Perbedaan ikan mujair dan ikan nila

Kenali Perbedaan Ikan Mujair dan Ikan Nila

Diposting pada

EdiSutanto.com – Ikan mujair mempunyai ciri khas tubuh bersisik dengan bentuk agak bulat. Ternyata, di pasaran hanya dengan mengenal ciri yang demikian Anda dapat terkecoh. Ada ikan yang juga cukup populer dengan ciri mirip, yaitu ikan nila. Dua ikan ini mempunyai perbedaan yang tidak banyak sehingga Anda harus kenali agar tidak salah membeli.

Perbedaan Ikan Mujair dan Ikan Nila

Sepintas kedua ikan ini memang hampir sama. Anda akan kesulitan membedakannya. Orang menyebutnya sebagai serupa tetapi tidak sama. Dengan kesamaan tersebut, bisa jadi Anda berniat membeli ikan mujair mendapatkan ikan nila. Begitu pula sebaliknya.

Agar tidak terkecoh, di bawah ini ada beberapa perbedaan ikan mujair dan ikan nila yang dapat dilihat.

Ukuran Tubuh Ikan

Jika seekor ikan nila dan seekor ikan mujair didekatkan untuk dibandingkan, Anda akan melihat perbedaan dari ukuran dan bentuk tubuh. Tubuh ikan mujair terlihat lebih bulat alias lebih besar dan nila akan terlihat lebih kecil. Perbandingan antara panjang dan tinggi ikan mujair adalah 2 : 1. Sementara ikan nila mencapai 3 : 1. Itu sebabnya, ikan nila nampak lebih ramping.

Sirip Ikan

Sirip ikan mujair dan nila berbeda jumlahnya. Dengan tubuh yang lebih besar, ikan mujair mempunyai jumlah sirip lebih banyak. Di bagian punggunya terdapat 15 sampai 17 sirip dengan duri yang tajam dan 10 sampai 13 sirip dengan bagian ujung lebih lunak.

Sementara itu, ikan nila hanya mempunyai sekitar 11 sirip lunak dan 16 sirip tajam. Selain jumlah siripnya, Anda dapat memperhatikan penampakan sirip ikan mujair dan nila. Pada sirip punggung dan ekor ikan nila akan tampak garis atau pola vertikal atau tegak. Ikan mujair siripnya tidak mempunyai pola tertentu.

Kepala Ikan

Kepala ikan mujair nampak lebih besar sesuai dengan ukuran tubuhnya. Bagian mulutnya membulat ke arah kepala. Sedangkan kepala ikan nila lebih kecil dengan bagian mulut lebih runcing.

Itulah 3 sifat fisik yang membedakan ikan mujair dan ikan nila. Jika Anda masih tidak yakin dengan jenis ikan yang akan dibeli, jangan sungkan untuk bertanya kepada penjual.

Selain perbedaan 3 hal di atas, reproduksi ikan saat budidaya ikan juga berbeda. Indukan ikan nila baru dapat menghasilkan benih di usia 1 sampai 2 tahun. Sedangkan Ikan mujair lebih cepat lagi. Saat panen pertama, Anda sudah dapat melihat induknya sekaligus bertelur. Artinya, ikan mujair bereproduksi sekitar usia 3 sampai 4 bulan saja. Itu sebabnya budidaya ikan mujair sering dipilih. Keuntungan yang diperoleh lebih cepat.

Selain mengenali kedua ikan tersebut saat dipasar Anda juga harus bisa mengenali ketika sedang pergi memancing. Ikan mujair lebih banyak tersebar diperairan Indonesia seperti di Danau, Tambak, Sungai, Waduk, dll. Dan cara memancingnya pun ikan mujair lebih mudah untuk didapatkan ketimbang ikan nila. Apalagi Anda pintar mencoba umpan ikan mujair dengan berbagai tipe seperti dari lumut, pelet dan cacing pasti hasilnya akan maksimal.

Itulah ciri dan perbedaan ikan mujair dan ikan nila yang simpel dan mudah dipelajari dari bentuk tubuhnya.

One thought on “Kenali Perbedaan Ikan Mujair dan Ikan Nila

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *