Posted By Edi Sutanto
Tag:
12 Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Blog

EdiSutanto.com – Saat ini aktifitas Bloging sudah menjadi pilihan banyak orang untuk bisa menghasilkan uang dari blog. Selain blog, juga ada pilihan lain yaitu membuat konten video Youtube. Dua aktifitas ini telah menjadi incaran untuk mendapatkan pundi-pundi uang tambahan bagi para kreatifitas di dunia Internet.

Internet telah mengubah banyak hal, salah satunya dengan adanya blog atau situs. Blog adalah halaman situs yang dibuat oleh seseorang untuk keperluan pribadi maupun menyebarkan informasi untuk pembaca di internet.

Pengunjung blog bisa dijangkau di seluruh Dunia, oleh karena itu media blog ini bisa dimanfaatkan sebagai media penyebaran informasi yang baik dan tepat. Dan para blogger telah memanfaatkan blog nya untuk dapat menghasilkan uang dengan mudah jika meraka telah giat dan rajin membuat konten yang bermanfaat untuk pembaca.

cara mendapatkan uang dari blog

Bagaimana saya bisa membuat blog terkenal untuk pemirsa?

Pertanyaan yang bagus, kamu bisa membuat blog terkenal jika blog yang disajikan adalah:

  • Mempunyai Brand Blog yang baik
  • Blog yang bisa membuat pengunjung menjadi terkesan dengan isi kontennya
  • Bisa menjadi bacaan yang dipercaya
  • Menjadi bacaan yang mudah dipahami
  • Tidak bertele-tele
  • Isi konten detail
  • Konten original dan unik pembahasan dari blog yang lain
  • Navigasi blog mudah dicari
  • Desain responsive mobile
  • Loading speeds blog cepat

Jika kamu bisa membuat blog dengan unsur seperti diatas kemungkinan blog kamu dapat sukses dan terkenal, karena blog kamu akan mudah dikenal baik oleh masyarakan luas.

Jika blog yang kamu bangun sudah mendapatkan pemirsa/pengunjung, maka mudah saja untuk mendapatkan uang dari blog tersebut. Memang hal yang paling pokok untuk mudah mendapatkan uang adalah visitor/pengunjung, blog tidak bermanfaat banyak jika tidak ada pengunjung, mungkin bisa disebabkan isi dari konten nya kurang informatif dan lain sebagainya.

Nah langkah selanjutnya disaat blog kamu sudah mendapatkan banyak pengunjung, yaitu memanfaatkannya untuk mendapatkan uang penghasilan tambahan.

12 Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Blog

Saya akan memberikan 12 Cara mudah mendapatkan uang dari Blog, jika kamu bisa gigih dan konsisten, antara lain:

1. Publisher Iklan

Menjadi publisher atau penayang iklan adalah salah satu cara yang dapat dipilih untuk dapat menghasilkan uang dari blog. Visitor yang tinggi akan semakin mudah kamu dalam mendapatkan uang, karena ini sangat berpengaruh banyak dalam pendapatan.

Publisher iklan adalah seseorang yang berperan sebagai penayang iklan didalam blog nya untuk hal ini. Dari kerjasama antara penayang dan pengiklan, akan didapatkan hal positif untuk kedua belah pihak. Sebagai publisher akan mendapatkan bayaran, dan untuk Advertiser/pengiklan akan mendapatkan pengunjung/customer dari tayangan iklan.

Kamu bisa memilih untuk menjadi publisher iklan Google Adsense salah satunya. Google Adsense telah membayar dengan biaya yang cukup besar jika konversi dari iklan juga besar. Pembagian dari pendapatan uang bisa ditentukan dari banyaknya pengunjung blog dan juga banyaknya rasio klik iklan, sehingga pendapatan juga tidak selalu sama.

cara mendapatkan uang dari blog

Banyak sekali publisher Google Adsense, khususnya di Indonesia yang sudah menerapkan periklanan ini untuk mendapatkan uang, sehingga saya menyarankan untuk memilih Agency tersebut.

Selain Google Adsense, periklanan yang bisa kamu pilih untuk menghasilkan uang, contohnya: Iklan PPC pada MGID, Shortlink (pemendek link), Safelink (redirect link), Iklan mandiri.

Iklan Mandiri adalah iklan langsung yang ditampilkan pada blog dengan kesepakatan antara dua pihak. Seperti tawaran atau kesepakatan dengan pemilik brand, produk atau sesama bloger. Intinya menampilkan iklan dengan kesepakatan langsung dengan pengiklan tanpa melalui jasa agency/perantara.

Iklan mandiri ini juga dinilai bagus untuk mendapatkan uang lebih dari blog, karena nilai rupiah yang dihasilkan menjanjikan, tergantung dari jumlah pengunjung blog itu sendiri. Rate nya bisa menyesuaikan dengan produk dan kesepakatan tentunya.

Baca juga : Cara Ampuh Meraih Banyak Pengunjung Blog

2. Affiliasi

cara mendapatkan uang dari blog

Affiliasi adalah cara mendapatkan uang dari blog dengan jalan memasarkan (referensi) suatu produk atau jasa yang kemudian mendapatkan imbalan dari perusahaan terkait. Biasanya kamu akan mendapatkan 10% dari harga yang dapat terjual, atau jumlah yang sudah ditetapkan dengan kode referensi (referal) yang didapat.

Semakin banyak kode referensi yang digunakan oleh pengunjung dalam blog, maka semakain banyak pula uang bayaran yang akan kamu raih, dan begitu sebaliknya. Cara ini juga menjadi bagian penghasilan tambahan dari mengelola blog.

3. Mengadakan Event

cara mendapatkan uang dari blog

Setelah blog yang kamu bangun sudah mendapat perhatian dan kepercayaan dari pembaca, kamu bisa melabarkan sayap dengan membuka event atau acara seputar ilmu bloging. Dengan event tersebut kamu bisa meraih uang dengan cara menjual tiket, menarik sponsor dan sebagainya.

Mungkin cara ini sedikit kurang memikat, karena memang untuk mengadakan event sebagai bloger harus sudah membekali dirinya dengan ilmu yang lebih tinggi dari calon pembaca untuk dapat menarik penonton. Tetapi jika kamu sudah mahir atau banyak ilmu didunia blogging perlu dicoba membuat event ini untuk mendapatkan uang dan juga untuk sharing ilmu tentang membangun blog.

4. Menjual Jasa

cara mendapatkan uang dari blog

Jika kamu sudah mahir atau sudah percaya diri dalam dunia blogging, selanjutnya kamu bisa membuka jasa agar mendapatkan tambahan uang dari blog. Apa saja jasa yang dapat kamu tawarkan dari blog:

  • Jasa meningkatkan kecepatan / speed blog. Kecepatan blog sangat penting sekali dalam menunjang kepopuleran sebuah blog. Memiliki blog yang speed laoding nya cepat dapat meningkatkan respect pengunjung blog karena konten yang meraka cari telah cepat terbuka sehingga cara ini dapat membuat pengunjung betah. Keuntungan lain dari speed blog yang cepat adalah dapat menaikkan nilai SEO terhadap mesin pencari seperti Google dan dapat meningkatkan Rengking di Google.
  • Membuka Jasa SEO. Search Engine Optimization (SEO) adalah mengoptimasi blog untuk meraih posisi teratas dari mesin pencari dengan tujuan mendapatkan banyak pengunjung. Semua kalangan bloger telah mengimpi-impikan untuk dapat membuat blog dan artikel yang ditulisnya SEO dan ramah dengan mesin pencari (search engine) dan tidak sedikit para bloger juga memanfaatkan penyedia jasa yang bisa untuk meningkatkan blog nya pada mesin pencari. Jasa ini bisa kamu tawarkan untuk dapat memperoleh uang dari blog.
  • Jasa Optimasi dan Desain Template. Kamu harus mengenal platform dan pemrogramman terlebih dahuli jika ingin membuka jasa ini, karena berhubungan dengan template. Template blog dibangun dengan kode-kode khusus untuk menghasilkan tampilan yang baik. Sesorang blogger selain mengoptimasi kedua hal diatas juga penting untuk membuat tampilan dari halaman blog nya keren atau bagus, karena blog yang bagus akan diminati oleh pembaca.
  • Jasa Konsultasi Blog (brand, penulisan, dll)

5. Membuat Member Forum

cara mendapatkan uang dari blog

Kemudian Kamu bisa membuat semacam forum member untuk pembahasan khusus seputar blogging. Selain itu juga bisa dengan membuat pelatihan online dengan topik premium yang mengandung pembahasan yang mendalam serta advance untuk blogging. Dengan cara tersebut kamu bisa mendapatkan uang dari blogging.

6. Menjual Produk

Produk apapun dapat kamu pasarkan didalam blog untuk dapat meraih uang dengan penjualan produk. Sistemnya ketika pembaca mengunjungi situs kamu dan melihat berbagai produk yang kamu tawarkan kemudian diharapkan pengunjung dapat tertarik kemudian membeli produk yang kamu jual.

7. Review

Adalah aktifitas blogging yang dilakukan untuk mereview atau mengulas hal berupa Brand, produk atau jasa. Biasanya blog yang sudah populer dan cocok dengan niche akan sering mendaptkan tawaran review seperti ini, contohnya: review produk makanan, hosting, hotel, tempat wisata, dan lainnyaa. Imbalan yang kamu dapat dari mereview bisa berupa uang atau dalam bentuk lainnya. Cara ini banyak dilakukan oleh kalangan bloger.

8. Menulis / Content Writer

cara mendapatkan uang dari blog

Kamu bisa memanfaatkan blog untuk promosi diri kamu sendiri dengan menawarkan jasa sebagai penulis konten. Ulas semua kelebian yang dapat kamu berikan, dari tulisan yang SEO, mudah dimengerti, tata bahasa baik, dan lain sebagainya. Lengkapi dengan testimoni pelanggan untuk dapat meyakinkan pembaca kemudian menarik untuk dapat memesan jasa Penulisan dari kamu sehingga kamu bisa mendapatkan uang lebih dengan cara ini. Tidak sedikit pula yang mengambil keuntungan dari blogging ini.

Baca juga : Cara Menulis Artikel SEO Friendly

9. Kompetisi Blog

Kompetisi atau lomba blog sering diadakan oleh kalangan tertentu, bisa dari pemerintahan, perusahaan, jasa produk, dan sesama bloger. Kompetisi blog juga bisa berupa menulis konten dan lomba SEO. Jika kamu tertarik dengan lomba tersebut, kamu bisa ikuti salah satu atau keduanya. Jika mendapat juara maka kamu bisa mendaptkan bayaran berupa uang atau bentuk lainnya. Lumayan ya.

10. Content Placement

cara mendapatkan uang dari blog

Apa itu content placement? yaitu kerjasama dengan pihak lain untuk tujuan membuat konten kemudian di posting di blog kamu dan menaruh link tautan keluar (backlink) ke pemesan konten. Biasanya tawaran Content placement jika blog kamu bisa mempunyai Domain Authority (DA) tinggi, kisaran diatas 10. Harga yang ditawarkan dari content placement relatif bisa antara 100rb-500rb.

11. Undangan Event

Hal ini juga sering ditawarkan oleh bloger yang mempunyai kepopuleran tinggi. Dengan kepopulerannya banyak pihak tertarik untuk mengundangnya kedalam acara eventnya. Biasanya acara ini bertujuan untuk mengundang pemirsa didalam acara tersebut dan menarik perhatian para bloger ditambah untuk mengisi sepatah duapatah kata didalam event.

12. Undangan Pembicara / Narasumber

Apakah kamu merupakan Bloger profesional, senior atau sudah mempunyai brand didunia blogging? jika masuk kedalam kriteria tersebut maka akan mudah sekali mendapat undangan sebagai pembicara atau narasumber dari sebuah acara yang berkaitan dengan blogging. Jadi undangan tersebut akan mendatangkan sumber penghasilan tambahan dari aktivitas ngeblog kamu. Jika tertarik tekuni dulu ilmu-ilmu dunia blogging ini, dan suatu saat kamu bisa menjadi seorang bloger terkenal dan akan mudah dalam mendapatkan undangan event.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari ide bagaimana caranya blog bisa menghasilkan uang.

Ada pertanyaan dari ke 12 poin diatas ?

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *