EdiSutanto.com – Pompa adalah suatu alat atau mesin yang digunakan untuk memindahkan cairan dari suatu tempat ke tempat yang lain melalui suatu media perpipaan dengan cara menambahkan energi pada cairan yang dipindahkan dan berlangsung secara terus menerus.

Pompa beroperasi dengan prinsip membuat perbedaan tekanan antara bagian masuk (suction) dengan bagian keluar (discharge). Dengan kata lain, pompa berfungsi mengubah tenaga mekanis dari suatu sumber tenaga (penggerak) menjadi tenaga kinetis (kecepatan), dimana tenaga ini berguna untuk mengalirkan cairan dan mengatasi hambatan yang ada sepanjang pengaliran.

Salah satu jenis pompa pemindah non positip adalah pompa Sentrifugal yang prinsip kerjanya mengubah energi kinetis (kecepatan) cairan menjadi energi potensial (dinamis) melalui suatu impeller yang berputar dalam casing.

Pompa Sentrifugal adalah suatu mesin kinetis yang mengubah energi mekanik menjadi energi fluida menggunakan gaya sentrifugal (Sularso, 2004), pompa sentrifugal terdiri dari sebuah cakram dan terdapat sudu-sudu, arah putaran sudu-sudu itu biasanya dibelokkan ke belakang terhadap arah putaran.

Secara teknologi, pompa sentrifugal merupakan teknologi yang telah terbukti ampuh dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya sebagai pompa air. Selain itu, pompa sentrifugal juga digunakan di banyak industri seperti industri pembangkit listrik dan perminyakan.

Di dunia industri, pompa sentrifugal digunakan untuk mengalirkan berbagai jenis cairan seperti minyak, logam cair, hingga garam cair bersuhu tinggi. Pompa sentrifugal untuk setiap industri memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pengembangan pompa sentrifugal masih tetap dilakukan para ahli mesin.

Pompa sentrifugal sering dipakai pada Tambang Dalam. Pompa sentrifugal ini bekerja terjadi akibat tekanan dari gaya sentrifugal yang dialami melalui sudu-sudu yang berputar.

Cara Kerja Pompa Sentrifugal :

Cara kerja dari pompa sentrifugal sebagai berikut, dimana rumah pompa berbentuk keong dipergunakan sebagai tempat berputar kipas/roda jalan. Kipas ini terdiri dari dua buah cakram dan yang berisi sudu- sudu, Naaf kipas diputar oleh poros. Fluida masuk kedalam pompa melalui lubang isap. Fluida masuk kedalam kipas diteruskan kedalam rumah pompa.

Pompa sentrifugal akan bekerja normal bila waktu start, rongga pada pompa isap terisi penuh cairan. Karena putaran kipas cairan dalam sudu-sudu ikut berputar. Gaya sentrifugal yang terjadi akibat putaran ini menimbulkan tekanan pada diameter luar sudu-sudu. Bila tekanan ini dapat melawan tekanan lawan pada pipa tekan maka cairan akan mengalir keluar pompa. Anda dapat menggunakan jasa pompa tambang di https://sewatama.com/id/ yang aman, terpercaya, berpengalaman dan memiliki tim yang handal.

Itulah sedikit pembahasan mengenai pompa sentrifugal yang biasa digunakan dalam kehidupan, terutama untuk pekerjaan tambang dalam, semoga bermanfaat.