Posted By Edi Sutanto
Tag: ,
Cara Mutasi dan Balik Nama Motor dan Mobil

EdiSutanto.com – Apakah kamu akan melakukan Mutasi dan Balik Nama kendaraan kamu? jika benar, maka artikel ini tepat untuk kamu sebagai referensi sebelum kamu melaksanakannya. Jika kamu masih awam dengan pengurusan Mutasi Motor dan Mobil simak bacaan ini sampai tuntas ya, agar langkah demi langkahnya dapat kamu kerjakan serta syarat-syarat nya bisa kamu siapkan sehingga tidak ada yang terlewat.

Mutasi dan Balik Nama motor dan mobil biasanya membutuhkan waktu yang lumayan lama, dan tidak hanya sekali dua kali jalan, karena menyangkut pada 2 kantor Samsat yang lama dan  yang baru, sehingga banyak langkah yang harus kamu lewati, tapi jika kamu dapat menyimak cara mutasi dan balik nama ini dengan cermat kamu pasti dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan calo atau teman untuk mengurusnya.

Ada 2 tahapan saat kamu akan mengurus Mutasi dan Balik Nama Motor dan Mobil:

  1. Proses Cabut Berkas (Samsat Lama)
  2. Proses Masuk Berkas (Samsat Baru)

Cara Mutasi dan Balik Nama Motor dan Mobil

 

Mutasi dan Balik Nama Motor dan Mobil

1.  Proses Pertama adalah Cabut Berkas (Samsat Awal / Lama)

Syarat Mutasi dan Balik Nama saat cabut berkas:

  • BPKB asli dan salinannya
  • STNK asli dan salinannya
  • KTP Pemilik Baru dan salinan
  • Kwitansi Pembelian kendaraan yg sudah di tanda tangani pihak penjual sesuai nama di BPKB.

Setelah syarat Mutasi diatas sudah lengkap kamu bisa pergi ke kantor Samsat lama dimana Motor dan Mobil BPKB tersebut di sahkan. Langkah apa saja yang akan dilakukan pada kantor Samsat tersebut :

  • Bawa kendaraan Motor atau Mobil untuk Cek fisik kendaraan.
  • Saat masuk kantor Samsat langsung parkir saja di bagian cek fisik.
  • Sebelum cek fisik kendaraan, fotocopy dalu berkas-berkas syarat lengkap Mutasi dan Balik Nama nya untuk mendapatkan kartu gesekan oleh petugas cek fisik.
  • Setelah selesai di gesek atau cek fisikal, bawa berkas ke bagian loket cek fisik untuk proses dan legalisir datanya.
  • Setelah selesai di legalisir, kamu bawa berkas cek fisik dan berkas lain ke bagian Fiskal untuk di cek berapa jumlah pajak tunggakan atau denda-denda lainnya yang harus dibayar di samsat tersebut. Kalau tidak ada tunggakan yang harus dibayar kamu tidak akan dikenakan tambahan biaya.
  • Selesai pada bagian Fiskal, kamu bawa berkas ke bagian Mutasi, berkas akan dicek dan kemudian kamu akan mendapatkan surat keterangan bahwa kendaraan sedang proses Mutasi Balik Nama (cabut berkas). Dan kamu akan mendapatkan surat pengambilan berkas yang harus kamu ambil pada tanggal yang sudah ditentukan.

Untuk lama proses Cabut Berkas Mutasi kurang lebih memerlukan waktu 30 hari dari tanggal daftar dan nanti akan ada konfirmasi berupa SMS dari Samsat ke No HP kamu saat mencantumkan di formulir pendaftaran, untuk pengambilan berkasnya.

Untuk biaya Cabut Berkas Mutasi dan Balik Nama kurang lebih Rp. 250.000 – Rp. 500.000.

Tunggu 30 hari atau sudah mendapat SMS dari Samsat untuk pengambilan berkas, kita datang kembali ke kantor Samsat tersebut dan proses cabut berkas pun telah selesai.

Baca juga : Cara dan Syarat Bayar Pajak STNK Motor dan Mobil Tahunan

Note : Jika Nomor seri kendaraan kita jauh di luar kota, bisa saja cek fisik kendaraan di kantor Samsat terdekat daerah kamu tinggal.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk cek fisik Motor dan Mobil adalah Rp. 30.000. Sedangkan biaya untuk cek fisik bantuan Rp. 50.000 – 100.000.

Tambahan saja dan ini boleh dilakukan dan boleh tidak, karena menyangkut sosial, kamu bisa memberi upah tukang gesek karena proses gesek cek fisik tidak mudah, sering kali kondisi mesin motor dan mobil panas, kamu bisa memberi untuk motor 10.000 dan mobil 20.000.

2. Proses Mutasi kedua adalah Masuk Berkas (Samsat Baru)

Langkah dan Syarat yang harus kamu lewati untuk proses Mutasi dan Balik Nama Motor dan Mobil :

  • Datang ke kantor Samsat daerah yg dituju (baru), jangan lupa kendaraan dibawa untuk cek fisik kembali, jadi terdapat 2 kali cek fisik.
  • Setelah selesai cek fisik, pergi ke bagian loket legalisir berkas cek fisik untuk persetujuan.
  • Langkah selanjutnya ke pendaftaran Mutasi dengan terlebih dahulu minta formulir mutasi pada bagian yang sudah disediakan oleh petugas.
  • Loket Mutasi kendaraan Roda 2 (motor) dan roda 4 (mobil) biasanya berbeda, pilih sesuai dengan kendaraan kamu.
  • Setelah selesai dari loket Mutasi, kamu akan diberi tanda terima Mutasi masuk untuk pengambilan berkas dan proses pengecekan Mutasi masuk sekitar 1 minggu lamanya. Biaya pada proses loket Mutasi sekitar Rp. 250.000.

Pengambilan Berkas Mutasi Masuk dan BPKB

  • Datang kembali sesuai tanggal yang ditentukan ke kantor Samsat untuk mengambil berkas Mutasi masuk, kemudian berkas tersebut kamu bawa pada bagian BPKB untuk membayar biaya BPKB, dan kamu akan mendapat surat tanda terima pengambilan berkas kurang lebih 30 hari.
  • Datang ke kantor Samsat kembali untuk pengurusan BPKB. Biaya untuk BPKB Mobil Rp. 375.000 dan BPKB Motor Rp.250.000.

Baca juga : Cara dan Syarat Bayar Pajak Motor dan Mobil 5 Tahunan Ganti Plat

Proses Progresif

  • Setelah selesai dan kamu mendapatkan BPKB dan berkas nya, kamu bawa berkas ke bagian Progresif untuk di cek apakah nama yg di daftarkan sudah ada sebelum nya atau belum, kalau ada berarti nanti kendaraan kamu akan kena Biaya Progresif. Untuk pengecekan Progresif tidak ada biaya.

Proses Pajak Baru

  • Langkah Mutasi dan Balik Nama Motor dan Mobil tinggal 1 langkah lagi yaitu pembayaran Pajak STNK, cara nya bawa berkas syarat yang masih ada ke bagian Loket Pendaftaran pembayaran pajak, kemudian tunggu panggilan.

Biaya Pajak Kendaraan :

1. BBN = 1% – 1,5% dari harga jual kendaraan
2. Pajak = sesuai dengan kendaraan
3. SWDKIJ = Rp. 143.000 (Mobil) dan Rp.35.000 (Motor)
4. STNK = Rp. 200.000 (Mobil) dan Rp. 100.000 (Motor)
5. Plat / Kaleng = Rp. 100.000 (Mobil) dan Rp. 60.000 (Motor)
6. Pengesahan = Rp. 50.000

  • Setelah selesai dari loket pembayaran pajak, kamu tunggu untuk cetak STNK.
  • Kemudian setelah STNK jadi, kamu lanjut ke bagian cetak Plat Nomor kendaraan untuk mengambil Plat Nomor. Pengambilan Plat nomor tidak ada biaya (Gratis).
  • Masih ada 1 lagi yaitu pengambilan BPKB baru yang dimana kamu sudah pegang surat tanda terima BPKB yang bisa diambil kurang lebih 30 hari lamanya.

Note : Untuk pengambilan BPKB tergantung Kabupaten dan Kota masing-masing, ada yang di kantor Samsat ada juga di kantor Polres. Jika pengurusan Mutasi dan Balik Nama Motor dan Mobil di Purwakarta untuk pengambilan BPKB yaitu di kantor Polres dan untuk pengambilan BPKB tidak ada biaya lagi.

Selesai, dan kamu sudah dapat BPKB baru yang sudah sesuai dengan nama dan alamat yang baru.

Akhirnya artikel yang cukup panjang ini selesai, semoga proses Cara Mutasi dan Balik Nama Motor dan Mobil berjalan dengan lancar.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *