Posted By Edi Sutanto
Cara Membuat Blog Gratis

EdiSutanto.com – Blog adalah sebuah situs atau website yang didalamnya memuat tulisan-tulisan dari cerita pribadi, tutorial, bisa juga berita. Niche blog sendiri tergantung dari passion si Authornya. Misalkan sobat suka dengan Cerpen / Puisi, maka sobat bisa menuangkan tulisan puisi tersebut kedalam blog yang dibuat.

Sedangkan hobi dengan tutorial / tips-tips maka sobat bisa membuat tips-tips dari kegiatan sehari-hari yang bermanfaat.Didalam membuat blog haruslah mempunyai tujuan / arah yang diinginkan, apakah hanya sekedar hobi menulis atau untuk berpenghasilan, karena memang blog yang bagus bisa mendapatkan rupiah, Karena sudah terlanjur membahas blog yang menghasilkan rupiah, maka akan sedikit saya lanjutkan sebelum membahas membuat blog gratis.

 

Cara Membuat Blog Gratis

cara membuat blog gratis

Blog memang bisa mendapatkan uang tetapi ingat, blog yang bagus lah yang bisa menghasilkan uang. Artinya blog bagus adalah blog yang informatif, ber manfaat bagi user, unik dan terpercaya. Sayang sekali jika sobat membuat blog hanya untuk menyambung tulisan / copy paste blog lain saja, karena akan membuat geram pemilik blog yang di copy paste.

Buat lah blog yang asli tulisan sendiri atau tidak hanya copy paste dari blog lain, karena akan membuat keunikan / ciri kas dari blog yang mau sobat buat. Blog yang mempunyai ciri kas akan mudah di ingat oleh user, dengan begitu visitor akan mudah berdatangan.

Blog dan visitor merupakan kesatuan yang saling dibutuhkan. Visitor / pengunjung blog merupakan penikmat atau pencari informasi dari blog yang kita buat. Jika ada blog tidak ada visitor akan sia-sia saja, dan juga sebaliknya, pencari informasi banyak sedangkan situs-situs / blog sangat sedikit itu juga tidak seimbang. Andai saja membuat blog yang asal-asalan dalam artian tidak informatif dan unik, pasti walaupun visitor khususnya user dari Indonesia banyak, karena blog yang dibuat tidak unik dan tidak informatif sehingga tetap saja blog akan sepi pengunjung.

Untuk pembahasan lebih mendalam mengenai cara membuat blog menghasilkan uang dan cara membuat blog ramai pengunjung akan dibahas pada halaman  lain ya, karena kali ini kita fokus pada membahas cara pembuatan blog Gratis.

Apa bisa membuat blog gratis alias tidak mengeluarkan uang? bisa ko tenang aja, mari kita bahas disini. Banyak StartUp yang memberikan layanan untuk pembuatan blog secara gratis / free, dari blog yang bergaya portofolio, blog tutorial, magazine / berita, ecommers / online shop, dll.

Platform yang memberikan blog gratis contohnya: Google (blogspot), WordPress, Jomla, Drupal, Prestashop, dll.

1. GOOGLE (Blogger)

cara membuat blogspot

Siapa yang tidak tahu dengan perusahaan ternama ini (Google). Google telah memberikan fasilitas untuk para Blogger dalam membuat blog gratis, yaitu dengan membuat akun blogger pada domain www.blogger.com.

Fasilitas yang akan diberikan untuk para Blogger yaitu hosting + subdomain dari google secara gratis. Jadi kita tidak perlu repot-repot untuk menyewa jasa hosting untuk meletakkan file-file blog kita. Dan domain pun sudah disediakan dengan subdomain untuk (.blogspot.com).

Bahkan Google telah memberikan fasilitas tambahan yang lebih baik lagi dengan jaringan keamanan transfer data yaitu Secure Socket layer (SSL) HTTPS yang membuat blog kita lebih aman. Perfect yang diberikan Google ini dalam hal membuat Blog, semua fasilitas ia berikan tanpa sedikitpun biaya.

Hal ini sangat berguna sekali untuk kalangan blogger pemula ataupun blogger yang hanya mempunyai sedikit anggaran untuk itu. Sehingga bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dalam hal membuat blog gratis.

Baca juga : Cara Membuat Widget Blog Yang Mudah Di Edit

Berikut ini langkah-langkah cara membuat blog gratis dengan Blogspot :

  1. Pertama, buat akun Gmail dari google, untuk bisa masuk ke akun blogger (Blogspot).
  2. Kedua, akses situs www.blogger.com, portal untuk membuat blog – kemudian klik Buat blog.
  3. Ketiga, kita akan diarahkan ke homepage pembuatan blog. Isi judul blog / nama blog, isi domain blog / alamat blog, dan pilih tema yang diinginkan.
  4. Terkahir, klik tombol Buat blog! dibagian paling bawah.
  5. Selesai, kini kamu sudah memiliki blog.

Blog siap digunakan untuk membuat konten-konten yang di inginkan serta bermanfaat untuk sesama.

Saran: Gunanakan fasilitas blog gratis ini dengan membuat konten yang positif tidak menyebarkan konten yang negatif atau berita bohong untuk tujuan tertentu, karena memang blogger yang baik dan profesional tersebut akan menggunakan blog nya dengan sebaik-baiknya untuk hal positif.

Contoh situs Blog yang sudah dibuat gratis oleh platform blogger (blogspot) : strukturkode.blogspot.com, sutekom.blogspot.com, antopordjo.blogspot.com, dan masih banyak lagi.

Keuntungan membuat Blog dengan platform Blogger (blogspot)

Keuntungan kamu membuat blog pada Blogger.com adalah:

  • Gratis tanpa dikenakan biaya sedikitpun
  • Platform blog dari perusahaan ternama, sehingga infrastruktur dari sistem, CMS, kemanan, dan lainnya tidak diragukan lagi. Kemungkinan Down hosting dan serangan peretasan sangat minim.
  • Mudah digunakan (User Friendly)
  • Banyak pilihan tema dari yang gratis (default), gratis dari developer, berbayar (premium).
  • Banyak forum untuk para blogger

2. WORDPRESS

Membuat blog dengan wordpress

Platform WordPress juga memberikan fasilatas untuk pembuatan blog gratis. Sebelumnya jika kamu belum familiar dengan platform ini tenang saja, WordPress sudah terkenal mendunia dan sudah tidak asing lagi ditelinga banyak orang (bloger). Sehingga jika kamu ingin memulainya dari platform ini tidak ada ruginya.

WordPress platform website yang paling banyak digunakan diseluruh dunia (dikutip dari situs https://www.hostinger.co.id/tutorial/platform-blog/). Dengan kehebatan ini platform WordPress tidak diragukan lagi untuk dimanfaatkan dalam membuat blog gratis maupun yang berbayar.

Ada dua (2) tipe dari WordPress, yaitu wordpress.com dan wordpress.org

Jika kita ingin membuat blog secara gratis, yaitu kita masuk ke wordpress.com. Disini kita bisa membuat blog gratis dan berbayar. Tetapi perlu diketahui dengan platform WordPress.com (gratis) kita tidak bisa memonetisasi iklan karena kita tidak bisa membuka isi dari file programnya. Berbeda dengan platform Blogger (blogspot) walaupun blog gratis kita masih bisa menaruh iklan disana.

Sedangkan wordpress.org adalah situs support dari WordPress yang digunakan untuk tempat mendownload segala macam tools / plugin, untuk digunakan khusus pada platform WordPress. Pada situs ini kamu bisa mengambil/download file WordPress untuk keperluan instalasi, download plugin untuk optimasi blog, tema untuk template blog dan lain sebagainya.

Baca juga : Cara Membuat Artikel Blog SEO

Langkah-langkah membuat Blog gratis dengan WordPress :

  1. Pertama, akses situs www.wordpress.com – kemudian klik Mulai / Start.
  2. Kedua, diarahkan untuk memilih portal apakah membuat, Blog / Situs / Portofolio, – klik Mulai dengan sebuah Blog.
  3. Ketiga, pilih tema yang sudah ada, jika kurang cocok dengan tema yang ada, tenang kita bisa mendownload tema di situs lain yang menyediakan tema wordpress.
  4. Keempat, buat alamat blog / domain blog – kemudian Pilih. Karena blog gratis maka kita akan mendapatkan subdomain dari wordpress.com. (contoh alamat: exemple.wordpress.com).
  5. Kelima, diarahkan untuk memilih paket, dari paket gratis sampai berbayar bisnis – pilih paket gratis.
  6. Terakhir, login ke akun WordPress kamu (namaBlog.wordpress.com/wp-admin) dan akan diarahkan ke Dashboard blog kamu.
  7. Selesai, blog gratis dari WordPress telah berhasil. Kini kamu sudah memiliki blog dan manfaatkan blog ini dengan hal yang positif.

Keuntungan membuat blog dengan platform WordPress :

  • WordPress terkenal dengan kemudahannya
  • Banyak plugin yang dapat digunakan
  • WordPress lebih modern dari sisi tampilan atau template, sehingga lebih User Friendly.
  • WordPress terkenal aman / mempunyai tingkat keamanan program yang handal, tidak mudah diretas.
  • Disediakan template gratis dan berbayar (premium)
  • Forum support dari bloger WordPress sudah banyak

Kedua platform Blogger dan WordPress adalah tempat membuat blog secara gratis dan terpopuler, walaupun masih ada platform lain yang dapat membuat blog gratis, seperti: Prestashop, Joomla, Drupal dan lain-lain. Tapi dua platform diatas menjadi favorit nya para bloger, baik pemula maupun senior.

Kesimpulan: Bagi pemula yang serius ingin membangun Blog yang baik aturlah waktu yang konsisten untuk membuat konten yang bermanfaat, informatif dan unik (jarang diinternet) dan tidak dianjutkan untuk membuat konten yang hanya sekedar copy dan paste saja dan itu dilarang.

Semoga artikel Cara Membuat Blog Gratis ini bermanfaat.

– Salam –

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *