orang yang menjalankan program ini maka akan semakin baik brand dan pemasaran bisnis Anda.

Program ini biasanya berbetuk komisi dari setiap penjualan yang dapat orang lain lakukan, besarnya komisi berbeda-beda bisa Anda sesuaikan dengan prosentase keuntungan dari setiap produk yang didapat. Cara melakukan program ini bisa berbentuk seperti Link unik ataupun Banner yang sudah di program secara sistematis yang dikhususkan untuk mereka yang mengikuti Afiliasi atau Referral.

Emosional Marketing

Emosional Marketing adalah Teknik unik yang digunakan para pebisnis untuk membangkitkan emosi target dalam meraih pelanggan. Dengan memberikan teknik emosional untuk pengunjung pada website akan menimbulkan rasa emosi jiwa pada suatu produk atau jasa, sehingga user akan mudah untuk cepat mengambil tindakan untuk membeli atau pun mengambil order pada suatu produk.

Teknik emosional marketing ini bisa berupa:

  • Memberikan diskon dengan batas waktu tertentu.
  • Kode voucher dengan batas waktu tertentu.
  • Gunakan istilah tertentu: Flash sale, cuci gudang dan lainnya untuk memberikan emosi pengunjung.
  • Berikah harga produk terbaik.
  • Berikan iming-iming seperti beli 1 dapat gratis 1 produk.
  • Berikan Garansi produk atau jasa
  • Pengembali produk jika tidak sesuai

Cara ini dilakukan untuk lebih meyakinkan user agar angka penjualan lebih tinggi dengan teknik emosional marketing tersebut.

3. Advertising (Iklan)

Bisnis yang tumbuh dan berkembang baik, pasti didalamnya terdapat promosi dengan cara beriklan. Baik itu menjadi sponsorship secara offline maupun online. Bagi Anda yang melakukan advertising hanya dengan teknik offline maka Anda bisa coba teknik advertising dengan cara online untuk semakin meningkatkan bisnis Anda.

Saat ini banyak jasa advertising online yang menyediakan space untuk mereka para Advertiser untuk mempromosikan produknya agar semakin dikenal luas secara online di internet.

Dimana saja Anda bisa beriklan secara online? Antara lain:

  • Google Ads
Digital Marketing Google Ads
Digital Marketing Google Ads

Adalah layanan periklanan milik Google, perusahaan raksasa dalam bidang Internet Marketing. Cara digital marketing jenis ini juga sering disebut sebagai SEM atau Search Engine Marketing. Tidak salah jika Anda memilih advertising dengan Google Ads. Bermitra dengan Google yang memiliki miliaran pelanggan tetap setiap harinya dalam mengakses informasi dari mesin pencari (Google Search) membuat periklanan Anda semakin luas untuk dijangkau. Teknik SEM ini hampir sama dengan teknik SEO diatas, yaitu sama-sama memanfaatkan mesin pencari untuk mendapatkan peringkat terbaik, namun yang membedakan adalah teknik SEM memerlukan biaya untuk mendapatkan peringkat tersebut.

Kedua teknik SEM dan SEO bisa dilakukan secara bersamaan, sehingga akan menjangkau calon pelanggan yang lebih luas. Selain luas juga beriklan dengan Google Ads sangat mudah dan juga tepat sasaran. Jenis model advertising dari Google Ads adalah PPC, yaitu Pay Per Click yang artinya biaya yang harus Anda keluarkan untuk beriklan dihitung dari jumlah tayang berdasarkan klik user. Hal ini sangat fair antara Google dan Anda sebagai Advertiser sehingga periklanan ini dinilai paling baik.

Tepat terget karena user yang sedang mencari informasi dengan kata kunci tertentu di mesin pencari Google, akan menayangkan iklan Anda yang sesuai dengan kata kunci yang Anda bidik. Hal ini sangat terkait dan sesuai dengan produk yang Anda pasarkan.

  • Facebook Ads
Digital Marketing Facebook Ads
Digital Marketing Facebook Ads

Facebook memiliki fitur periklanan yang bisa Anda gunakan untuk beriklan. Kita tahu bahwa Facebook merupakan media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia dan Dunia. Bahkan di Indonesia penggunaan Facebook mencapai angka terbesar ke 4 di seluruh dunia. Amazing, target yang begitu luas yang sangat tepat untuk mengiklankan bisnis Anda.

Kemudahan dan kecanggihan yang ditawarkan didalam Facebook Ads semakin baik untuk bisnis Anda. Target user yang bisa Anda pilih sesuai dengan bisnis Anda menjadi keunggulan dari advertising ini. Anda bisa menargetkan berdasarkan umur user, pekerjaan, hobi, gender, lokasi dan lainnya untuk pengaturan dalam beriklan, sehingga target digital marketing Anda sangat kecil sekali untuk meleset.

  • Youtube Ads
Digital Marketing Youtube Ads
Digital Marketing Youtube Ads

Adalah periklanan jenis Vidio yang ada pada situs Youtube. Youtube merupakan media sosial jenis video yang paling banyak dikunjungi saat ini dibelahan Dunia dan negara Indonesia sendiri. Dengan begitu banyaknya pengunjung yang terus mengakses video setiap harinya membuat periklanan ini akan tepat target dan memiliki jangkauan yang sangat luas.

Dengan iklan vidio memungkinkan produk bisnis Anda semakin dikenal, mudah diingat dan memiliki kelebihan yaitu memiliki jalan cerita dengan bentuk vidio produk yang ada. Hal ini pastinya sangat baik untuk metode periklanan digital dan memiliki keunikan tersendiri.

Anda bisa coba beriklan secara online di 3 platform tersebut untuk meningkatkan penjualan dalan bisnis Anda.

Kenapa harus beriklan secara online?

Banyak keuntungan yang Anda dapatkan dengan cara berikan secara online, antara lain:

  • Budget lebih murah dari iklan offline
  • Target user lebih tertarget, lebih luas dan lebih banyak
  • Pembuatan iklan lebih mudah dan efisien
  • Nilai convertion rate lebih baik

Sehingga dengan memilih periklanan yang sesuai maka convertion rate penjualan bisnis Anda akan semakin tinggi dan kemudian menghasilkan kesuksesan pada bisnis Anda.

Kesimpulan: Gabungkan 3 metode Digital Marketing dari Sosial Media, Website dan Advertising untuk membuat bisnis semakin sukses. Dengan pemasaan digital yang efektif ditambah dengan pemikiran yang kreatif akan meningkatkan mutu dari nama Brand produk tersebut, sehingga menjadi lebih dikenal luas dan pada akhirnya akan meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Setelah brand Anda dikenal luas dimasyarakat Anda masih akan mendapatkan teknik promosi lain yang secara tidak langsung akan Anda dapatkan dan gratis, yaitu Brand Advocate atau yang lebih sering dikenal adalah promosi dari mulut ke mulut.

Jika begini banyak keuntungan yang Anda dapatkan, antara lain:

  • User lebih percaya dan efektif.
  • Pemasaran yang lebih tahan lama.
  • Low Budget bahkan gratis karena mereka mempromosikan secara sukarela dan ikhlas terhadap produk atau jasa Anda.

Bagaimana? Masih berfikir untuk tidak menggunakan 3 Kunci Sukses Bisnis Dengan Digital Marketing di Era Milenial ini. Coba mulai dari sekarang dan lihat hasilnya.

2 thoughts on “3 Kunci Sukses Bisnis Dengan Digital Marketing di Era Milenial

  1. Klo mau nggak ketinggalan sama bisnis lain skg emangg harus nglakuin digital marketing sih ya mas. Minimal punya ebsite bisnis sendiri dulu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *