Cara Membuat Paspor Online

Cara Membuat PASPOR Online Dari HP Tidak Perlu Ribet

Diposting pada

EdiSutanto.com – Paspor adalah dokumen resmi yang dibuat untuk keperluan keluar negeri. Jika tanpa dokumen ini, kamu tidak akan bisa pergi ke berbagai negara lain karena surat Paspor akan diperiksa dan ditanyakan ketika kamu berada di Bandara ataupun saat akan melintasi batas negara. Sehingga yang kamu siapkan ketika ingin pergi keluar negeri salah satunya adalah membuat Paspor Online.

Paspor yang digunakan untuk keperluan keluar negeri dengan tujuan jalan-jalan yaitu cukup membuat dengan jenis Paspor biasa, baik Paspor Biasa maupun Paspor biasa Elektronik (E-Paspor). Kedua jenis Paspor ini dibedakan dari kelengkapan fungsinya. Jika e-paspor memiliki data rekam yang lebih akurat dan lengkap, sehingga kelebihanya yaitu lebih mudah didalam verifikasi data ketika bepergian. Dalah hal biaya membuat e-Paspor tentunya juga berbeda dengan Paspor biasa, sehingga kamu bisa pilih sesuai keinginan. Untuk lebih jelasnya baca cara membuat Paspor manual, Syarat dan Biaya membuat Paspor.

Sekarang kamu bisa mengurus Paspor dengan cara Online, yaitu membuat Paspor Online cukup dari Hp berbasis Android yang di awali dengan men download aplikasi Paspor Online resmi dari kantor Imigrasi di Google Playstore. Simak caranya dibawah ini.

Cara Membuat PASPOR Online Dari HP Sampai Jadi

1. Membuat Akun Paspor Online

  • Langkah pertama, kamu bisa mendownload Aplikasi Paspor Online dilink ini https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.imigrasi.layananwni , download dan instal apliasi.
  • Membuat akun dengan cara registrasi di aplikasi tersebut.
  • Isi form pendaftaran akun, dari NIK, Nama, Username, Password sampai dengan alamat lengkap yang sesuai dan benar, kemudian klik “Daftar”.
  • Setelah pendaftaran berhasil, kamu sudah mempunyai akses Akun Login.
  • Pilih “Antrian Paspor” untuk membuat Paspor Online.
  • Dihalaman antrian Paspor, kamu diminta memilih kantor Imigrasi yang akan kamu tuju, pilih kantor terdekat saja, jika sudah pilih klik “Pilih Kantor”.
  • Langkah selanjutnya, pilih data yaitu jumlah pemohon, tanggal kedatangan, waktu datang pagi/siang, pastikan membuat antrian ini sesuai dengan yang kamu rencanakan. Jika sudah Fix, klik “Pilih”.
  • Selesai, kamu akan mendapatkan balasan berupa Barcode dan data Antrian yang bisa kamu print untuk dibawa ketika datang ke kantor Imigrasi yang kamu pilih. Disini kamu sudah membuat antrian Paspor Online dan harus datang tepat dengan jadwal yang kamu buat.

Keuntungan membuat Paspor Online adalah kamu tidak harus mengantri di kantor Imigrasi untuk mendapatkan nomor antrian, cukup membuat pada aplikasi dengan disesuaikan jadwal kedatangan yang tepat. Tidak harus datang pagi-pagi bahkan adakalanya antrian penuh dan harus balik tanpa hasil/zonk. Kalau begini pasti bikin semua ribet. Dan kini pemerintah sudah mengatasi permasalah tersebut.

Membuat Paspor Online di Aplikasi

Membuat Paspor Online di Aplikasi

Cara Membuat Paspor Online di Aplikasi

2. Datang Ke Kantor Imigrasi

Datang ke kantor Imigrasi yang sudah di buat dalam antrian Paspor Online di aplikasi, baik tanggal dan waktu pagi/siang harus sama. Datang dengan membawa berkas-berkas syarat membuat Paspor seperti biasa, yaitu:

  • KTP
  • KK (Kartu Keluarga)
  • Akta Kelahiran atau surat Baptis
  • Akta perkawinana atau buku nikah, Ijazah
  • Paspor lama jika kamu ingin perpanjang Paspor
  • Lampiran print/copy atau bukti Antrian Paspor Online

Pada tahap demi tahapan akan berjalan seperti biasanya, yaitu pendaftaran, verifikasi data, wawancara dengan pemohon, saat wawancara kamu akan ditanya seputar kegunaan Paspor untuk keperluan apa dan seputar data diri. Jika pemohon benar-benar valid Paspor akan disetujui kemudian diminta untuk membayar biaya pembuatan Paspor.

Membuat Paspor tidak selesai/jadi hari itu juga, kamu harus datang kembali untuk mengambil Paspor yang sudah jadi sekitar 4 – 7 hari kerja. Sehingga untuk mengurus Paspor diusahakan dari jauh-jauh hari sebelum keberangkatan ke luar negeri agar data dan berkas siap semuanya.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *