Jenis Ikan Mas Koki

Jenis Ikan Mas Koki Yang Cocok Untuk Hiasan dirumah

Diposting pada

EdiSutanto.com – Ikan hias sangat populer di Indonesia. Ikan ini biasanya diletakkan di akuarium berbagai bentuk dan menjadi hiasan di ruang tamu. Selain itu, memandangnya mempunyai sensai sendiri bagi sebagian orang dan bisa untuk mengurangi rasa stres.

Ikan mas koki merupakan ikan hias yang paling populer di Indonesia. Harganya murah dan jenisnya cukup bervariasi, Keindahannya? Tidak kalah dengan ikan lain yang berharga lebih mahal. Perawatannya juga cenderung lebih mudah.

Kamu berminat memelihara ikan mas koki sebagai ikan hias dirumah? Di bawah ini rekomendasi beberapa jenis ikan mas koki yang populer dan mudah perawatannya.

Jenis Ikan Mas Koki Yang Cocok Untuk Hiasan dirumah

Ikan Mas Koki Komet

Ikan mas koki jenis ini memiliki tubuh yang lebih ramping dibandingkan jenis lain yang gendut. Selain itu, ciri khasnya adalah sirip ekor yang hanya ada satu dan panjang. Harga ikan mas koki hias di pasaran juga cukup murah. Paling rendah berkisar lima ribu rupiah per ekor.

Ikan Mas Koki Fantail

Ikan mas jenis ini awalnya digemari di Jepang. Ciri khas koki fantail terletak pada warna gradasi sempurna pada tubuhnya, yaitu merah dan orange. Ikan hanya mempunyai satu sirip tegak di bagian atas dan empat sirip di bagian bawah. Kelebihan ikan mas koki hias ini yaitu cukup kuat dengan perawatan minimal.

Ikan Mas Koki Oranda

Bila mas koki fantail populer awalnya di Jepang, sedang ikan mas oranda populer di Indonesia. Tidak hanya warna tubuh yang indah, ikan ini mempunyai keunikan dengan tonjolan seperti rasberry atau jambul yang hampir menutup sebagian wajahnya. Ekornya juga panjang sehingga liukannya saat berenang enak dipandang.

Ikan Mas Koki Lionhead

Sesuai dengan namanya, lionhead ikan mas koki ini mempunyai jambul di kepala yang mirip dengan surai singa. Jambul yang tumbuh sesuai dengan ukuran besar mengikuti ukuran tubuhnya.

Ikan Mas Koki Ranchu

Ikan mas koki jenis ini termasuk baru di Indonesia dan sepintas mirip dengan lionhead karena memiliki jambul, seperti surai pula. Perbedaannya, ikan ini tidak memiliki sirip punggung dan sedikit bungkuk. Sisiknya berpola seperti mutiara sehingga nampak indah menghias akuarium.

Oh ya karena artikel ini membahas tentang ikan mas, mungkin diantara kamu juga ada yang hobi dengan memancing ikan mas. Ini ada racikan jitu umpan ikan mas yang bisa kamu coba agar hasil pancingan lebih maksimal.

Itulah jenis ikan mas koki yang paling digemari di Indonesia dan dapat hidup lama, bahkan sampai 10 tahun dengan perawatan tepat. Ikan mas jenis mana yang kamu pilih sebagai penghias akuarium?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *