Perbedaan ikan mas koki dan mas koi

Perbedaaan Ikan Mas Koki dan Mas Koi

Diposting pada

EdiSutanto.com – Ikan mas merupakan ikan dengan mempunyai macam jenis yang banyak. Di beberapa daerah di Indonesia sering disebut dengan nama-nama lain sehingga terkadang dianggap berbeda. Ada yang menyebutnya ikan karper, ikan tombro, ikan kanora, ikan tiekeu, ikan raja, ikan rayo dan lain-lain. Itu merupakan jenis ikan mas yang dikunsumsi. Sementara untuk ikan hias, ada ikan mas koki dan ikan mas koi.

Apakah ikan mas koi termasuk ikan mas juga? Ya, ikan mas koki dan ikan koi berasal dari family yang sama. Mereka hanya berbeda sedikit. Tidak percaya? Coba saja perhatikan ikan koi, ikan mas koki, dan ikan mas yang biasa dikonsumsi! Pasti kamu akan menemukan banyak persamaannya. Lalu apa perbedaannya? Ini dia beberapa di antaranya!.

Perbedaaan Ikan Mas Koki dan Mas Koi

Ikan mas Koki

Ikan mas koi dalam bahasa latin disebut Cyprinus caprio haemotapterus dan ikan mas koki mempunyai nama latin Carassius auratus. Berdasarkan namanya, justru yang satu genus dengan ikan mas yang biasa kamu konsumsi adalah ikan koi. Ikan mas konsumsi atau ikan karper mempunyai nama latin Cyprinus carpio specularis.

Berdasarkan fisik tampak depan, ikan mas koi mempunyai sungut atau seperti kumis atau misai pada ikan lele. Sementara ikan mas koki tidak mempunyai.

Baca juga: Jenis Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koi

Ikan mas koki mempunyai ratusan varietas, dilihat dari warna dan bentuk tubuh yang berbeda-beda sedikit. Ikan koi hanya memiliki 3 jenis berdasarkan warnanya, yaitu corak merah dan hitam di atas dasar putih, merah dan putih di atas dasar hitam, dan merah di atas pola dasar putih.

Ikan mas koki mempunyai sirip yang selalu berpasangan, mulai dari sirip punggung, sirip dada, sirip perut, sirip ekor, dan sirip dubur. Sirip-sirip ini nampak menjuntai dan panjang sehingga nampak ikut meliuk saat ikan bergerak. Sementara ikan koi mempunyai sirip yang lebih pendek. Sirip punggungnya memanjang di bagian atas.

Baca juga: Umpan Ikan Mas

Mata merupakan bagian perbedaan mas koi dan mas koki yang menyolok. Ikan mas koki mempunyai mata besar dan menonjol yang tidak dimiliki oleh ikan mas lainnya.

Itulah perbedaan ikan mas koki dan mas koi yang paling mendasar. Mana yang menjadi favorit Kamu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *