Posted By Edi Sutanto
Tag:
HOSTING: Perbedaan Hosting Gratis Google dan Hosting Berbayar Untuk Website

EdiSutanto.com – berbicara tentang Hosting berarti kita akan membahas seputar situs / website. Dan Hosting sendiri adalah tempat penyimpanan file yang akan digunakan untuk membuat halaman website.

Website tidak lepas dari kedua (2) istilah ini, yaitu Domain dan Hosting. Untuk pembahasan kali ini saya akan mengulas lebih mendalam tentang apa itu Hosting, tapi jangan khawatir simak aja artikel berikutnya yang mudah-mudahan akan membahas tentang apa itu Domain yang akan saya ulas lebih mendalam.

Perbedaan Hosting Gratis Google dan Hosting Berbayar Untuk Blog

Web Hosting

Hosting adalah tempat penyimpanan file-file, seperti Gambar, File Txt, File HTML, File CSS dan masih banyak lagi. File-file tersebut berkaitan dengan isi halaman website yang memang website tersebut harus memerlukan isi file untuk dapat menampilkan suatu halaman yang mempunyai isi pada halaman web tersebut.

Halaman website bisa berupa kumpulan-kumpulan dari banyak file (video, gambar, script/kode) dan lainnya. Sehingga untuk menyimpan semua file-file tersebut diperlukan yang namanya Hosting.

Jasa Hosting sudah banyak tersedia di Internet, kamu hanya cukup menyewa sesuai dengan kapasitas penyimpanan yang dapat menampung dari size / ukuran file-file website kamu. Lebih besar kapasitas tentunya harga yang dibandrol lebih tinggi lagi.

Dengan menyewa Hosting dari jasa Hosting kamu tinggal memasang dan halaman website mu pun sudah bisa publish di Dunia Maya (internet) tidak perlu ribet-ribet mensetting sana sini yang kadang membuat kita pusing.

Saran saya carilah jasa sewa Hosting yang terpercaya dan sudah populer. Karena sudah terbukti kredibilitasnya dan tidak abal-abal. Jangan menyewa jasa Hosting pada tempat yang belum jelas apalagi di tawari dengan biaya yang tidak masuk akal yang sangat murah, biasanya hal tersebut bisa jasi modus penipuan atau kredibel jasanya kurang bagus. Dengan hal itu kamu bisa di pusingkan untuk kedepannya.

Untuk harga Hosting adalah relatif, tergantung besar kecilnya penyimpanan dan lain-lain, semua tersebut bisa kamu cari info di jasa sewa Hosting.

Untuk kamu yang masih awam dengan Hosting, setidaknya sudah sedikit terbuka ya dengan pengertian Hosting diatas, sehingga bisa dilanjut lagi untuk pembahasan Hosting Gratis dari Google, cekidot.

Apa Itu Hosting Gratis Google

Google Cloud

Google telah memberikan layanan sewa Hosting gratis selamanya, yang dapat kita gunakan untuk membuat website dan blog pribadi.

Hosting gratis dari Google memberikan manfaat yang positif untuk blogger pemula dan juga sebagian penggunanya yang minim Budget / keterbatasan biaya, dan kesempatan ini sangat baik dan jangan kita sia-siakan.

Dimana kita bisa mendapatkan sewa Hosting gratis dari Google? Mudah saja, dengan cara akses web resminya di www.blogger.com. Disitus tersebut kamu bisa membuat website dan blog secara gratis. Sudah disediakan oleh Google Hosting tanpa bayar dan juga nama domain (subdomain) yang bisa kamu gunakan untuk nama blog kamu.

Apa saja yang kamu dapatkan dengan Hosting gratis pada Google (blogger.com) ini?

  1. Nama subdomain dari Google, yaitu contoh “namadomain.blogspot.com“.
  2. Hosting gratis selamanya.
  3. Cpanel / CMS (Content Management Sistem) artinya Halaman Admin untuk semua aktifitas dari ngeblog kamu. Dari halaman Post Admin, Halaman pengaturan tema, dan lainnya.

Dari ketiga (3) support yang diberikan Google tersebut kamu sudah bisa membuat halaman website / blog yang baik.

Hosting gratis Google ini sudah banyak digunakan oleh para Blogger di Dunia, baik oleh pemula maupun senior blogger. Karena memang sudah teruji dan sangat bisa diandalkan untuk hal membuat Blog dan Website.

Perlu diketahui, Apa yang dapat di manage / atur dengan Hosting Gratis dari Google:

  • Tentunya Hosting gratis itu sendiri
  • Mematuhi syarat dan peraturan dari Google, umumnya Hosting gratis ini sepenuhnya milik Google, jadi kamu tidak leluasa untuk menyimpannya.
  • File tertentu saja yang bisa di Upload dan terbatas, meskipun unlimited

Oh ya, untuk membuat blog / website profesional kamu dituntut untuk membuat nama Brand sendiri dari blog kamu. Karena Hosting gratis hanya menyediakan nama blog dari subdomain Blogspot, maka dari itu nama tersebut kurang memiliki nama Brand untuk blog / website kamu. Sehingga jika dilihat dari sudut domain kurang profesional.

Bayangkan saja, kamu membuat suatu blog pribadi dengan nama bawaan Hosting gratis Google yaitu “edisutanto.blogspot.com maka nama itu terlalu panjang untuk nama Brand blog kamu, lebih baik gunakan nama domain ini “edisutanto.com” maka user / pembaca akan lebih mudah mengenal dan mengingatnya, sehingga nama domain kamu lebih Brandable.

Nah dari nama domain yang Brandable tersebut kamu harus menyiapkan / membeli domain pada jasa Domain yang sudah banyak di Internet.

Satu lagi, ini masalah Tema / Template, apakah itu? Template blog adalah desain tampilan blog yang harus kamu pasang pada halaman blog kamu. Nah jika kamu ingin membuat template yang profesional maka kamu harus menyiapkan beberapa Budget tambahan untuk membelinya. Tapi hal ini tergantung dari kondisi dan kesepakatan dengan Jasa pembuat web, jika dia menyiapkan maka its’ok kamu cukup memangkas Budget yang seharusnya dikeluarkan untuk biaya beli Template tersebut. Tapi selain Template premium yang kamu gunakan untuk blog kamu dengan cara membeli, kamu juga bisa gunakan template Gratisan dari berbagai Developer Tempalte yang ada di Internet. Cukup hemet bukan.

Cara ini bisa digunakan untuk memangkas budget yang cukup lumayan besar. Karena harga dari Template relatif mahal.

Dari penjelasan diatas, jadi kamu hanya menyiapkan nama Domain Brandable dan Template (kondisional) saja untuk dapat membuat Blog / Website profesional.

Panduan membuat Blog Gratis dari Hosting gratis Google di artikel ini “Cara Membuat Blog Gratis“. Kemudian dilanjut dengan pengertian Hosting berbayar, dibawah ini.

Apa Itu Hosting Berbayar (Sewa Hosting)

Harga Hosting

Hosting berbayar adalah hosting yang dibeli pada jasa hosting untuk keperluan pembuatan blog / web, dengan biaya yang murah sampai tinggi tergantung kapasitas.

Dengan Hosting berbayar kamu sangat bebas didalam penyimpanan semua file blog, dari HTML, CSS, PHP, JavaScript, Video, MP4, Gambar, dan lainnya.

File-file tersebut dapat kamu olah dan gunakan untuk keperluan membuat website / blog, beda dengan Hosting gratis dari Google yang tidak sebebas dari Hosting berbayar ini. Disinilah letak keunggulannya.

Hosting berbayar dapat kamu gunakan untuk membuat blog dan website profesional dengan banyak Platform, seperti (WordPress, Drupal, Magento, CMS sendiri, dll). Sehingga kamu lebih leluasa dalam pemilihan CMS platform yang digunakan.

Untuk pengaturan dan keperluan lain dari pembuatan web juga sudah disediakan dari Jasa sewa Hosting, dari Cpanel, Page Builder, Tema gratis, dll sudah disediakan oleh jasa Hosting, jadi kamu tidak perlu takut untuk kedepannya.

Dan berapa si biaya / budget yang perlu dikeluarkan untuk membeli sebuah Hosting?

Nah ini juga relatif, tergantung size kapasitas yang disewa. Contoh kecil saja kamu dapat menyewa jasa Hosting per 1GB storage dengan biaya 10.000 perbulan dan 120.000 pertahun.

Gimana masih terjangkau bukan. Untuk kelengkapan dan kapasitas yang lain, kamu bisa cari web jasa Hosting di Internet.

Baca juga : Estimasi Harga Membuat Website

Jika sudah mengetahui kisaran budget untuk membeli hosting berbayar, kini kamu jika menginginkan blog / website profesional maka siapkan juga nama Domain agar Brandable seperti pembahasan diatas, scroll keatas jika kamu melewatkan pembahasannya.

Untuk Tema / Template website sama dengan pembahasan diatas, sifatnya kondisional bisa dengan yang gratis dan juga premium (berbayar).

Sampai disini kamu sudah mempelajari tentang Hosting Gratis dan Hosting Berbayar yang bisa kamu pilih untuk membangun blog / website kamu Go Public.

Kesimpulan: Hosting Gratis dan Hosting Berbayar mempunyai kelebihan dan kekurangan, salah satunya menyangkut Budget. Tapi untuk Hosting Gratis dari Google walaupun free tapi tetap powerfull. Sehingga kamu bisa memilih sesuai kemampuan.

Nantikan pembahasan menarik lainnya seputar Hosting, Domain, Blog dan Template untuk pembahasan lebih lanjut. Terima kasih, salam sukses.

2 comments found

    comments user

    Idekubagus

    Lengkap sekali penjelasan nya gan. Kalau ga mau repot urus hosting memang blogspot udah mantep lah

    Balas

      comments user

      Edi Sutanto

      Iya gan sesuai kebutuhan aja

      Balas

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *