Masakan Ikan Patin

Masakan Lezat Ikan Patin Yang Perlu Dicoba!

Diposting pada

EdiSutanto.com – Daging ikan patin lebih banyak dibandingkan dengan ikan air tawar lain. Ini terlihat dari ukuran ikan patin yang memang cenderung lebih besar. Ditambah rasanya yang gurih, ikan patin sangat cocok dijadikan olahan berbagai jenis ikan yang Anda ketahui. Jangan lupa, sebelum memasak ikan patin dibersihkan dahulu! Anda harus membuang organ bagian dalam ikan dan memotong seluruh sirip ikan. Setelah itu, cucilah ikan dan lumuri dengan jeruk nipis, garam, dan lada agar bau anyir berkurang!

Masakan Lezat Ikan Patin

Ikan Patin Goreng Tepung dengan Saus Tartar

Keluarga biasanya suka dengan segala sesuatu yang dimasak secara garing atau gurih tidak terkecuali dengan ikan patin. Caranya sangat mudah. Anda siapkan saja ikan patin yang sudah dibersihkan dan dilumuri dengan campuran jeruk nipis dan garam. Jika patin cukup besar, Anda dapat memotongnya dengan beberapa ukuran sesuai selera.

Sediakan 3 wadah yang isinya berbeda-beda. Wadah pertama berisi tepung terigu secukupnya, wadah kedua berisi telur yang sudah dikocok, dan wadah ketiga berisi tepung roti.

Baluri seluruh permukaan ikan patin dengan tepung terigu, kemudian gulingkan di atas wadah kedua, dan terakhir gulingkan kembali di wadah ketiga sambil sedikit dipencet-pencet.

Setelah seluruh ikan patin mengalami proses di atas, gorenglah hingga warnanya kekuningan. Terakhir, Anda menyiapkan saus tartar dengan menyampurkan mayones, perasan lemon, dan bubuk parseley. Hidangkan ikan patin goreng tepung bersama saus yang sudah dibuat. Seluruh keluarga pasti akan menyukai sajian ini.

Ikan Patin Asam Pedas

Asam pedas merupakan hidangan olahan khas Padang dalam memasak ikan. Pas pula digunakan dengan menu utama ikan patin. Haluskan bumbu seperti biasa, yaitu bawang putih, bawang merah, cabe, dan kunyit. Setelah halus, tumislah bersama dengan serai, jahe, lengkuas, dan daun kunyit. Saat sudah harum, masukkanlah ikan patin bersama irisan cabe dan tomat. Kemudian ditambahkan sedikit air. Tunggu sampai ikan terlihat matang dan matikan kompor. Ikan patin asam pedas yang menggugah selera siap dihidangkan.

Sup Ikan Patin

Membuat sup dengan sajian ikan patin di dalamnya sama mudah dengan memasak sup ayam. Sebagai langkah awal, Anda menumis bawang putih, bawang merah, bawang bombay, jahe, lengkuas, serai dan daun salam yang telah dihaluskan. Ketika sudah berbau harum, masukkan pula saus tiram dan aduk rata sebentar dengan api kecil.

Masukkan air secukupnya dan biarkan hingga mendidih. Kemudian barulah ikan patin dimasukkan bersama wortel dan kembang kol. Saat sayuran sudah terlihat empuk, Anda dapat memasukkan ke dalam masakan tomat hijau kecil, cabe rawit, daun bawang, daun seledri, dan daun kemangi. Jangan lupa tambahkan garam dan lada putih secukupnya ya!.

Tunggu sampai tomat terlihat sedikit layu. Selanjutnya hidangkan selagi panas. Makin nikmat jika Sup disajikan bersama nasi di saat hujan turun.

Oh ya untuk mendapatkan ikan patin yang segar selain mencari di pasar yang benar-benar segar cara lain adalah dengan memacing sendiri di empang atau danau. Bagi Anda yang hobi memancing ini ada resep umpan jitu ikan patin yang boleh dicoba agar hasilnya memuaskan.

Itulah beberapa pilihan masakan ikan patin yang gurih dan mudah dibuat. Selamat mencoba!.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *