Cara Mencegah Kebakaran Rumah
Cara Mencegah Kebakaran Rumah

Cara Mencegah Kebakaran Rumah ditempat Anda

Diposting pada

Bahaya kebakaran sejatinya dapat mengintai di mana saja dan kapan pun, termasuk rumah atau tempat usaha yang saat ini Anda tinggali. Terlebih, kelalaian penghuni dapat menjadi salah satu penyebab sehingga keberadaan asuransi kebakaran rumah menjadi hal yang sangat penting.

Langkah Pencegahan Kebakaran

Bicara mengenai program asuransi, saat ini memang sudah hadir sejumlah produk asuransi yang memberi perlindungan untuk rumah. Kendati demikian, pencegahan secara pribadi tentu tidak kalah penting untuk dilakukan. Lantas, bagaimana cara yang sebaiknya dilakukan?

Menggunakan alat elektronik seperlunya

Anda sering menggunakan alat-alat elektronik secara berlebihan, seperti menyalakan TV ketika tidur atau tetap menyalakan komputer ketika tidak digunakan? Jika iya, maka mulai dari sekarang pastikan Anda menghindari hal tersebut.

Selain itu, pastikan juga Anda selalu memastikan sudah mematikan alat-alat elektronik sebelum bepergian. Pasalnya, penggunaan alat-alat yang berlebihan tersebut tidak hanya akan membuat tagihan listrik membengkak, namun juga dapat membuatnya panas dan memicu hubungan arus pendek yang akan menjadi pemicu kebakaran.

Anda juga sebaiknya menghindari menggulung kabel. Pasalnya, kabel yang tergulung berpotensi mengurangi kualitas kabel tersebut bahkan dapat membuat bagian dalamnya rentan putus. Dengan begitu, kualitas kabel akan tetap terjaga dan Anda juga terhindar dari konslet atau arus pendek.

Memeriksa kabel secara berkala

Memiliki asuransi kebakaran memang sangat berguna ketika terjadi kebakaran, akan tetapi ada baiknya Anda melakukan pencegahan secara maksimal supaya menghindari terjadinya bencana yang merugikan tersebut. Salah satunya dengan memeriksa kabel di rumah secara berkala.

Pemeriksaan kabel menjadi langkah pencegahan yang sangat berguna, apalagi terkadang kabel listrik di rumah terlihat baik-baik saja. Meski demikian, proses pengecekan tetap perlu dilakukan karena bisa saja ada kabel tersembunyi yang rusak karena gigitan tikus.

Jika dibiarkan, kabel yang rusak tersebut bisa menjadi penyebab listrik konslet sehingga dapat berujung pada kebakaran rumah. Oleh karena itu, pastikan Anda senantiasa mengecek kabel tersebut dan jika ada kerusakan, Anda dapat memperbaikinya atau memanggil teknisi.

Menjauhkan benda yang mudah terbakar

Selanjutnya, pastikan Anda sudah menjauhkan benda-benda yang mudah terbakar dari hal-hal yang memicu api, seperti kompor atau lilin. Hal ini termasuk sejumlah aksesoris dekorasi rumah yang berumbai atau terbuat dari kain karena sangat riskan dan mudah terbakar.

Lilin sangat berguna ketika sedang mati lampu. Akan tetapi, jika lilin tersebut jatuh dan mengenai benda-benda seperti kertas, kain gorden, atau bahkan kayu yang mudah terbakar, tentu saja akan membuat api menjadi lebih besar dan memicu kebakaran.

Pastikan juga Anda menjauhkan benda-benda yang berpotensi menimbulkan api dari jangkauan anak-anak seperti korek atau pemantik api. Terlebih, anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar sehingga jika Anda lengah, maka korek atau pemantik api dapat mengenai benda-benda yang ada di sekitar kita.

Tidak membakar sampah dalam rumah

Menggunakan asuransi kebakaran menjadi opsi untuk melindungi rumah dari risiko kebakaran. Kendati demikian Anda juga sebaiknya melakukan pencegahan seperti tidak membakar sampah di dalam atau sekitar rumah karena dapat memicu kebakaran. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membakar sampah pada tempat yang lebih aman dan jauh dari pemukiman.

Untuk sampah yang berupa daun atau sisa makanan, Anda dapat menggunakannya sebagai kompos. Sampah-sampah lain seperti kertas atau plastik dapat dikumpulkan dan dijual ke pengepul. Sampah kertas atau plastik tersebut juga masih bisa didaur ulang untuk dijadikan suatu kerajinan tangan.

Apabila Anda merokok, pastikan puntung dan abunya tidak dibuang ke dalam rumah jika masih menyala. Sudah banyak kasus kebakaran terjadi karena puntung rokok yang masih menyala di dekat benda-benda yang mudah terbakar sehingga harus Anda waspadai.

Menyediakan alat pemadam kebakaran sederhana

Alat pemadam kebakaran sejatinya tidak hanya dibutuhkan pada area publik. Anda sebaiknya juga menyediakan alat pemadam sebagai antisipasi untuk mencegah kebakaran di rumah. Tempatkan alat tersebut di dekat sumber api seperti di dapur bahkan di garasi.

Kemudian, pastikan alat pemadam (APAR) dapat dijangkau dengan mudah jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Pastikan juga fungsinya masih baik dan ganti tabung jika sudah ada karat. Jangan lupa perhatikan tanggal kedaluwarsa dari alat tersebut.

Anda juga dapat memasang alat pendeteksi asap atau smoke detector di langit-langit rumah. Alat ini bekerja dengan sensor yang dapat mengenali asap berintensitas tinggi. Jika sensor tersebut aktif, seketika alat akan mengeluarkan air untuk memadamkan api di dalam ruangan.

Itulah beberapa tips mencegah kebakaran dalam rumah. Guna memberikan perlindungan ekstra pada hunian Anda, ada baiknya Anda menggunakan asuransi kebakaran dari Garda Home. Asuransi ini bahkan dapat dibeli tanpa harus survei bangunan dengan premi murah per tahun!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.