Posted By Edi Sutanto
8 Strategi Membangun Personal Branding Yang Kuat Versi Blogger

Blogger DCB Membangun Personal Branding – Personal Branding adalah value atau nilai yang ada pada diri kita. Sedangkan personal branding untuk bisnis adalah nilai yang ada pada merk bisnis kamu. Membangun personal brand adalah hal yang mutlak dilakukan oleh kamu jika ingin terkenal atau bisnis yang kamu kelola ingin dikenal masyarakat. Tidak ada pengecualian jika bisnis yang kamu kelola ingin dikenal dan berhasil tapi tidak mempromosikan sepak terjang dari bisnis yang kamu kelola. Maka, membangun personal branding adalah hal yang sangat penting sekali.

Setelah pembukaan sedikit mengenai Personal Branding diatas, ijinkan saya mempekenalkan diri saya yang dimana saya adalah Blogger amatir yang masih perlu belajar banyak, suka dengan dunia Blogger sejak 2009 sampai sekarang dan juga merupakan salah satu anggota Blogger DCB “Diskusi Cerdas Blogger” dalam grup WhatsApp, dan ingin mengulas pengertian tentang cara membangun personal Branding yang sekiranya sudah diketahui oleh anggota Grup Blogger DCB masing-masing.

Niat pertama dari tulisan ini adalah ingin memberikan pengertian dari Blogger DCB membangun personal Branding menurut versi kita masing-masing, memberikan strategi yang baik untuk membangun personal Brand, dan juga untuk ajang kompetisi SEO kecil diintern Grup Blogger Whastapp. Oh ya dukung tulisan ini agar menang ya, hee. Caranya mudah kok, baca saja cerita menarik saya ini sampai selesai dan jika berkenan terapkan saja pada dari kamu dan mudah-mudahan berhasil untuk membuat personal Branding kamu, Aamiin.

Ok, kita lanjut lagi ya pembahasan mengenai Blogger DCB membangun personal Branding nya.

 

Strategi Membangun Personal Branding Yang Kuat Versi Blogger

 

Blogger DCB Membangun Personal Branding
Membangun Personal Branding

Membangun personal Branding adalah hal yang tidak mudah, banyak strategi dan cara yang harus dilakukan, dan tentunya membutuhkan biaya untuk hal promosi. Tapi jika kamu berhasil dalam membangun personal Branding kamu, entah itu untuk nama diri kamu sendiri ataupun untuk hal bisnis kamu, maka keberhasilan itu akan membuahkan hasil yang manis dan baik.

Beberapa Keuntungan membangun personal Branding dari saya Blogger DCB adalah :

  • Brand jadi terkenal, contohnya membangun blog seperti saya, setelah mempromosikan kesana kemari dan share keberbagai media sosial akhirnya bisa dikenal oleh kalangan masyarakat dengan tema “Media Informasi”.
  • Pengunjung meningkat.
  • Jika Blog kamu untuk hal bisnis maka omzet / pendapatan akan naik.
  • Nilai jual / saham akan meningkat.
  • Dll

Bagaimana sekarang, masih tertarik untuk melanjutkan cara saya Blogger DCB membangun personal Branding? jika masih, seduh kopi dulu ya gaes :), mari dilanjut.

Sekarang mari kita pelajari cara strategi yang baik untuk membangun personal branding yang kuat agar bisnis kita sukses dan terkenal, untuk saya sendiri lebih keranah membangun Brand Blog agar dikenal masyarakat dan semoga bisa mengembangkan seperti StartUp, diantaranya :

1. Kesan Pertama

Saya sebagai Blogger DCB membangun personal Branding untuk kesan pertama adalah lakukan hal yang sebaik mungkin terhadap client / pelanggan bisnis kamu terhadap tatap muka yang pertama atau kunjungan yang pertama. Pertemuan pertama adalah menentukan semuanya dari promosi Brand kamu, jika kamu bisa menarik perhatiannya entah itu dari sikap kamu, cara berbicara dan penghargaan terbaik terhadap calon pelanggan kamu karena sudah berkunjung, jika kamu berhasil melakukan cara yang pertama ini,  maka 1 langkah awal yang baik untuk kamu dalam membangun personal Brading.

Untuk Brand blog saya sendiri, saya sebisa mungkin membuat betah pengunjung saya dengan memberikan desain blog yang elegan, sederhana dan bermakna. Selepas mereka atau kamu berkunjung, mudah-mudahan dapat kembali mengunjungi blog yang sederhana ini lagi untuk kedua kali atau seterusnya, karena saya yakin blog ini akan saya kembangkan terus menerus untuk hal berbagi informasi.

Tips dan Trik : Cara Mendapatkan Uang dari Blog

2. Tidak Membohongi Publik

Maksudnya adalah apa yang ingin kamu promosikan dan bangun adalah real asli dari apa yang sedang kamu miliki. Tidak mengada-ada atau mengarang cerita yang sebenarnya tidak sesuai. Jika hal yang kamu promosikan atau ceritakan sesuai dengan apa yang ada, maka masyarakat akan percaya dengan apa yang sedang kamu berikan.

Contoh membangun personal Branding, kamu adalah memiliki jasa SEO untuk sebuah website dan bisa dijamin dalam waktu 1 Bulan projek yang kamu kerjakan bisa berhasil, maka promosikan tentang diri kamu mengenai jasa SEO tersebut dan yang terpenting jangan bohongi publik dengan iming-iming manis. Itu semua harus sesuai dan benar dengan apa yang kamu tawarkan, dengan begitu masyarakat akan percaya dan bisnis kamu akan dikenal banyak orang karena kejujurannya.

Saya sendiri telah membuat artikel ini dengan jiwa yang sejujur mungkin, sebaik mungkin, seakurat mungkin dan seikhlas mungkin, semuanya saya berikan untuk kepuasan pembaca saya, agar mereka mendapatkan informasi yang baik, bermakna, mudah dimengerti dan benar tentunya.

Dengan kepercayaan tersebut, saya yakin pembaca saya akan setia untuk terus mengunjungi blog saya, sehingga jika itu tercapai maka salah satu cara strategi Blogger DCB membangun personal Branding ini berhasil.

3. Jelaskan Detail Brand atau Passion

Selanjutnya adalah menjelaskan detail keahlian kamu, saya sendiri senang terhadap dunia teknologi dan informasi, akhirnya saya membuat web / blog untuk media saya menyampaikan ke masyarakat terkait infomasi yang ada dan sering diperbincangkan.

Selain mengisi artikel di blog, saya juga mengambil Jasa Build Blog Baru untuk Blogspot yang bebas biaya Hosting sehingga sangat rekomendasi untuk Blogger pemula.

Nah, itu adalah sedikit Passion dari saya, kemudian mengenai tentang menjelaskan Detail dari Branding adalah hal yang sangat penting. Orang akan paham dan langsung mengerti dengan apa yang kamu tawarkan, jika kamu sendiri menjelaskan secara rinci detail dari Brand kamu. Sehingga ini semua akan meyakinkan client kemudian calon client akan lebih cepat dalam menyikapi tawaran tersebut.

4. Bangun Profil Page

Blogger DCB membangun personal branding dengan Media Sosial
Media Sosial untuk membangun Branding

Sosial media saat ini adalah media promosi yang sangat baik. Seperti Facebook saja sudah lebih dari 2M pengguna di seluruh dunia, dan di Indonesia sudah lebih dari 200 juta pengguna Facebook.

Dengan begitu banyaknya User, kamu bisa memanfaatkannya untuk strategi membangun personal Branding dengan cara membuat Fans Page atau Profile Page.

Saya mempunyai Fans Page Facebook sebanyak 1.5k lebih dan itu saya manfaatkan untuk meningkatkan pengunjung saya dan Branding saya, dan terbukti berhasil.

Tips dan Trik : Cara Membangun Backlink Berkualitas

5. Membuat Strategi Content Marketing

Content Marketing adalah pemasaran atau cara promosi terhadap Brand untuk mengenalkan kepada masyarakat. Hal ini sangat penting untuk mempercepat proses promosi dari Brand dan tertarget.

Saya menggunakan Content Marketing untuk perkembangan Blog saya dengan cara, seperti : Guest Post, Beriklan, Promosi manual di Grup WA, Langganan Email, Share keberbagai Media sosial, dll.

Kamu bisa pergunakan cara tersebut untuk hal pemasaran content yang sederhana. Jika kamu punya Budget lebih kamu bisa membuat semacam event lomba untuk mendapatkan promosi Tautan balik (backlink) ke blog kamu.

6. Mengembangkan Koneksi

Blogger DCB membangun Personal Branding dengan koneksi
Membangun Branding dengan Link Koneksi

Koneksi sangat penting sekali untuk saya Blogger DCB membangun personal Branding, tanpa koneksi / jaringan, kamu akan kesulitan dalam mengembangkan Merk dan Bisnis.

Ajak sebanyak banyaknya kawan kamu untuk membuat Forum diskusi, seperti halnya saya didalam wadah Grup WA Diskusi Cerdas Blogger (DCB), atau koneksi langsung, dari sosial media.

Tips dan Trik : Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

7. Mencari Mentor Yang Tepat

Mentor atau Pembimbing sebagai tempat bertanya ketika kita ada masalah adalah penting sekali. Jangan sungkan untuk bertanya kepada yang lebih senior atau pintar, karena malu bertanya sesat dijalan, hihihi.

Menurut saya ini juga termasuk strategi cara membangun personal Branding saya menjadi kuat.

8. Support Yang Baik

Support atau layanan kepada user / client yang baik dan maksimal adalah bentuk keseriusan kamu terhadap Brand yang kamu kelola.

Setiap ada pertanyaan dari pembaca blog saya, saya berusaha untuk dapat memberikan solusi dari apa yang mereka keluhkan, sehingga mereka akan mendapatkan jawaban dari pertanyaanya. hal ini sangat baik dalam meningkatkan nilai Branding kamu.

Sekian dulu pembahasan mengenai Blogger DCB Membangun Personal Branding dan mudah-mudahan dapat dimengerti.

Kesimpulan: Dalam membangun Personal Branding adalah tidak mudah, tapi jika kita serius, percaya diri dan mau berusaha semuanya pasti akan bisa dicapai.

Salam Blogger DCB (Diskusi Cerdas Blogger).

Diskusi Cerdas Blogger
Logo DCB

2 comments found

    comments user

    Bagus Surochman

    Semoga aku segera bisa membangun personal branding seperti mas edi juga..

    Balas

      comments user

      Edi Sutanto

      Aamiin, Saya juga masih belajar mas

      Balas

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *