Memilih Antara Asuransi Murni Atau Unit Link Mana Yang Lebih Tepat

Memilih Antara Asuransi Murni Atau Unit Link Mana Yang Lebih Tepat

Diposting pada

Asuransi merupakan hal sangat penting bagi hidup seseorang, sebab dengan memiliki asuransi Anda akan lebih ringan dalam mengeluarkan uang, misalnya untuk bayar biaya berobat, untuk bayar perbaikan mobil, atau untuk membayar biaya perbaikan rumah yang kebakaran.

Saat ini, ada banyak perusahaan yang menawarkan asuransi, dan jenis asuransi yang ditawarkan pun beragam, mulai dari asuransi pendidikan, kesehatan, properti, kendaraan, dan lain-lain. Jenis asuransi yang banyak peminatnya adalah asuransi kesehatan.

Namun, ternyata pengertian asuransi jiwa pun terbagi lagi menjadi beberapa jenis, antara lain unit link atau asuransi murni. Agar Anda tidak kebingungan ketika akan memilih antara membeli asuransi unit link atau asuransi murni, berikut ini kami uraikan perbedaan di antara asuransi kesehatan jenis unit link dan asuransi murni.

Memilih Antara Asuransi Murni Atau Unit Link Mana Yang Lebih Tepat

Jenis asuransi kesehatan unit link merupakan jenis asuransi yang terdiri dari proteksi dan investasi. Jadi, premi yang Anda bayarkan mengandung dana tabungan yang kelak dapat dicairkan. Umumnya dana dicairkan ketika jangka waktu yang diproteksi oleh asuransi telah tercapai.

Namun, kalau dalam masa perlindungan Anda mengalami musibah, maka uang pertanggungan tersebut akan diberikan sesuai jumlah yang tertera pada polis asuransi. Selain uang pertanggungan, nasabah juga masih memiliki dana investasi yang dapat dicairkan sewaktu-waktu. Karena itu, premi yang dibayarkan untuk unit link relatif lebih mahal dibanding asuransi murni.

Dalam asuransi unit link, uang premi yang Anda bayarkan setiap bulannya akan diinvestasikan oleh perusahaan asuransi ke berbagai jenis investasi. Jadi, selain Anda mendapatkan manfaat perlindungan kesehatan, Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari hasil investasi tersebut.

Dengan kata lain, uang premi yang Anda bayarkan tersebut akan bertambah nominalnya ketika Anda akan mengambil hasil investasi tersebut.

Sementara itu, pada asuransi kesehatan berjenis asuransi murni, premi yang dibayarkan lebih murah dibandingkan unit link. Sebab, pada asuransi murni Anda hanya mendapatkan perlindungan kesehatan, tidak ditambah dengan investasi.

Karena itu, apabila Anda tidak melakukan klaim sama sekali, uang premi yang selama ini Anda bayarkan dapat ditarik kembali, tapi jumlahnya tidak bertambah, bahkan pada beberapa perusahaan asuransi uang premi Anda tersebut akan dipotong sekian persen.

Pada asuransi murni, premi yang sudah dibayar oleh Anda akan difokuskan untuk jiwa tertanggung di mana tidak ada campur tangan investasi dalam pengelolaannya. Asuransi dapat diklaim oleh ahli waris kalau terjadi risiko meninggal.

Memilih antara kedua asuransi tersebut kembali lagi sesuai dengan kebutuhan dan juga kemampuan anda. Apapun pilihannya tetap sebaiknya memiliki pilihan asuransi dana pensiun agar meminimalisir kerugian yang terjadi atas hal yang tak kita inginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *