8 Poin Ini Penghambat Kinerja SEO Blog

EdiSutanto.Com – Kinerja SEO didalam sebuah blog adalah sangat penting sekali, bisa diibaratkan nyawa / teknik yang dilakukan untuk mendapatkan pengunjung / trafik yang banyak dari sebuah blog. Berbagai macam teknik dilakukan untuk mendapatkan konten yang baik untuk bisa SEO (search engine optimization) di SERP mesin pencari seperti Google. Tak lepas dari cara-cara untuk mendapatkan konten yang SEO perlu diketahui juga ada poin-poin yang justru dapat menghambat SEO itu sendiri. Coba periksa apakah blog sobat sudah terhindar dari poin-poin dibawah ini:

Apa Yang Menghambat Kinerja SEO Blog

menghambat kinerja seo blog

1. Duplikat Konten

Duplikat konten adalah kesamaan konten didalam satu blog maupun blog lain. Perlu diingat duplikat konten didalam satu blog atau blog lain dapat menghambat dan membuat buruk kinerja SEO blog. Robot mesin pencari akan mengetahui bahwa ada duplikat konten yang tidak diperbolehkan didalam perkembangan suatu blog karena tindakan itu bersifat buruk / negativ. Sebaiknya cara ini dihindari jika sobat ingin blog yang Anda kelola baik dimata Rank Search Engine.
Banyak situs yang dapat mengecek apakah konten tersebut hasil duplikat atau ada duplikat, contoh seperti: copyscape.com, smallseotools.com, dll.

Baca juga : Cara Meningkatkan Domain dan Page Authority Blog

2. Judul dan Link Anchor Blog terlalu panjang

Memberikan judul dan link laman pada suatu artikel alangkah baiknya yang sederhana dan menarik. Hindari memberikan judul terlalu panjang mungkin dengan maksud agar lengkap dan informatif, tetapi ini malah justru memberikan dampak negativ untuk kinerja SEO artikel blog karena tidak disarankan untuk memberikan judul terlalu panjang.
Contoh judul artikel yang terlalu panjang: Poin Poin Ini Bisa Menghambat Kinerja SEO Blog Sehingga Visitor Blog Menjadi Menurun.
Contoh judul artikel blog yang sederhana dan menarik: 7 Poin Ini Bisa Menghambat Kinerja SEO Blog.
Dengan mengganti poin-poin menjadi 7 poin dan memperpendek judul seperti contoh diatas akan membuat artikel blog menjadi lebih SEO Friendly.

3. Keyword Menumpuk

Keyword adalah kata kunci yang digunakan didalam suatu artikel untuk keperluan SEO sehingga dapat bersaing dengan kompetitor pada mesin pencari. Penggunaan keyword didalam artikel pun tidak boleh berlebihan, gunakan yang sewajarnya. Bagaimana mengguanakan Keyword dengan sewajarnya? perhatikan berikut ini. Gunakan keyword / kata kunci utama seperti contoh “Optimasi Blog” (misalnya) pada paragraf pertama, tengah dan terakhir kemudian tambahkan keyword lain yang masih mempunyai relasi dengan keyword utama, misalkan “Optimasi Yang Benar Pada Blog” dibubuhkan pada paragraf-paragraf tengah. Tetapi ingat jangan membuat keyword menumpuk pada setiap paragraf karena hal ini akan menghambat kinerja SEO blog pada mesin pencarian.

4. Memberikan Link keluar / Outbound Link terhadap situs berreputasi buruk

Aksi ini sangat tidak dianjurkan untuk perkembangan blog, dengan memberikan outbound link kepada situs yang mempunyai reputasi buruk seperti contoh: situs po*n0, situs per*tas, Ju*!, dll.
Intinya situs yang buruk adalah situs yang berbau negativ. Aksi demikian akan berdampak buruk untuk kinerja SEO blog.

Baca juga : Cara Membuat Backlink Berkualitas

5. Cegah Spam KOMENTAR Blog dengan link rel=’nofollow’

Link rel=’nofollow’ adalah memberikan atribut nofollow / tidak diikuti / tidak dirayapi oleh mesin pencari pada link anchor text. Atribut HTML tersebut sangat diperlukan untuk Outbound link yang mengarah kepada bentuk spam link, sehingga meskipun terdapat spam link aktif didalam komentar blog tidak akan berdampak kepada seputasi blog kita dan kinerja SEO blog. Kebalikan dari ‘nofollow adalah ‘dofollow’ yang justru memberikan atribut itu untuk diikuti dan di telusuri oleh mesin pencarian.
Bagaiman cara membuat link rel nofollow pada komentar blog tersebut? begini:

  • Masuk / login pada dashboard blogger.com sobat
  • Pilih bagian Tema > Edit HTML
  • Tekan CTRL + F dan cari kode ini <a expr:href=’data:comment.url’ rel=’nofollow‘ title=’comment permalink’>
  • Kemudian ganti kode tersebut dengan ini <a expr:href=’data:comment.url’ rel=’dofollow‘ title=’comment permalink’>
  • Kemudian Save.

Dengan begitu semua link aktif yang ada didalam komentar blog tidak akan dirayapi oleh mesin telusur dan bebas terhindar dari bentuk spam link blog. Sehingga pada poin ini bisa bebas dari penghambatan kinerja SEO blog.

6. Kecepatan Server

Kecepatan pada server juga berpengaruh terhadap kinerja SEO blog. Algoritma mesin pencarian akan mengindex seluruh kode yang ada pada server dan merayapi semua kode sampai tuntas, sehingga server yang bekerja optimal akan mendapatkan nilai yang baik dimata algoritma mesin telusur dan meningkatkan kinerja SEO blog.
Jika sobat menggunakan jasa hosting mandiri / sendiri, pilihlah paket hosting yang mumpuni dan mempunyai bandwith yang besar sehingga kinerja server akan optimal dan baik.

7. Page Speed / Load Time

Hal ini biasanya selain dari pada beban server juga terkait kode-kode yang terdapat pada template blog. Template yang mempunyai spead baik, seperti bernilai / score diatas 80 bahkan diatas 90 akan sangat baik untuk kinerja SEO blog. Dengan waktu load template yang kencang maka semua kode teruraikan sempurna oleh browser dan hal ini sangat baik oleh mesin telusur karena kode tidak ada yang tertinggal dengan adanya load time yang lambat. Sehingga tidak menghambat konerja SEO blog.

8. URL HTTP

Pengertian HTTP ialah HyperText Transfer Protocol, artinya suatu protokol jaringan internet yang men mengatur transfer data antar user dengan server sehingga terbentuk Hypertext yang dapat dibaca oleh user dengan halaman website/blog.

Bagaimana bisa HTTP bisa menghambat kinerja SEO

Bisa, karena browser dan Google untuk saat ini telah merekomendasikan dan penting sekali untuk dapat migrasi dari protokol HTTP menuju HTTPS yang dimana, HTTPS lebih aman dan lebih SEO serta dapat meningkatkan Ranking Google itu sendiri.

Apa itu HTTPS?

Ialah HyperText Transfer Protocol Secure, artinya tidak jauh berbeda dengan HTTP hanya saja tingkat keamanan (secure) didalam jaringan transfer data/request user ke server lebih aman dibandingkan HTTP. Maka dari itu protokol ini sangat dianjurkan oleh pihak-pihak penting (Goolge) sebagai penyedia terbesar sistem di Internet dan Browser sebagai pendukung jalannya internet.

Dengan HTTPS website dan URL Anda akan dianggap secure/aman sehingga tidak menimbulkan nilai negatif untuk user pengunjung website/blog Anda oleh karena itu Google sangat menyarankan. Terkait SEO, oleh pakar-pakar terkait juga menyarankan hal demikian untuk kebaikan Ranking dan Optimasi mesin pencari.

Kesimpulan: Selalui tingkatkan kinerja SEO blog dengan pemperhatikan hal yang dianjurkan dan hal yang menghambat kinerja SEO blog, sehingga dengan begitu perkembangan blog pun akan meningkat dan pengunjung akan terus berdatangan.

Semoga artikel berjudul 7 Poin Ini Bisa Menghambat Kinerja SEO Blog bermanfaat, jika sobat bisa menambahkan tulis saja dikolom komentar ya.

Ada pertanyaan terkait, kinerja SEO?

7 tanggapan pada “8 Poin Ini Penghambat Kinerja SEO Blog”

  1. Hello there,

    My name is Aly and I would like to know if you would have any interest to have your website here at edisutanto.com promoted as a resource on our blog alychidesign.com ?

    We are in the midst of updating our broken link resources to include current and up to date resources for our readers. Our resource links are manually approved allowing us to mark a link as a do-follow link as well
    .
    If you may be interested please in being included as a resource on our blog, please let me know.

    Thanks,
    Aly

Tinggalkan Balasan