Apa Itu Polis

Mengenal Istilah Apa Itu Polis Asuransi dan Manfaatnya

Diposting pada

Apa itu Polis Asuransi adalah bagian dari asuransi yang menjelaskan tentang surat perjanjian antara pihak tertanggung dan pihak penanggung. Kedua pihak ini harus menyetujui dengan adanya isi-isi yang terkandung didalam Polis Asuransi agar proses selanjutnya bisa berjalan.

Seperti halnya pengertian asuransi, peraturan yang harus diikuti dan juga ketentuan lainnya yang ada didalamnya harus dimengerti oleh kedua belah pihak. Polis asuransi inilah yang akan menjadikan bukti dari pihak tertanggung untuk dapat mengajukan suatu perlindungan / asuransi kepada perusahaan asuransi.

Polis asuransi hanyalah satu nama istilah didalam asuransi, masih ada nama-nama istilah lainnya yang perlu diketahui agar semakin paham dengan pengertian asuransi. Sebelum membahas tentang istilah asuransi alangkah baiknya jika kita tahu terlebih dahulu apa itu asuransi dan juga manfaatnya.

Asuransi

Apa itu polis asuransi

Asuransi adalah perlindungan. Dimana kedua belah pihak atau lebih melakukan kesepakatan antara pihak pertama sebagai penanggung dan juga pihak kedua sebagai tertanggung untuk memberikan jaminan terhadap suatu hal yang dijanjikan.

Maka pihak kedua akan mendapatkan jaminan yang sudah dijanjikan oleh penanggung dan sebaliknya pihak tertanggung wajib membayar premi yang sudah disepakati. Asuransi itu seperti ibarat sedia payung sebelum hujan, karena kita sebagai manusia tidak tahu akan kejadian dimasa mendatang, dan pasti jalan manusia tidak akan selamanya mulus-mulus saja.

Ada beberapa jenis asuransi, antara lain:

Asuransi Jiwa

Adalah asuransi yang berkaitan dengan jiwa manusia dari hidup dan wafatnya. Dengan asuransi jiwa pihak pemohon akan mendapatkan jaminan atas meninggalnya pemohon terhadap suatu perusahaan asuransi.

Asuransi Kerugian

Adalah perusahaan asuransi yang memberikan jaminan berupa kerugian akibat suatu hal, kerusakan barang atau benda, dan juga menurunnya suatu kegunaan dari suatu hal.

Reasurasi

Adalah perusahaan yang memberikan jaminan terhadap perusahaan asuransi lainnya.

Saya tidak mendektrin untuk harus menggunakan jasa Asuransi karena ini semua akan kembali lagi kepada pilihan. Hanya saja pengertian dan manfaat dari asuransi adalah seperti yang dijelaskan diatas yang sejatinya baik kita terapkan untuk hal masa mendatang.

Nah jika sudah paham dengan pengertian asuransi dan manfaatnya, sekarang kita juga harus tahu istilah-istilah apa saja yang belum kita ketahui dalam dunia asuransi tersebut.

Istilah Asuransi

Polis Asuransi

Sudah dijelaskan pada paragraf awal yaitu surat perjanjian antara kedua belah pihak untuk menjalin kesepakatan terhadap suatu asuransi.

Pemohon / Applicant

Pemohon merupakan pihak yang mengajukan asuransi kepada pihak penanggung atau perusahaan asuransi. Dalam hal ini pemohon akan mendapatkan suatu jaminan asuransi pada perjanjian Polis asuransi seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Pemegang Polis (Policy Owner)

Merupakan pihak yang memiliki wewenang untuk memegang polis yang sudah disetujui.

Tertanggung (Insured)

Adalah subyek dari pihak tertanggung yang diasuransikan dan mendapatkan persetujuan dari perusahaan. Contohnya adalah asuransi jiwa terhadap pihak tertanggung, atau tertanggung adalah asuransi kaki pemain sepak bola.

Penerima Uang Pertanggungan (Beneficiary)

Yakni orang yang akan mengambil / menerima uang ganti rugi dari perusahaan asuransi terhadap perjanjian yang sudah ada. Pada umumnya orang yang ditunjuk sebagai penerima uang pertanggungan adalah keluarga terdekat seperti: Istri/Suami, Orang tua, Kakak, Adik dan mungkin sahabat terdekat.

Uang Pertanggungan

Ialah bentuk ganti rugi atau tanggung jawab dari penanggung terhadap tertanggung terhadap perjanjian yang sudah disepakati.

Premi

Adalah uang yang harus dibayarkan oleh pihak tertanggung kepada perusahaan selama waktu perjanjian berlangsung sesuai dengan kesepakatan yang sudah disetujui.

Nilai Tunai

Merupakan sejumlah uang yang harus dikembalikan kepada pihak tertanggung apabila terjadi peristiwa yang mengakibatkan kontrak berakhir sebelum waktu yang sudah disepakati.

Insurable Interest

Merupakan hubungan atara pihak tertanggung atau pemohon asuransi terhadap objek yang diasuransikan.

Itulah beberapa instilah yang ada pada dunia per asuransian yang ada. Dan setelah mengetahui apa itu asuransi dan polis asuransi semoga kita dapat berfikir Kembali terhadap jaminan untuk masa mendatang. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *