cara membuat backlink

5 Cara Membuat Backlink Berkualitas Pada Blog

Diposting pada

EdiSutanto.com – Backlink bertujuan untuk membangun website / blog agar lebih terkenal / populer dan lebih SEO dimata algoritma Goolge. Cara ini sangat dianjurkan untuk kelangsungan dalam membangun sebuah web / blog. Dalam membangun dan membuat backlink berkualitas tidak lah mudah karena kebanyakan dari para Blogger telah berkompetisi untuk mendapatkan tempat tertinggi pada Serach Engine dengan cara backlink.

Meskipun cara ini tergolong kompleks dan membutuhkan keseriusan, tetapi dengan membuat Backlink yang berkualitas saya yakin hasil yang dicapai akan sangat memuaskan. SERP mesin pencari seperti Google akan memberikan report dengan hasil yang sangat dipercaya. Algoritma Search Engine telah bekerja secara akurat dan baik, sehingga hasil yang ditampilkan akan sesuai dengan apa yang kita usahakan.

 

cara membuat backlink blog

 

Backlink sendiri mempunyai pengertian yaitu link / anchor text yang kembali atau mengarah balik kedalam blog / website kita yang terdapat didalam blog orang lain. Jenis membuat Backlink yang saya tahu ada 2, yaitu: Backlink Artikel dan Backlink Profil.

  • Backlink Artikel adalah link yang mempunyai tujuan / mengarah kedalam artikel website. Jenis Backlink ini sangat baik untuk meningkatkan SEO Artikel Blog dan Page Authority (PA).
  • Backlink Profil adalah link yang mempunyai tujuan / mengarah kedalam domain utama blog /website. Jenis backlink ini sangat baik untuk SEO Blog dan Domain Authority (DA).

Silakan sobat Blogger bisa gunakan Backlink yang benar dengan cara keduanya untuk meningkatkan SEO Blog dan SEO Artikel.
Meningkatnya Domain Authority dan Page Authority dapat meningkatkan SEO dan menjadi prioritas didalam Algoritma Serach Engine.

Setelah mengetahui arti dan Manfaat Backlink, sekarang kita lanjut untuk mengetahui bebarapa cara membuat Backlink berkualitas untuk Blog:

Cara Membuat Backlink Berkualitas Pada Blog

1. Membangun / membuat Backlink pada Social Bookmark

Social Bookmark adalah website / blog yang menyediakan tempat untuk kita men Submit link artikel kedalam blognya. Cara ini sering digunakan para praktisi SEO dalam membuat Backlink atau mencari trafik pengunjung. Tetapi sobat Blogger juga tetap hati-hati dalam memilih situs Social Bookmaking, karena ada juga situs yang mempunyai reputasi buruk dengan situsnya.

Baca juga : Cara Meningkatkan Domain dan Page Authority Blog

2. Membangun / membuat Backlink dengan Blogwalking

Blogwalking adalah kegiatan yang dilakukan oleh Blogger untuk berjalan-jalan / berselancar didalam Internet dengan bertujuan untuk mengunjungi blog orang lain supaya meningkatkan trafik dan sampai dengan berkomentar yang relevan. Cara ini sangat positif oleh kedua belah pihak dalah dunia Blogging. Selain dari pada meningkatkan trafik blog juga membangun Backlink yang baik dan berkualitas.

3. Membangun atau membuat Backlink dengan cara Guest Blog / Book

Guest Blog sering digunakan oleh praktisi Blogger dan SEO untuk meningkatkan pengunjung blognya. Pengertian dari Guest Blog adalah menulis artikel didalam blog orang lain. Dengan Guest Blog artikel yang sudah dibuat pada blog orang lain biasanya dapat untuk membuat Backlink didalam artikel tersebut sebagai bentuk barter menulis artikel. Cara ini juga sangat baik untuk meningkatkan trafik blog dan Backlink berkulitas.

4. Membangun / membuat Backlink dengan Forum Signature

Forum Signatur yang dimaksud adalah forum-forum yang ada didunia Blogging, terutama yang mempunyai reputasi situs yang baik. Cara melihat forum tersebut baik adalah dengan mengetahui banyaknya anggota dan keaktifan forum dalam kesehariannya. Dengan Forum, sobat bisa berdiskusi secara baik dan relevan sesuai Tread yang dikategorikan, dengan begitu setelah membuat Backlink pada forum tersebut teman-teman yang ada didalam forum tidak keberatan dengan adanya link aktif yang ada. Cara ini sangat baik untuk trafik blog dan Backlink yang berkualitas.
Contoh forum signatur yang ada di Indonesia, seperti: forum Detik.com, forum Kaskus, forum Ads.id, dan forum yang lainnya.

5. Membangun Backlink dengan Social Media

Cara ini pasti sudah tidak asing lagi buat para Blogger. Hampir semua pengguna internet menggunakan Social media untuk berinteraksi dengan dunia maya. Sehingga cara ini juga dipercaya sangat menguntungkan untuk membuat Backlink yang baik dan berkualitas. Sobat bisa menyebarkan / sharing artikel kedalam social media, seperti: Facebook, Twitter, Google+, Instagram, dan lain-lain. Tapi perlu digaris bawahi untuk trafik yang tidak seimbang antara social media dan organik trafik akan membuat buruk didalam Rank Google. Menurut saya trafik antara social media dan organik dari mesin pencari harus seimbang, tidak hanya mengandalkan social media saja. Tapi juga tidak perlu takut, cara ini juga masih sangat baik untuk membuat Backlink yang berkualitas.

Selesai sudah artikel tentang 5 Cara Membuat Backlink Berkualitas Pada Blog. Jika ada cara membuat baklink yang lain, sobat Blogger bisa menambahkan dikolom komentar untuk bahan reverensi sahabat Blogger yang lainnya.

2 thoughts on “5 Cara Membuat Backlink Berkualitas Pada Blog

  1. Nambah mas* Munkin bisa bantu blogger pemula dimana sajakah tanam backlink berkualitas yang baik. Saya cari-cari di inet rata-rata sama: about,me, dll. Mohon bantuannya mas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *