Jenis Ikan Mas

Jenis Ikan Mas yang Paling Dikenal di Masyarakat

Diposting pada

EdiSutanto.com – Siapa dari kamu yang tidak kenal dengan ikan mas? Ikan yang dikenal dengan warna kuning, orange, merah, dan keemasan. Itu sebabnya diberi nama ikan mas meski sebenarnya ada pula jenis dengan warna hitam atau kecoklatan.

Secara umum, ikan ini cukup dikenal di masayarakat, baik sebagai ikan konsumsi atau sebagai ikan hias. Sebagai ikan konsumsi, masyarakat gemar karena rasanya yang lezat untuk berbagai olahan dan mengandung nutrisi tinggi. Sementara sebagai ikan hias, ikan ini mudah pemeliharaannya di akuarium, cantik, dan harganya tidak terlalu mahal.

Jika kamu membuka buku ilmiah atau searching via Google, jenis ikan mas ada berbagai macam, lebih dari 10. Namun, tidak semua dikenal atau terkenal. Di antara ikan mas hias dan konsumsi yang paling dikenal dalam kehidupan sehari-hari adalah jenis di bawah ini.

Jenis-Jenis Ikan Mas

Ikan Mas Koi

Ikan Mas Koi

Ikan mas koi atau kamu mungkin menyebutnya sebagai ikan koi saja. Beberapa orang menganggap koi berbeda dengan ikan mas. Namun, berdasarkan sains keduanya dikelompokkan sama. Ikan ini merupakan jenis ikan hias yang sangat menarik dilihat dari warna tubuhnya.

Ya, tubuhnya berwarna-warni cerah menyala. Campuran antara hitam, putih, merah, ornage, atau kuning. Dari golongan ikan mas hias , koi termasuk ikan mas yang harganya paling tinggi.

Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki

Ada ikan koi, ada pula ikan mas koki. Serupa tetapi tidak sama. Jenis ikan mas koki termasuk yang digemari pecinta ikan hias. Ciri khasnya ada jambul di bagian kepala untuk membedakannya dengan koi. Perbedaan lainnya adalah ikan koi mempunyai sungut atau sejenis kumis di bagian depan sementara ikan mas koki tidak.

Ikan Mas Kumpay

Ikan Mas Kumpay

Ikan ini merupakan jenis ikan mas hias lain. Keunikannya terletak pada sirip yang memanjang atau menjuntai ke bawah dan sisik yang berwarna-warni. Sisik berwarna gabungan kuning, hijau, perah, dan putih ini akan terlihat indah, menyatu dengan sirip ketika bergerak.

Ikan Mas Majalaya

Ikan Mas Majalaya

Mungkin kamu tidak terlalu memperhatikan jenis ikan mas ketika membeli dan memasaknya. Di pasaran, ikan mas Majalaya termasuk favorit dan banyak dibudidayakan karena pertumbuhannya yang cepat. Pertama kali dibudidayakan tahun 1933 dan sampai saat ini masih ada, ikan ini mempunyai warna khas hijau keabu-abuan.

Untuk mendapatkan ikan mas ini selain membeli dipasar kamu juga bisa mendapatkannya dengan cara memancing di empang atau danau. Ada racikan jitu umpan ikan mas berikut ini untuk dapatkan hasil yang memuaskan, coba saja.

Ikan Mas Punten

Ikan Mas Punten

Sama dengan ikan Majalaya yang merupakan nama daerah yang pertama kali membudidayakannya, punten juga dikembangkan pertama kali di Punten, jawa Tengah. Ciri khas ikan mas Punten jenis ini terletak pada bagian bahunya yang lebih lebar dibandingkan ikan mas jenis lain.

Agar budidaya ikan mas lebih produktif dalam hal panen dan cepat menghasilkan untung maka siasati dengan memberikan umpan jitu ikan mas yang cocok dan teratur.

Itulah jenis ikan mas yang paling banyak dipasaran dan dibudidayakan. Baik untuk keperluan konsumsi atau ikan mas hias. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *