Posted By Edi Sutanto
Tag:
Cara Membuat Artikel Blog SEO

EdiSutanto.com – Dunia Blogging tidak lepas dari yang namanya mengoptimasi atau mengoptimalkan artikel yang dinamakan SEO (Search Engine Optimization). Bertujuan untuk meningkatkan pengunjung blog dan ranking blog itu sendiri. Karena dengan blog yang optimal dengan membuat artikel SEO akan memaksimalkan untuk mendapatkan peringkat pertama Google.

Tidak mudah didalam mengoptimasi artikel sehingga bisa membuat SEO didalam mesin pencari dan dapat mengalahkan kompetitor didalam dunia Blogging.Tanpa SEO yang baik, sulit bagi kita bisa menembus Page one Goolge dan mengalahkan pesaing lainnya dalam Search Engine. Bisa saja kita nangkring di urutan pertama Goolge tanpa SEO, dengan syarat hanya tulisan kita saja yang mengandung Kata kunci (keyword) tersebut, dan itu sangat jarang.

 

Trik Membuat Artikel Blog SEO dan Ramai Pengunjung

membuat artikel seo friendly

Blogger yang sudah menerapkan ilmu SEO secara baik didalam artikel yang dituliskannya, maka mempunyai kesempatan besar untuk dapat masuk ke halaman pertama Google dan akhirnya pengunjung pun semakin ramai.

Alasan pengunjung ramai karena artikel masuk ke Page One Google dan user biasanya akan memilih suatu berita dengan keyword / kata kunci yang di carinya didalam Search Engine diposisi awal atau atas saja, jarang sekali user memilih berita yang dicarinya pada posisi / halaman 2 dan seterusnya. Sehingga halaman pertama / 1 Goolge adalah halaman yang sangat dibidik oleh pada Blogger.

SEO didalam Blogging dari tahun ke tahun selalu ada perubahan menurut ketentuan Algoritma Google, jadi bagi Anda penggiat SEO, buatlah artikel SEO frienly yang relevan juga dengan tema, tidak memaksakan keyword dengan menumpuk keyword yang digunakan dengan maksud ingin Page One. Justru dengan memaksakan keyword yang digunakan bisa berdampak pada SEO itu sendiri yang kurang baik dan mempunyai efek buruk untuk User Exsperiment.

Pada tahun 2017 ini Goolge telah menerapkan Algoritma terbaru yaitu Google Hawk. Algoritma ini lebih spesifik kepada SEO lokal saja, artinya para pakar SEO yang telah menerapkan Keyword dengan kata kunci daerah / lokasi geografis lokalnya maka algoritma Google Hawk ini akan berpengaruh.

Contoh jika pebisnis menargetkan dengan Kata kunci / Keyword “Jual Rumah Property Murah” maka tidak akan berpengaruh terhadap algoritma baru ini, yang berpengaruh adalah ketika kita menargetkan dengan kata kunci “Jual Rumah Property Murah di Jakarta“, maka dengan menargetkan lokasi lokal Jakarta akan berdampak dengan adanya Algoritma Goolge Hawk ini.

Baca juga : Cara Membuat Backlink Berkualitas

Pebisnis yang menerapkan kata kunci tersebut dan mempunyai lebih dari satu Website / Blog maka kemungkinan ada websitenya yang akan turun bahkan hilang dari mesin pencari karena mempunyai lebih dari 1 kata kunci lokasi lokal, seperti “Jakarta” tadi. SEO algoritma baru ini akan mencari duplikat / kesamaan didalam identitasnya, seperti: No telpon, alamat, dll.

Nah jika sobat telah menerapkan keyword / kata kunci secara lokasi lokal, maka Anda harus sedikit optimasi lagi terhadap blog / website Anda, karena akan berdampak terhadap SEO. Goolge telah mendeteksi kesamaan identitas didalam blog /websitenya dengan bantuan Googel My Business.

Tetapi tenang dan tidak perlu kawatir terhadap Blogger dan praktisi SEO yang tidak menerapkan Kata kunci lokasi lokal sebagai bahan target Blog / Website nya terhadap SEO, karena aman dan tidak berpengaruh signifikan terhadap algoritma baru ini.

Cara Membuat Artikel Blog SEO Friendly

Setelah sobat mengetahui maksud dari algoritma Google terbaru ini, maka kita sebagai Blogger memberikan Kata kunci / Keyword yang simple dan tidak dengan memberikan lokasi geografis sebagai target SEO, maka aman dari semua aturan itu.

Nah sekarang kita akan membahas bagaimana membuat artikel Blog supaya bisa masuk ke halaman pertama Goolge dengan SEO yang baik sehingga Blog menjadi ramai pengunjung. Apa saja yang harus dilakukan untuk membuat artikel blog SEO dan masuk page one Google.

1. Buatlah artikel yang detail dan terperinci sesuai tema

Semakin padat kata dan kalimat didalam artikel dan tidak bertele-tele / terarah maka sangat baik untuk SEO artikel itu sendiri.
Menurut saya sendiri jumlah kata yang dianjurkan untuk berkompetisi didalam Blogging untuk mendapatkan page one Goolge adalah 2500 kata. Jumlah kata tersebut adalah jumlah dari seluruh kata didalam Post Blog, dari konten, deskripsi dan komentar artikel. Jika artikel Blog mempunyai banyak komentar, maka menerapkan 1500 kata didalam artikel Blog sudah cukup membuat artikel SEO.

Banyak yang hanya menerapkan 300 – 500 kata didalam artikel Blog nya, jika teknik SEO blog yang dibuat tidak hanya dari teknik artikel bisa saja baik didalam SEO, tetapi jika kita hanya mempunyai ilmu SEO dari tulisan artikel saja maka ini sangat kurang efektif.

Baca juga : Yang Menghambat Kinerja SEO Blog

2. Keyword / Kata kunci yang tepat

Keyword yang tepat didalam artikel sangat berpengaruh terhadap SEO didalam SERP Google sehingga menjadikan Blog ramai pengunjung.
Menurut pengalaman sebagai Blogger dan praktisi SEO, penerapan Keyword yang baik dan benar didalam artikel Blog adalah sebagai berikut:

  • Berikan Keyword / kata kunci diparagraf awal, yaitu paragraf 1-2, paragraf tengah, dan akhir paragrat artikel. Berikan kata kunci bebas tetapi masih menyinggung Keyword di setiap paragraf yang tidak terdapat kata kunci nya.
  • Berikan tanda baca Bold (tebal) / Italic (miring) pada Keyword. Untuk hal yang ini saya menganggap tidak membuat artikel SEO mungkin hanya membuat artikel lebih rapi dan jelas dibaca.
  • Pada beberapa Keyword berikan Anchor Text atau Link kedalam artikel Blog itu sendiri, usahakan yang relavan / setema.
  • Hindari Anchor Text / Link diparagraf awal 1-3.

3. Periksa dan gunakan Tag Heading HTML (H1 – H6)

Periksa kerapihan artikel Blog pada kode HTML, jika menggunakan platform Blogspot terkadang tag kode HTML didalam artikel bisa ganda / ada kode yang tidak terpakai ada didalam artikel, dan itu membuat sampah / nilai negatif pada Algoritma Goolge.

Gunakan Tag Heading HTML (H1 – H6) yang sesuai, misalkan pada Judul Blog, Subjudul, dan deskripsi artikel Blog.

  • Judul artikel gunakan Tag Heading HTML H1.
  • Subjudul artikel gunakan Tag H2-H3.
  • Minor Heading gunakan Tag H4.

Gunakan Tag HTML ini dengan benar karena berpengaruh terhadap Artikel SEO Blog.

4. Backlink

Setelah membuat artikel BLOG sesuai basic / dasar SEO kemudian kita tambah kuat SEO artikel dengan Backlink. Backlink sangat ampuh untuk mempertajam SEO, dengan syarat backlink yang digunakan benar dan sesuai.

Kriteria Backlink yang baik dan sesuai dengan Artikel Blog:

  • Buat Backlink yang mengarah kepada artikel Blog yang mempunyai kesamaan / relavansi tema.
  • Membuat Backlink didalam situs yang mempunyai reputasi / rangking baik dimata Goolge. Ciri Situs / Blog yang mempunyai ranking baik di Goolge adalah mempunyai nilai DA / PA tinggi, dan artikel nya banyak menempati di halaman pertama Google. Apa itu DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority), simak didalam artikel berikutnya ya.

Backlink yang baik dan benar akan membuat konten baik dimata Serach Engine kemudian akan bisa menempati halaman terbaik Goolge, dan akhirnya blog akan ramai pengujung.

5. Faktor lain

  • Gunakan Judul tidak terlalu panjang dan mempunyai daya tarik bagi user, sehingga bisa membuat user terpikat untuk masuk ke dalam artikel dan akhirnya Blog ramai pengunjung.
  • Link artikel SEO tidak jauh berbeda dengan judul, dan tidak terlalu panjang.
  • Manfaatkan Deskripsi artikel dengan sebaik-baiknya, dengan menuliskan Keyword yang tepat.
Seperti ini lah penjelasan mengenai Cara membuat Artikel SEO, yang memang pengalaman Admin sendiri setelah menjadi seorang Blogger dan praktisi SEO.
Semoga bermanfaat.

3 comments found

    comments user

    Mayuf

    Sangat bermanfaat om, thanks

    Balas

      comments user

      Edi Sutanto

      Sama-sama

      Balas

    comments user

    karpet lantai tile

    Berarti sebaiknya jangan mengikut sertakan lokasi ya gan

    Balas

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *