Fakta Tentang Ikan Patin

Fakta Tentang Ikan Patin, Ikan Unggulan Indonesia

Diposting pada

EdiSutanto.com – Ikan patin yang mempunyai nama latin Pangasius, merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang pupuler di Indonesia. Ikan perairan Indonesia yang sudah banyak dibudidayakan atau dalam bahasa lain didomestifikasi ini mempunyai berbagai jenis. Di antaranya, adalah Pangasius atau Pangasius jambal, Pangasius humeralis, Pangasius lithostoma, Pangasius nasutus, pangasius polyuranodon, Pangasius niewenhuisii. Ikan Patin adalah sekelompok ikan berkumis yang termasuk dalam genus Pangasius, famili Pangasiidae.

Fakta Tentang Ikan Patin, Ikan Unggulan Dari Indonesia

Anda suka mengonsumsi ikan patin? Yuk ketahui beberapa fakta tentang ikan patin di bawah ini!

  • Ikan sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Bahkan Indonesia menjadi pemasok sebagian besar ikan patin dunia, sekitar 16,11 persen. Wilayah Indonesia yang sukses membudidayakan patin, yaitu Jambi, Palembang, Riau, Lampung, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.
  • Patin hidup di air tawar dan ternasuk hewan nokturnal atau yang bergerak aktif di malam hari. Saat siang mereka bersembunyi di liang-liang atau lubang habitat aslinya.
  • Penyebarannya di perairan Indonesia terdapat di Sungai Musi, Batanghari, Indragiri, Brantas, Bengawan Solo, Mahakam, Kapuas, dan beberapa sungai besar lain.
  • Ikan patin mempunyai bentuk tubuh memanjang dan berwarna putih. Di bagian punggungnya sedikit berwarna kebiruan.
  • Sepintas mirip dengan ikan lele, hanya saja lebih besar, ikan juga tidak mempunyai sisik. Tubuhnya dapat mencapai 120 cm dan mempunyai kumis lebih pendek dari ikan lele di bagian mulut. Di bagian sirip punggung juga terdapat patil untuk melindungi diri.
  • Ikan patin dapat dikonsumi dan rasa dagingnya gurih dan lezat. Ikan mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, yaitu rendah soduim, kalsium, zat besi, protein, lemak, dan mineral.
  • Ikan patin kecil ukurannya 5 sampai 12 cm juga sering digunakan sebagai ikan hias.
  • Ikan patin di alam atau di peternakan hidup bergerombol. Oleh karena itu, jika Anda mengamati akan ditemukan beberapa menit sekali ikan patin akan berada di atas permukaan secara bersama untuk menghirup oksigen yang ada di atas.

Itulah beberapa fakta tentang ikan patin! Buat Anda yang belum pernah mencoba mengonsumsinya patut dicoba. Pasti ketagihan karena rasanya yang gurih. Sementara itu, bagi yang sedang mencari alternatif usaha baru di bidang pertanian, budidaya ikan patin akan sangat menguntungkan.

Untuk Anda yang hobi dengan memancing juga perhatikan fakta diatas bahwa ikan ini aktif dimalam hari dan siangnya masuk ke lubang rumahnya. Umpan ikan patin juga harus disiapkan ketika ingin memancing agar hasilnya maksimal.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *