Jenis-Jenis PASPOR Di Indonesia dan Kegunaannya

Diposting pada

EdiSutanto.com – mungkin sebagian orang ada yang belum begitu paham dengan apa itu Paspor. Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh DirJen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Republik Indenesia, Kementerian Luar Negeri untuk suatu perjalanan keluar negeri. Paspor memiliki beberapa jenis Paspor yang membedakan keperluan kamu untuk pergi keluar negara Indonesia. Untuk itu pahami terlebih dahulu apa tujuan untuk pergi keluar negara, sehingga Paspor yang di buat tepat sesuai jenisnya.

Jenis-Jenis Paspor yang ada di Indonesia

Jenis Paspor
Gambar dr Tribunnews

1. Paspor Biasa (Hijau)

Paspor biasa adalah jenis Paspor yang dipergunakan untuk perjalanan keluar negeri dengan tujuan umum seperti, Wisata, Traveling, bertemu dengan keluarga diluar negeri, Umroh, Haji, dll. Paspor ini umum dan paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk keperluan pergi keluar negeri. Paspor biasa ini ditandai dengan buku kecil berwana cover/sampul depan Hijau.

Bagaimana dengan jenis Paspor untuk Pendidikan atau meneruskan Sekolah Keluar Negeri? Proses dan jenis Paspor yang digunakan sama dengan Paspor biasa namun ada tambahan yang harus dilampirkan yaitu surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan terkait.

Bagaimana dengan jenis Paspor yang digunakan untuk pergi Umroh/Haji? jika ada yang bertanya demikian, maka jenis Paspor yang digunakan untuk menunaikan ibadah Umroh/Haji adalah Paspor biasa yang berwarna Hijau.

Paspor Biasa ini dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Paspor Biasa dengan jumlah halaman 24 lembar dan 48 lembar.
  • Paspor Elektronik (e-Paspor) dengan jumlah halaman 24 lembar dan 48 lembar.

Untuk lebih lengkapnya mengenai Biaya Membuat Paspor, Syarat Membuat Paspor dan Cara Membuat Paspor bisa di lihat pada halaman terkait berikut.

Baca juga : Cara Membuat Paspor Online lebih mudah

2. Paspor Kedinasan (Biru)

Jenis Paspor ini digunakan untuk melakukan perjalanan dinas kerja keluar negeri yang dimana Paspor ini telah dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri khusus untuk Aparatur Sipil Negara dan Konsultan Pemerintahan. Paspor ini ditandai dengan sampul depan/cover berwarna Biru.

Jika ingin membuat Paspor Kedinasan syarat administrasi tambahan yang harus dilampirkan selain syarat umum membuat Paspor biasa adalah melampirkan surat ijin dari atasan, surat penerimaan (LoA), SP Setneg, hingga surat jaminan dan lampiran lainnya yang dibutuhkan.

Siapa saja yang harus membuat Paspor Dinas? yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ingin melakukan kunjungan kerja, Aparatur pemerintah yang ingin studi banding ke negara lain, dan instansi lainnya yang terkait.

3. Paspor Diplomatik (Hitam)

Paspor yang ditandai dengan cover/sampul depan berwarna Hitam ini digunakan untuk tugas Diplomatik kenegara lain. Jenis Paspor ini khusus diberikan oleh Kementrian Luar Negeri kepada calon pemegang Paspor yang bekerja di Pemerintahan Republik Indonesia dengan tujuan yang sesuai yaitu Diplomasi. Contoh Paspor Diplomatik digunakan oleh Menteri untuk melakukan perundingan atas kerjasama dengan negara sahabat, Menteri yang di undang atas suatu acara di negara lain, dll.

4. Paspor Untuk Orang Asing

Paspor Jenis ini dipergunakan untuk Orang Asing yang tinggal di Indonesia kemudian ingin melakukan perjalanan keluar negara lain. Untuk lebih jelasnya mengenai jenis Paspor ini bisa dibaca lebih lanjut pada artikel DirJen Imigrasi ini.

Itu lah beberapa Jenis-Jenis Paspor yang berlaku di Indonesia dan kegunaannya. Semoga bisa menjadi panduan yang sesuai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *