Posted By Edi Sutanto
Tag: ,
Cara Bayar Pajak STNK 5 Tahun (Ganti Plat Motor dan Mobil)

EdiSutanto.com – Bayar pajak motor dan mobil adalah hal yang harus dilakukan oleh seseorang yang mempunyai kendaraan dan sebagai warga negara yang baik. Dengan membayar pajak STNK sesuai tanggal jatuh tempo setiap tahun dan 5 tahunan untuk dapat menyatakan bahwa kendaraan mobil dan motor Anda dapat dinyatakan layak dan legal beroperasi dijalan umum. Sehingga kendaraan Anda akan aman untuk dapat dioperasikan dan tidak perlu takut lagi dengan adanya operasi pajak STNK dari kepolisian.

Perlu diketahui juga untuk cara bayar pajak motor dan mobil sekarang sudah dipermudah dengan adanya gerai pajak STNK (Outlet), kantor pajak (Samsat) dan juga bayar pajak melalui Online.

Tetapi untuk membayar pajak motor dan mobil STNK khusus 5 tahunan ganti plat diharuskan datang ke kantor Samsat wilayah terdaftar, tidak bisa datang ke tempat lain diatas, karena tempat Outlet dan samsat online hanya untuk pajak tahunan saja.

Cara Bayar Pajak STNK 5 Tahun (Ganti Plat Motor dan Mobil)

Mengurus pajak STNK 5 tahun

 

Jika Anda sudah mengetahui dan memegang semua syarat yang diperlukan untuk memperpanjang pajak STNK 5 tahunan maka proses dan waktu yang diperlukan sampai selesai mendapatkan Plat baru akan dibutuhkan proses yang cepat sekitar 1.5 – 3 jam tergantung antrian.

Dan jika soba tahu juga syarat dan langkah mengurusnya pun tidak terlalu sulit, mungkin hanya saja sobat belum mengetahui alur prosesnya sehingga sudah menganggap susah dan ribet terlebih dahulu sebelum bertindak.

Mungkin berbeda dengan saat 5 tahun yang lalu kepengurusan pajak baik tahunan maupun lima (5) tahunan masih begitu ribet dan susah, harus melewati proses ini dan itu, loket yang kurang tertata dan belum juga antrian yang kurang terarah sehingga menjadikan waktu lebih lama, membuat pengurus makin malas untuk mengurus sendiri.

Apa saja syarat membayar Pajak STNK 5 Tahun (Ganti Plat Motor dan Mobil):

  • KTP asli dan fotokopi
  • STNK asli dan fotokopi
  • BPKB asli dan fotokopi

Dengan 3 surat tersebut cukup untuk membayar pajak tahunan dan 5 tahunan (ganti plat). Jika ada permasalahan pada BPKB yang ditahan oleh pihak Bank atau Leasing maka sobat cukup melampirkan surat pengantar dari pihak terkait.

Baca juga : Syarat dan Cara Bayar Pajak STNK Tahunan (Motor dan Mobil)

Mengurus pajak STNK 5 tahunan ganti plat motor roda 2 dan mobil roda 4
Samsat Bekasi Kota (gambar:beritabekasi.co.id)

Cara dan alur langkah membayar Pajak Motor dan Mobil STNK 5 Tahunan Ganti Plat :

  1. Yang pertama Anda lakukan adalah Cek Fisik kendaraan. Sebelum sobat parkirkan motor atau mobil sebaiknya langsung mencari lokasi tempat Cek Fisik kendaraan untuk proses awalnya.
  2. Jika sudah di Cek Fisik sobat akan diarahkan untuk pergi ke Loket Cek Fisik (validasi fisik kendaraan) sampai sini biasanya Gratis.
  3. Setelah dari Loket Cek Fisik baru Anda meminta Form Pendaftaran pajak STNK ditempat yang sudah ada. Isi semua data kemudian lampirkan Form tersebut dengan syarat-syarat surat yang sudah disediakan, dari: Lampiran Cek Fisik kendaraan, Form Pendaftaran, KTP, STNK dan BPKB.
  4. Bawa semua kelengkapan berkas ke loket pendaftaran awal / verifikasi berkas, tunggu panggilan.
  5. Kemudian selanjutnya pergi ke loket Pendaftaran sesuai kebutuhan yaitu loket pajak STNK 5 tahun roda 2/4, serahkan berkas dan tunggu panggilan.
  6. Kemudian akan dipanggil kembali di loket Kasir untuk membayar tagihan pajak STNK 5 tahunan.
  7. Selanjutnya tunggu proses pengesahan dan pencetakan STNK baru di loket pengambilan STNK.
  8. Sampai sini STNK baru sudah ditangan dan sobat tinggal mengambil Plat nomor kendaraan yang baru pada bagian pencetakan Plat, tempat ini sesuai dengan wilayah masing-masing sehingga sebelum pergi dari loket pengambilan STNK baru sebaiknya tanyakan dahulu tempat pengambilan Plat baru nya.
  9. Tunggu proses pencetakan Plat nomor baru sekitar 5-10 menit, proses ini ada beberapa Samsat yang dikenakan tarif sesuai wilayahnya, jika di Samsat Bekasi kota di bebaskan biaya cetak Plat baru.

Setelah mengetahui syarat dan cara membayar dan mengurus perpanjangan pajak motor dan mobil STNK 5 tahunan, Anda bisa mengurus dengan sendiri datang ke kantor Samsat terdaftar.

Semoga artikel Cara Bayar Pajak STNK 5 Tahun (Ganti Plat Motor dan Mobil) yang memang pengalaman dari diri Admin sendiri ini mudah-mudahan bermanfaat.

Sebarkan berita ini untuk semua teman Anda yang membutuhkan, terima kasih.

6 comments found

    comments user

    imam

    Thanks… info yang disajika di atas sangat membantu bagi pemilik kendaraan bermotor yang harus mengurus sendiri proses pembayaran pajaknya. Singkat namun jelas! Thanks sekali lagi

    Balas

      comments user

      Edi Sutanto

      Sama-sama semoga membantu

      Balas

    comments user

    Hans

    Tolong review untuk pengembalian nopil ke nopol biasa apakah ada biaya agar kendaraan itu dapat nopol biasa …, proesenya dan biayanya jadi sekalian perpanjangan 5 tahunan , terima kasih .

    Balas

    comments user

    Hans

    Tolong review untuk pengembalian nopil ke nopol biasa apakah ada biaya agar kendaraan itu dapat nopol biasa …, proesenya dan biayanya jadi sekalian perpanjangan 5 tahunan , terima kasih .

    Balas

    comments user

    zunanto

    kalo mobil niaga apakah ada persyaratan tmbahan yang menyebabkan Prosesnya bisa lebih dari 1 hari?

    Balas

    comments user

    Jonathan

    Untuk perpanjangan STNK 5 tahunan kira2 di kenai biaya berapa ya utk motor matic 110cc thn 2014 ? Tks

    Balas

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *