Perbedaan Paspor dan Visa

Perbedaan PASPOR dan VISA yang Harus Kamu Tau

Diposting pada

EdiSutanto.com – Saya rasa masih banyak orang yang belum begitu paham dengan pengertian dua surat dokumen ini yaitu Paspor dan Visa. Mungkin ada yang mengira dua surat itu sama, padahal berbeda. Memang saling mengikat satu sama lain sehingga definisi dan fungsinya terkadang membingungkan.

Mari kita bahas perbedaan antara Paspor dan Visa sehingga dalam pengurusannya tidak lagi rancu. Karena surat dokumen resmi ini penting jika kamu ingin bepergian keluar negeri. Tanpa dokumen ini kamu tidak bisa masuk ke negara lain. Ribet ya.. eitt engga ko, jika kamu tahu definisi, perbedaan dan fungsinya masing-masing untuk apa.

Sebenarnya di artikel sebelumnya sudah dibahas apa itu Paspor dan apa itu Visa, untuk itu kamu bisa baca-baca lebih lanjut lengkapnya pada artikel tersebut. Tapi pada artikel ini akan saya bahas poin yang membedakan kedua dokumen tersebut.

Perbedaan PASPOR dan VISA

Definisi singkat Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah terkait yang digunakan untuk ijin masuk ke negara lain. Sedangkan Visa singkatnya adalah tanda atau semacam stampel yang digunakan untuk bukti bahwa pemohon diijinkan masuk ke negara lain yang dituju dengan jelas yang dikeluarkan oleh lembaga pemerintah seperti Kementerian Imigrasi dan Ham, Kedutaan Besar (Kedubes) negara terkait yang berada di negara tinggal.

Urutan pembuatan dokumen ini adalah didahului dengan Paspor kemudian Visa, tidak bisa terbalik. Karena Visa nantinya akan menyatu dan terlampir didalam halaman Paspor. Paspor berbentuk seperti buku kecil dan Visa hanya seperti stampel atau cap resmi yang dikeluarkan pemerintah terkait.

Bagaimana, sudah ada bayangan dan mulai paham dengan pemaparan diatas ya, atau malah tambah pusing! :).

Paham ya, ok saya lanjutkan dengan perbedaan singkat kedua dokumen ini yaitu Paspor dan Visa, atara lain:

Tabel Singkat Perbedaan PASPOR dan VISA
Ket PASPOR VISA
Tempat Pembuatan Kantor Imigrasi Kedutaan Besar
Masa Berlaku 5 Tahun Tergantung Jenis Visa
Biaya 155rb (24 hal), 355rb (48 hal), 655rb (e-Paspor) Beragam tergantung tujuan
Jenis 6 tipe Beragam hingga puluhan/ratusan tipe tergantung negara
Bentuk Buku Kecil Stampel/Cap/Stiker
Syarat Pembuatan Tidak perlu Visa Harus ada Paspor
Urutan Pembuatan Pertama Kedua

Kesimpulan : Jika paham arti dan fungsi dari Paspor dan Visa maka akan jelas perbedaan dari kedua dokumen tersebut, yaitu dokumen berbeda yang saling berhubungan dan tidak bisa dipisahkan. Untuk mengunjungi suatu negara kamu tidak bisa hanya mempunyai salah satu dokumen ini, harus mempunyai dua dokumen tersebut.

Sekian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *