Posted By Edi Sutanto
Syarat dan Cara Membuat Surat Pindah Domisili (Mudah)

EdiSutanto.com – Jika kamu sudah menetap dan bertempat tinggal disuatu tempat yang berbeda alamat dengan tempat sebelumnya, maka kamu diwajibkan mengurus surat pindah tempat tinggal atau domisili.

Surat pindah domisili bertujuan untuk kepengurusan surat yang lain seperti KK baru, KTP baru karena pindah alamat sehingga harus diurus cabut berkas agar tidak terjadi identitas ganda didalam kependudukan.

Syarat dan Cara Membuat Surat Pindah Domisili

 

Tempat mengurus surat pindah domisili
Source gambar: twitter.com/dukcapilkudus/status/1015053839936831488

Berikut ini syarat yang harus disiapkan untuk membuat surat pindah domisili:

  • Pertama sebelum kamu benar-benar membuat surat pindah domisili adalah mempunyai alamat tujuan pindah
  • Kartu Keluarga (KK) asli dan fotokopi
  • KTP asli dan fotokopi
  • Siapkan pas foto 3 – 5 lembar ukuran 3×4

Kamu harus tahu lingkup mana saja yang digolongkan kedalam kepengurusan surat pindah domisili:

1. Pindah RT / RW dalam Satu Desa / Kelurahan

Jika kamu pindah alamat masih didalam satu kelurahan / desa, dalam hal ini pindah beda RT atau RW, maka cara membuat surat pindah domisili cukup dikeluarkan dan ditandatangani oleh Aparat Desa / Kepala Desa setempat.

Adapun cara membuat sebagai berikut:

  • Membuat surat pengantar yang ditandatangani oleh aparat RT dan RW
  • Surat pengantar dan dokumen lainnya diserahkan ke kantor Desa / Kelurahan untuk dibuatkan surat pindah domisili oleh Kepala Desa
  • Tahap selanjutnya kamu kekantor Kecamatan untuk mengurus KK baru (alamat lama) untuk proses pencoretan / menghapus nama pemohon dari KK lama, proses ini selesai dan Surat Pindah Domisili dari Kelurahan bisa kamu gunakan untuk mengurus KK baru dengan alamat baru.

2. Pindah Domisili Satu Kecamatan

Apabila kamu pindah alamat masih dalam satu kecamatan beda Desa, maka kamu akan membuat surat pindah domisili yang dikeluarkan dan ditandatangani oleh Aparat Desa / Kepala Desa.

Cara membuat surat pindah domisili pada golongan ini sama dengan tahapan Pindah Domisili RT / RW dalam satu Kelurahan / Desa.

Baca juga : Cara Membuat Kartu Keluarga (KK) dan KTP Baru

3. Pindah Domisili antar Kecamatan dalam satu Kabupaten

Jika kamu ingin membuat surat pindah dalam lingkup ini, kamu akan mengurus sampai ditandatangani dan dikeluarkan oleh Camat / Kepala Dinas Kecamatan.

Adapun cara membuat nya sebagai berikut:

  • Membuat surat pengantar yang ditandatangani oleh aparat RT dan RW
  • Surat pengantar dan syarat lengkap diserahkan ke kantor Desa / Kelurahan untuk dibuatkan surat pengantar pindah domisili dari Kepala Desa / Aparat Desa
  • Bawa surat pengantar dari Desa berikut syarat yang lain ke kantor Kecamatan untuk dibuatkan Surat Pindah Domisili dari Camat
  • Masih pada kantor Kecamatan, kamu sekalian mengurus KK baru / cetak baru (alamat lama) untuk proses pencoretan / menghapus nama pemohon dari KK lama, pada proses ini telah selesai dan Surat Pindah Domisili dari Kecamatan bisa kamu gunakan untuk mengurus KK baru dengan alamat baru.

4. Pindah Domisili keluar Kota / Kabupaten dalam satu Provinsi

Maka surat pindah alamat dikeluarkan dan ditandatangani oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) dikabupaten / kota setempat.

Berikut cara membuat Surat Pindah Domisili:

  • Membuat surat pengantar yang ditandatangani oleh aparat RT dan RW
  • Surat pengantar dan syarat lengkap diserahkan ke kantor Desa / Kelurahan untuk dibuatkan surat pengantar pindah domisili dari Kepala Desa / Aparat Desa
  • Bawa surat pengantar dari Desa berikut syarat yang lain ke kantor Kecamatan untuk dibuatkan surat pengantar pindah domisili dari Camat
  • Surat pengantar dari Camat dan syarat lengkap lainnya diserahkan kekantor Dispendukcapil kabupaten / Kota setempat untuk proses pembuatan surat pindah domisili. Pada tahapan ini biasanya memerlukan waktu 12 hari kerja dan KTP asli yang lama akan ditarik oleh pihak Dinas Dispendukcapil.

Baca juga : Cara Membuat Surat AKTA Kelahiran Baru, Telat dan Hilang

5. Pindah Domisili antar Provinsi

Surat pindah alamat / cabut berkas dibuat dan ditandatangai sampai pada Kepala Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) kabupaten / kota setempat.

Cara kepengurusan pada golongan ini sama dengan Pindah keluar Kota / Kabupaten

6. Pindah Tempat Tinggal Keluar Negeri

Dan jika kamu ingin mengurus surat pindah domisili keluar Negeri kamu bisa mengurus sampai kantor Dispendukcapil wilayah kabupaten / kota setempat seperti tahapan Pindah Domisili antar Provinsi dan dengan melengkapi persyaratan seperti di web pemerintahan Dispendukcapil Surabaya ini.

 

Cara Membuat Surat Pindah Domisili Online

 

Ada beberapa Kabupaten dan Kota yang sudah menerapkan cara pembuatan Surat Pindah secara Online, sehingga dapat memudahkan para pemohon untuk mengurusnya. Pada link Cara Membuat Surat Pindah Domisili Online ini kamu bisa cek dan lihat daerah mana saja yang sudah diberlakukan pengurusan berkas kependudukan Online.

[ UPDATE ]

Info dari artikel resmi Kemendagri bahwa Membuat Surat Pindah Domisili tidak perlu pengantar dari Rt/Rw sampai Kecamatan, kamu cukup langsung ke kantor Dukcapil setempat dengan membawa Foto kopi Kartu Keluarga (KK) untuk meminta surat keterangan pindah. Tetapi meskipun demikian sebagian atau banyak bagian wilayah masih belum menerapkan aturan baru ini, dan pihak Kemendagri masih terus melakukan sosialisai ke berbagai wilayah Dukcapil yang belum melaksanakannya.

Jadi jika daerah Dukcapil kamu masih belum menerapkan aturan Membuat surat pindah domisili yang baru ini, kamu tidak perlu berkecil hati, coba informasikan saja ke pihak terkait.

Sumber : https://www.kemendagri.go.id/blog/28327-Kemendagri-Terapkan-Kebijakan-Pindah-Domisili-Tak-Perlu-Pengantar

Sampai disini penjelasan syarat dan cara membuat surat pindah domisili semoga membantu, sebarkan berita ini untuk informasi kepada teman dan kerabat kamu jika berkenan.

Ada yang belum jelas? isi kolom komentar.

26 comments found

    comments user

    dessy

    apakah sekarang ngurus cabut berkas pindah dari kebupaten ke kota dalam satu provinsi sudah bisa dikecamatan?

    Balas

      comments user

      Edi Sutanto

      Pada umumnya masih ke Dispendukcapil

      Balas

    comments user

    Akmal

    Bikin surat pindah bisa ngak pake buku nikah aja

    Balas

    comments user

    Yulianti

    Apakak pindah kk tampa nama suami bisa

    Balas

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *