Cara Budidaya Ikan Mas

Cara Budidaya Ikan Mas untuk Pemula

Diposting pada

EdiSutanto.com – Kamu pasti kenal dengan ikan mas. Ikan satu ini memang termasuk ikan favorit masyarakat di Indonesia, baik sebagai ikan hias atau budidaya untuk dikonsumsi. Harganya yang cukup terjangkau dibandingkan dengan rasa dan keindahannya membuat banyak orang mengincar.

Untuk menjawab kebutuhan akan ikan mas ini, budidayanya banyak dikembangkan. Apalagi ikan ini termasuk mudah dipelihara. Hasilnya dapat dipastikan akan menguntungkan selama dijalankan dengan tepat.

Keunggulan Budidaya Ikan Mas

Pernah berpikir untuk usaha di bidang perikanan, khususnya ternak ikan mas? Untuk kamu yang masih menimbang-nimbang, bisnis yang satu ini, sebaiknya ketahui keunggulan dari budidaya ikan mas. Kelebihan budidayanya dibandingkan ikan lainnya, antara lain dijelaskan sebagai berikut.

Budidaya Mudah

Jangan pernah mendengarkan apa kata orang lain sebelum mengetahuinya benar-benar. Tentu saja, ikan mas tidak semudah ikan lele yang dapat hidup di mana saja. Namun, tidak berarti membudidayakannya susah. Apalagi kini kamu dapat mengetahui caranya melalui banyak cara, seperti: baca buku cetak, ebook, google, dan lain-lain. Untuk umpan ikan mas juga dapat dengan mudah kamu peroleh di pasaran.

Pasar Terbuka Lebar

Meski banyak orang sudah mengusahakan budidaya ikan mas ini, pasar masih terbuka lebar. Ikan mas yang dikonsumsi dapat diolah menjadi berbagai masakan. Hampir setiap daerah Indonesia mempunyai cara sendiri untuk memasaknya. Belum lagi ditambah dengan jenis ikan mas hias yang juga cukup digemari. Pasar semakin terbuka lebar.

Kandungan Nutrisi Tinggi

Ikan mas mempunyai kandungan nutrisi tinggi dibandingkan ikan air tawar lain. Apalagi jenis ikan air tawar tidak mempunyai lemak jahat yang dikenal dengan kolesterol jahat penyebab berbagai penyakit degeneratif.

Cara Budidaya Ikan Mas untuk Pemula

1. Menyiapkan Kolam

Kamu dapat membudidayakan ikan mas dengan kolam tanah, kolam semen, atau kolam plastik. Yang penting, siapkan dengan ukuran minimal sekitar 7 sampai 10 meter dan kedalaman sekitar 120 sampai 150 cm. Jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu kolam yang akan ditempati dari kotoran, bakteri, dan jamur.

Caranya, kuraslah terlebih dahulu kolam dan jemurlah! Untuk kolam semen kamu dapat menjemurnya satu hari dan kolam tanah dijemur hingga 5 sampai 7 hari. Setelah itu, kolam diisi air hingga kurang dari 15 cm di bagian tertingginya.

2. Menebarkan Benih

Langkah selanjutnya dalam budidaya ikan mas adalah memilih benik ikan yang akan disebarkan. Sebagai pemula, kamu dapat membeli benih dari toko ikan yang sudah lebih besar. Setelah itu, barulah kamu melakukan pembibitan sendiri.

Benih atau bibit ikan mas yang dibeli haruslah dipilih dengan benar terutama yang sehat. Kamu dapat membelinya di kelompok tani atau UPT Periakanan untuk memperoleh bibit unggul yang mempunyai ciri: Bergerak gesit, Kulitnya mulus, tidak terlihat bekas jamur dan luka, Nafsu makannya baik.

Dalam setiap meter persegi kolam, kamu dapat menyebar sekitar 100 benih ikan mas. Dengan demikian, ketika ikan besar mereka tetap bergerak leluasa.

3. Memberi Pakan/Umpan

Umpan ikan mas dapat diperoleh dengan mudah. Kamu dapat memasukkan pupuk organik atau kandang ke dalam kolam dengan dosis 1 sampai 2 ton per hektare kolam. Pupuk ini akan menghasilkan makanan tambahan pada ikan.

Selain itu, setiap pagi dan sore kamu hendaknya memberi makan dengan protein 25%. Dosis makan yang disiapkan 3 sampai 4 persen dari bobot ikan. Artinya semakin besar ikan akan kebutuhan makannya akan semakin banyak.

Jangan lupa untuk melakukan perawatan kolam. Saat kolam tampak berwarna hijau, artinya sudah tumbuh banyak jamur. Gantilah air sebagian agar kelembapan dan kesehatan ikan tetap terjaga.

4. Panen

Kapan kamu akan memanen ikan mas? Biasanya sekitar usia 6 sampai 8 bulan. Ikan mas sudah mempunyai berat antara 300 sampai 400 gram, bahkan lebih. Ketika ingin menjualnya, kamu lebih baik menyortir antara ikan yang besar dan kecil. Ikan mas dijual dengan ukuran 1 kg dua ekor atau 1 kg tiga ekor adalah ukuran yang pas.

Itulah 4 hal penting cara budidaya ikan mas untuk pemula yang harus diperhatikan. Hasilnya akan sangat menguntungkan selama kamu mau bekerja keras dan sabar dalam memeliharanya, Semoga sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *