Posted By Edi Sutanto
Cara Membuat Kartu Keluarga (KK) dan KTP (Baru, Pindah Alamat)

EdiSutanto.com – Apakah Anda sudah berumur 17 tahun atau mungkin baru melangsungkan mahliga rumah tangga baru? dengan begitu sobat akan dihadapkan dengan proses pembuatan KK dan E-KTP baru untuk kebutuhan data dan arsip didalam kehidupan bernegara.

Sepertinya kebutuhan data ini sudah menjadi makanan pokok setiap orang untuk proses berbagai macam kepentingan. Maksud dan tujuan didalam pembuatan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) berbagai macam, bisa karena:

  • Umur menginjak 17 tahun, sehingga diwajibkan memiliki E-KTP baru
  • Proses pindah alamat karena memang pindah domisili tinggal, dikarenakan kerja diluar kota/pulau, dan sebagainya, sehingga mengharuskan pindah KK dan E-KTP ditempat tingggal baru
  • Ganti KK dan E-KTP karena untuk proses pernikahan dan setelahnya
  • Untuk pembuatan Akta kelahiran, sehingga diharuskan membuat KK baru
  • Dan sebab lain yang mengharuskan membuat kartu keluarga dan E-KTP baru

Dengan adanya alasan tersebut sehingga kita diharuskan untuk mengurus semua syarat yang digunakan untuk proses pembuatan data tersebut. Proses pembuatan KK dan E-KTP tidak terlalu berat / ribet dan mahal karena kita cukup mengatahui alur atau tata caranya yang terurut dan benar sehingga pengurusan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai waktu yang diinginkan.

Cara Membuat Kartu Keluarga (KK) dan KTP Baru Atau Pindah Alamat 2019

 

Cara membuat Kartu Keluarga (KK) dan KTP baru
credit gambar : sojomerto.desa.id

Tetapi terkadang terkendala sama hal lain seperti, rasa malas, waktu yang sempit dengan kesibukan kerja dan lain hal, mau enaknya saja terima beres dengan jasa calo / teman, dan lain sebagainya.

Baca juga : Cara Mengurus Perpanjangan Pajak STNK 5 Tahunan Ganti Plat

Jika sobat niat ingin membuat sendiri sebenarnya mudah dan tidak ribet, mungkin yang berat itu di modar-madirnya dan prosesnya yang sedikit panjang karena harus minta surat pengantar dahulu ke RT/RW sampai kelurahan.

Untuk syarat pembuatan KK dan E-KTP cukup simpel dan mudah, simak terus artikel ini sampai bagaimana menyiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan serta urutan pemberkasannya yang dibutuhkan sampai dengan kepengurusan selesai dibuat.

Lakukan saja dengan enjoy pasti keperluan tersebut akan terasa ringan gan… :).

Oke, mari kita awali dengan cara dan syarat berkas lampiran yang harus dibuat :

  • Pertama, sobat diharuskan untuk membuat surat pengantar dari RT setempat, yang keterangan bahwa ingin membuat E-KTP baru atau KK baru (yang jelas), estimasi waktu 1 hari selesai.
  • Berikutnya, pergi ke sekretariat RW untuk meminta tanda tangan dari surat pengantar RT tadi, estimasi waktu 1 hari selesai.
  • Selanjutnya, bawa berkas yang diperlukan untuk dibawa ke kantor desa setempat, seperti: lampiran RT/RW, fotokopi E-KTP dan KK (lama) jika mengurus yang baru, E-KTP penjamin tinggal jika mengurus pindah alamat, Ijazah jika diperlukan. Estimasi waktu 1 hari selesai jika ada lurah / kepala desa ditempat untuk proses tanda tangan.
  • Setelah dapat lampiran / pengantar dari kantor desa / kelurahan, Anda bisa datang ke kantor kecamatan setempat untuk proses lebih lanjut, jangan lupa bawa berkas yang lengkap seperti poin diatas. Estimasi waktu yang dibutuhkan 14 hari kerja, biasanya akan diberikan surat / lampiran untuk kapan datang kembali (tanggal).
  • Terakhir adalah proses di kantor DukCapil (kependudukan dan catatan sipil) setempat sesuai dengan daerah / kotanya masing-masing. Estimasi waktu 14 hari kerja.
  • Selesai pembuatan KK dan E-KTP baru.

Bagaimana? sudah jelas kah dengan syarat dan cara kepengurusannya? jika masih bingung atau ada yang kurang paham bisa ditanyakan dikolom komentar dibawah.

Dan mungkin apakah dari Anda adalah pasangan baru menikah, sehingga akan mengurus perpindahan KK baru yang memang sangat dibutuhkan untuk banyak hal dikemudian hari, contohnya:

  • Mengurus akta kelahiran anak yang baru lahir, karena memang anak tersebut harus masuk ke KK dahulu baru bisa mengurus surat akta kelahirannya.
  • Mengurus rumah, jika akan membeli rumah KPR. Biasanya data KK baru akan diminta jika sudah berkeluarga.
  • Kredit kendaraan, akan diminta KK baru jika sudah berkeluarga.
  • Dan sebagainya

Sehingga segeralah urus pembuatan KK baru nya sebelum banyak urusan datang seperti hal diatas jatuh pada waktunya, karena lebih baik sudah dipersiapkan seperti KK baru sebelum kedatangan si buah hati lahir, untuk proses pembuatan akta kelahiran, daripada mengurus semua itu pas berbarengan dengan kelahiran si anak, baru mulai mengurus, pasti akan capek sekali.

Baca juga : Cara Mengurus Perpanjangan Pajak STNK Tahunan

1. Syarat lain Mengurus KK terbaru 2019 karena Pasangan Pengantin Baru, adalah:

  • Surat keterangan pindah atau Cabut Berkas pengantar dari KK salah satu pihak mempelai dari DukCapil
  • Surat Buku Nikah keduanya

2. Syarat lain membuat KK terbaru 2019 karena ada anggota keluarga baru :

  • Surat keterangan pindah datang dari alamat yang lama
  • Kartu Keluarga yang lama
  • Surat kelahiran anak dari bidan/rumah sakit terkait (jika penambahan karena anak baru lahir)

3. Syarat lain membuat KK terbaru 2019 karena pengurangan anggota keluarga :

  • Kartu keluarga lama
  • Surat kematian (bagi anggota yang meninggal)
  • Surat keterangan pindah (bagi yang pindah)

4. Syarat lain membuat KK terbaru 2019 karena Kehilangan atau Rusak :

  • Surat pengantar kehilangan dari kepolisian setempat (jika hilang)
  • Melampirkan KK yang rusak (jika rusak)
  • Melampirkan salah satu dokumen kependudukan (KTP) dalam satu KK

 

[UPDATE] Cara Membuat Kartu Keluarga (KK) Online

 

Pelayanan dokumen kependudukan Online seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (E-KTP), Surat Pindah, Surat Datang, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Kartu Identitas Anak (KIA), dan lainnya yang berhubungan dengan kependudukan memang sangat positif dalam menyikapi pelayanan Online dan beberapa dari Kabupaten dan Kota di Indonesia sudah menerapkannya. Hal ini untuk mengatasi dari permasalahan yang sering timbul yaitu antiran yang banyak / panjang ketika pengurusan dokumen tersebut.

Berikut ini beberapa Daerah Kabupaten / Kota yang sudah bisa mengurus / membuat dukumen kependuduakan Online, seperti:

1. Layanan Dispendukcapil Pemprov Jawa Barat http://disdukcapil.jabarprov.go.id/dukcapil-kabupaten-kota

2. Layanan Dispendukcapil Pemprov Jawa Tengah http://dispermadesdukcapil.jatengprov.go.id/kabkota

Untuk persyaratan dan cara pengurusan secara Online kamu bisa akses link diatas dan pada situs resmi tersebut kamu juga bisa cek nomor atau NIK Kartu Keluarga atau KTP yang sudah kamu buat. .

Apakah Anda sudah mengurusnya? jika belum uruslah dari sekarang, karena layanan kependudukan sudah dipermudah dengan cara Online seperti diatas. Jika ada pertanyaan silakan tuliskan dikolom komentar dibawah, semoga bermanfaat.

9 comments found

    comments user

    Safitri kusumawardani

    Apakah surat keterangan pindah dari dukcapil bisa diperoleh secara online?

    Balas

      comments user

      Edi Sutanto

      Ada daerah yang sudah menerapkan Surat Keterangan Pindah secara online, coba dicek ditautan dalam artikel.

      Balas

    comments user

    agusta

    apakah kalo mengurus kartu kelurga tapi hanya ada dokumen surat pindah dari daerah lain bisa digunakan untuk mengurus kartu kelurga ? soalnya KTP pun blm ada baru 17 tahun januari tahun ini…terima kasih

    Balas

      comments user

      Edi Sutanto

      Bisa, lampirkan salinan Ijazah terakhir dan urus KK sekalian dengan E-KTP nya

      Balas

    comments user

    Theresia tan

    Sy dari penduduk e ktp tegal mau pindah ke semarang tempat kelahiran saya. Bisakah lewat online atau jika tak bisa. Ya diwakilkan teman di tegal. Apakah bisa? Mengingat kondisi saya sedang brobat di gyps tulang belakang retak. Sy butuh pp pengobatan bpjs di rs pantiwilasa semarang. Mohon info trimakasih.

    Balas

    comments user

    Theresia tan

    Sy dari penduduk e ktp tegal mau pindah ke semarang tempat kelahiran saya. Bisakah lewat online atau jika tak bisa. Ya diwakilkan teman di tegal. Apakah bisa? Mengingat kondisi saya sedang brobat di gyps tulang belakang retak. Sy butuh pp pengobatan bpjs di rs pantiwilasa semarang. Mohon info trimakasih.

    Balas

      comments user

      Edi Sutanto

      Sepengetahuan saya surat pindah domisili diwakilkan bisa selama syarat yang dibutukan lengkap, dan untuk surat pindah online bisa dicek sendiri pada artikel ini apakah Tegal sudah bisa membuat secara Onliine.

      Balas

    comments user

    Pujangga

    Saya mo tanya proses pembuatan ektp dan kk itu sebenar nya wktu yg dbutuhkan brp lama ya??? karena fakta2 di lapangan jauh berbeda dgn pemberitaan bhwa mngurus ektp dan kk itu ga memakan waktu yg lama atu bisa dikatakan cepat.
    Soalnya saya pindah alamat hanya beda kecamatan saja dan sekaliaan saja sya buat kk jga, krna utuk keperluan mengurus akte anak. sdgkan akte blm bisa dibuat klo anak blm masuk dlm kk.. Dan stelah melalaui prosea rt rw kelurahahn dan berkas sudah lngkap lngsung saya bwa kekecamatan nah dri kecamatan itu sya dpt 2 lembar kertas surat pelayanan, yg. 1 untuk mengambil ektp dan yg 1 untuk mngambil kk dengan jangka waktu masing2 berbeda klo ektp krg lbh 14 hri kerja dan kk kurang lbh 2 bln. tp setelah wktu pengambilan ektp tiba, ternyata saya hanya mendptkan resi nya saja bukan ektp yg sudah tercetak.
    krn wktu itu saya kerja saya minta tolong mertua saya yg ambilkan di kecamatan, dan org kcmatan hanya bilang nanti bpk blik lgy ya sblm 3 bln sambil menyerahkan resi ktp trsbut tnpa basa basi mertua saya pun pulang ga tau maksud nya blk lgy 3 bln itu bru bsa cetak ektp atau perpanjang masa berlaku resi ktp. pertnyaan nya adalah apa mmng benar proses waktu nya selama itu atau mgkin bsa beda klau melalui calo. Karna mmng saya ga melalui calo

    Balas

    comments user

    Ahmad faisal

    Saya ada pertanyaan dan benar benar butuh jawaban pasti.
    Usia saya 21th.saya lahir di banjarmasin.dan saya broken home.
    Saya blm punya ktp dan kk saya entah dimana.saya mau ngurus tapi hanya ada akta lahir dan surat kematian orang tua.gimana kah langkah yg harus saya lewati sedangkan saya sedang berada di surabaya.
    Terima kasih

    Balas

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *