Posted By Edi Sutanto
Tag: ,
Bayar Pajak STNK Tahunan Ternyata Gampang Bangettt

EdiSutanto.com – Salam satu aspal guys, sobat pasti sudah mempunyai motor atau mobil sendiri dong ya, jika iya pasti sebagai seorang warga negara yang baik setiap tahunnya diwajibkan membayar pajak motor dan mobil STNK kendaraannya dikantor Samsat / Outlet pajak kendaraan yang sudah ditentukan diwilayah masing-masing. Ataupun Anda adalah berprofesi sebagai Jasa STNK / pajak kendaraan bagi pemula maka bisa menyimak pada artikel berikut ini, karena ternyata gampang banget untuk mengurus perpanjangan 1 tahunan motor atau mobil, tidak perlu berlama-lama menunggu karena sistem pembayarannya sudah dipermudah

Anda bisa membayar biaya pajak kendaraan baik di Outlet pajak maupun Samsat setempat. Mungkin untuk kota-kota kecil Outlet pajak kendaraan belum dibuat, dan masih berada dikota-kota besar seperti Jakarta, Bekasi, Bogor, dll.

Cara Bayar Pajak Motor dan Mobil STNK Tahunan Kendaraan Roda 2 dan 4

cara bayar pajak STNK tahunan

Outlet Samsat adalah gerai yang digunakan untuk pembayaran pajak motor dan mobil STNK tahunan selain dikantor Samsat. Ditempat ini biasanya lebih sepi dari kantor Samsatnya sendiri karena syarat dari pembayaran pajak di Outlet diharuskan tidak ada problem dengan dokumen dan penunggakan pajaknya itu sendiri, sehingga antriannya lebih sedikit dan pastinya lebih cepat prosesnya, bahkan tidak sampai 10 menit pada waktu itu.

Kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) adalah kantor pelayanan pajak STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) bermotor. Ditempat ini sobat bisa mengurus segala macam bentuk pajak kendaraan baik 1 tahunan maupun pajak 5 tahunan serta pajak telat/mogol, dan lainnya. Di Samsat sobat bisa mengantri lebih lama dari gerai Outlet Samsat karena mungkin berbagai macam tipe pengurusan ada di Samsat ini, sehingg banyak orang, tetapi syarat dan jalur pengurusannya tidak ribet seperti dulu sehingga tetap cepat prosesnya, diperkirakan 1 jam selesai.

Sekarang Anda tinggal pilih saja perpanjangan STNK bisa membayar di Outlet maupun di kantor Samsat, jika surat dokumen lengkap Admin menyarankan di tempat Outlet saja karena lebih cepat.

Sekarang apa saja Syarat Bayar Pajak Motor dan Mobil STNK tahunan yang harus disiapkan:

  • KTP Asli dan fotokopi (1)
  • BPKB Asli dan fotokopi
  • STNK Asli dan fotokopi (1)

3 surat dokumen itu untuk mengurus perpanjangan pajak STNK 1 tahunan. Mungkin ada tambahan dokumen jika ada sesuatu hal yang tidak biasa, contohnya: BPKB Asli tidak ada dikarenakan di Bank atau Leasing, maka bisa dengan melampirkan Surat Pengantar dari kantor penahan BPKB tersebut. Satu lagi jika Anda sedang menguruskan perpanjangan STNK untuk saudara Anda, maka surat tambahan yang harus dibawa adalah Surat Kuasa, sifat ini mungkin opsional karena dibeberapa Samsat tidak memerlukan surat Kuasa ini.

Baca juga : Cara dan Syarat Membayar Pajak STNK 5 Tahunan (Ganti Plat Baru)

Jika surat dokumen sudah lengkap sobat bisa mendatangi kantor Samsat / Outlet pajak dengan langkah-langkah / jalur sebagai berikut:

  • Datang kebagian Form Pendaftaran, minta dan isi bagian yang wajib diisi dengan biodata kendaraan.
  • Jika sudah diisi lengkap form pendaftaran, Anda bisa langsung ke bagian Pendaftaran / Pengesahan untuk menyerahkan Form dan surat dokumen lengkap yang dituliskan diatas (rapi).
  • Kemudian setelah dipanggil dan lolos bagian pendaftaran sobat akan diarahkan dengan Nomor antrian untuk dipanggil di bagian Verifikasi Data, kemudian sobat diarahkan untuk bagian kasir / pembayaran dengan menunggu pemanggilan nama pemilik STNK.
  • Ditempat Kasir Anda akan membayar biaya pajak STNK yang ditetapkan sesuai jenis kendaraan, kemudian akan diarahkan kembali ketempat pengambilan STNK (terakhir).
  • Tunggu untuk pengambilan STNK baru 1 tahunan pada loket yang tersedia (selesai) sobat bisa pulang dengan membawa STNK yang sudah diperpanjang pajaknya.
  • Diperkirakan dari Pendaftaran – Pengambilan STNK baru antara 10 – 20 menit jadi harap sabar, tergantung antrian pada Samsatnya.

Mudah bukan cara dan syarat bayar pajak motor dan mobil STNK tahunan untuk kendaraan roda 2 maupun 4, semoga artikel ini bermanfaat, Bayar Pajak Kendaraan Bermotor 1 TAHUNAN Ternyata Gampang Bangettt.

Tambahan jika sobat sudah membayar pajak tahunan dan ingin membayar pajak STNK 5 tahunan diartikel sebelumnya sudah dijelaskan syarat dan caranya karena memang berbeda dengan cara membayar pajak Tahunan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *