Ciri-Ciri Ikan Mas

Ciri Ciri Ikan Mas Yang Perlu DiKetahui

Diposting pada

EdiSutanto.com – Kamu tau ikan mas? Ikan ini mempunyai ciri-ciri mendasar berwarna khas orange atau kuning atau merah, hal yang menyebabkan disebut sebagai ikan mas. Sejatinya ikan ini dapat berwarna hitam, kecoklatan, bahkan kehijauan. Mungkin kamu pernah melihat ikan mas di dapur sebelum dimasak yang berwarna hitam kehijauan.

Jenis ikan mas ini banyak sekali! Di beberapa daerah Indonesia ikan ini sudah dibudidayakan sejak sebelum masa kemerdekaan. Mereka mempunyai nama sendiri, seperti ikan majaleya, ikan puten, ikan karper, dan lain-lain.

Setiap jenis ikan tersebut mempunyai ciri khas masing-masing. Namun, tentu saja sebagai family besar dalam nama ilmiah, ciri ikan mas mempunyai kesamaan, yaitu:

Ciri Ciri Ikan Mas Yang Perlu DiKetahui

Ikan mas mempunyai tutup insang atau opeculum. Jika ingin membeli dan memeriksa kesegarannya, Kamu harus membuka bagian tutup insang ini.

Badan ditutupi oleh sisik yang bertipe sikloid. Berdasarkan sisik ini, ikan mas dibagi menjadi tiga subspesie, yaitu Cyprinus carpio communis yang mempunyai sisik konsentris, Cyprinus carpio specularis yang mempunyai sisik sepanjang sisi tubuh, dan Cyprinus carpio colaceus yang tidak mempunyai sisik di bagian belakangnya dan memiliki kulit tebal.

Ikan mas mempunyai sepasang sirip di bagian dada, perut, dan punggung, serta ekor. Khusus pada sirip ekor mempunyai cabang dua yang sama panjang sehingga disebut sirip homoserkal. Sementara pada ikan betina sirip punggung atau yang terlihat pada bagian atas ikan nampak lebih panjang.

Mempunyai bentuk tubuh panjang yang seimbang. Pada saat dewasa ukurannya mencapai 30 sampai 60 cm. Berat ikan mas bervariasi antara 0,5 sampai 4 kg. Semakin besar ikan, kandungan lemaknya semakin tinggi.

Baca juga: Umpan Jitu Ikan Mas

Ciri ikan mas hidup di air tawar yang bersih dan berarus pelan. Kamu dapat menemukannya di sungai atau danau. Beberapa juga dapat hidup di air sedimen atau air endapan.

Warna ikan pada umumnya bevariasi antara hitam, putih, merah, orange, dan kuning atau seputar warna tersebut. Misalnya, ikan mas punten yang mempunyai warna hitam kehijauan dan ikan mas si nyonya yang berwarna kuning muda.

Itulah ciri-ciri ikan mas secara umum yang banyak ditemukan! Jangan tertukar dengan ikan nila atau ikan mujair saat membelinya di pasar ya!.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *