Aplikasi Pembukuan Keuangan

Simak Beberapa Cara Melakukan Pembukuan Keuangan yang Simple

Diposting pada

Aplikasi pembukuan keuangan hasil para innovator yang membuat pembukuan secara manual atau konvensional beralih pada aplikasi yang berbasis online. Pembukuan bagi para pengusaha baik yang berskala besar maupun kecil adalah hal tidak boleh ditinggalkan. Dengan melakukan pembukuan Anda akan mengetahui untung, rugi, stok barang, jumlah barang keluar dan masuk, serta masih banyak lagi.

Pembukuan ini sebaiknya dilakukan sejak awal pembangunan usaha. Hal itu dikarenakan jika Anda menunda-nunda pembukuan bisa jadi, ketika usaha Anda semakin meningkat Anda akan menjadi kewalahan untuk mengetahui sebenarnya omzet yang Anda terima dari usaha Anda.

Misal jika Anda perkiraan mendapatkan keuntungan besar, namun Anda tidak melakukan pembukuan hal tersebut dapat memicu kerugian karena Anda tidak tahu akan kebutuhan misal utang piutang usaha Anda sebelumnya dan Anda harus mengembalikannya. Di sinilah gunanya pembukuan meskipun sekecil apapun usaha Anda, pembukuan itu penting.

Kemudian bagi Anda yang belum faham mengenai pembukuan pasti berfikir jika pembukuan itu rumit. Anda tidak perlu berfikir seperti itu, karena dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara pembukuan keuangan yang simple dengan didukung aplikasi pembukuan keuangan, cara tersebut diantaranya yaitu:

Aplikasi Pembukuan keuangan

1. Buat buku catatan keuangan

Pencatatan pengeluaran itu sangat penting untuk mengetahui berapa jumlah modal yang Anda keluarkan. Setelah itu Anda akan lebih mudah untuk menetapkan target kapan modal Anda akan kembali.

2. Buat buku catatan pemasukan

Pembukuan aplikasi akuntansi ukm ini perlu Anda lakukan untuk mencatat segala hal yang berkaitan dengan pemasukan dalam usaha Anda, misalnya jumlah penjualan per hari. Pencatatan ini harus berlanjut agar Anda mengetahui jumlah seluruh pemasukan.

3. Buat buku kas utama

Buku kas utama ini merupakan gabungan dari buku pemasukan dan pengeluaran jadi semua itu dicatat dan dipindahkan dalam buku ini. Dengan ini Anda akan mengetahui secara detail berapa jumlah keuntungan dan kerugian Anda.

4. Buku stok barang

Dengan memiliki buku stok barang ini Anda bisa lebih mudah dalam memonitor dan mengawasi jumlah stok barang yang ada.

5. Buku inventaris barang

Buku inventaris barang ini bisa membantu Anda dalam menjaga asset perusahaan agar tetap stabil. Selain itu, buku ini juga berfungsi dalam mempermudah pengawasan, mencegah barang untuk tidak mudah hilang, mempermudah dalam melakukan pengecekan barang.

6. Buku laba rugi

Buku laba rugi ini berfungsi untuk menentukan nilai investasi dan juga memprediksi jumlah kas di masa yang akan datang. Semua cara-cara yang telah dijelaskan di atas akan lebih mudah Anda terapkan dengan menggunakan aplikasi pembukuan keuangan. Semua sudah tercover dalam aplikasi BukuKas yang merupakan aplikasi akuntansi ukm terbaik. Mulai dari kas perusahaan, keluarga, hingga pekerja dapat diatur di sini dengan mudah. Dengan ini Anda tidak perlu ribet dengan banyaknya buku yang menumpuk dan Anda cukup menggunakan smartphone Anda untuk melakukan pembukuan dalam menjaga kelangsungan usaha Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dalam mengembangkan dan memulai usaha dan bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *