Umpan Mancing Ikan Mujair Nila Dengan Lumut, CottonBut, Pelet

Diposting pada

EdiSutanto.com – Ikan Mujair Nila merupakan ikan air tawar yang banyak ada diperairan seperti danau, rawa, tambak dan juga sungai. Rasanya yang enak dan mudah untuk dipancing ikan ini banyak di cari oleh para pemancing, biasanya si dari kalangan pemancing liar atau bebas. Umpan mancing nya yang tidak terlalu sulit dan juga murah membuat ikan Mujair ini menjadi pelampiasan yang berhobi mancing.

Umpan mancing mujair nila

Meskipun ikan Mujair Nila ini mudah didapatkan dengan umpan yang murah tetapi jika salah dalam memilih umpan juga bisa saja akan boncos alias gagal dapat ikan.

Cara meracik umpan ikan Mujair Nila

1. Umpan Lumut

umpan mujair nila dengan lumut

Lumut merupakan makanan kesukaan ikan mujair, warnanya yang menyatu dengan warna air dan juga makanan alam membuat lumut paling baik untuk umpan mancing mujair.

Pilihlah lumut yang paling bagus, bagaimana cara menggunakan lumut yang bagus untuk mancing mujair:

  • Pilih lumut yang berwarna hijau pekat
  • Cari lumut yang teksturnya lembut tidak kasar, lumut jenis ini banyak berada di persawahan. Ikan mujair akan menyukai lumut yang lembut (Rekomendasi).

Cara meracik unpan lumut:

Tambahkan lumut dengan air suhu normal secukupnya agar teksturnya tetap terjaga dan lembut, kemudian tambahkan lumut dengan garam sekitar 3 sendok makan untuk 1 kg lumut. Tambahan garam berguna untuk melembutkan tekstur lumut agar lebih lembut, karena ikan mujair sangat menyukai dengan lumut yang lembut.

Tambahan lagi jika dengan garam saja kurang puas sobat bisa tambahkan penyedap rasa seperti Royco dan lainnya, cara ini untuk membuat lumut wangi dan gurih.
Selain tambahan penyedap rasa, bisa juga dengan aroma daun pandan / Essen pandan. Cara ini juga ampuh untuk racikan umpan mujair.

Tambahan lain untuk Umpan Ikan Mujair Nila dengan lumut bisa dengan daun walang sangit, untuk mencarinya sedikit susah karena memang banyak tumbuh di daerah tertentu saja. Biasanya daun walang sangit ini tumbuh di pekarangan rumah atau tanah-tanah kosong.

Cara mencampurkannya, daun walang kamu remas-remas dan cukup masukkan kedalam lumut yang sudah siap dengan ditambah air secukupnya. Aroma khas ini membuat Ikan Mujair Nila mendekat atau berkumpul.

Tambahan lainnya yang cukup jitu untuk umpan lumut mujair nila adalah Marimas, EkstraJos, Vanilli.

Baca jula: 3 Macam Umpan Murah Ikan Mas

2. Umpan Mujair Nila dengan Cotton But

Mancing mujair nila dengan cotton but

Tahu kan ya apa itu Cotton but (alat pembersih telinga) yang sering kita pakai untuk membersihkan telinga. Ada yang masih bingung dengan umpan ini? Ya memang sedikit aneh, tetapi seperti itulah pengalaman yang sudah banyak orang buktikan dan berhasil mendapatkan ikan mujair. Umpan Cotton but atau benda pembersih telinga ini bisa digunakan untuk bahan umpan memancing ikan Mujair. Memancing jenis ini bisa dibilang memancing Kabel, tetapi bisa juga berbeda nama / istilah tergantung daerahnya.
Cara menggunakan / merakit pancing Kabel adalah siapkan bahan-bahan seperti Cotton but, rakitan kail yang banyak antara 7-10 kail agar lebih maksimal dan menir (beras kecil) untuk bahan ngebom / tabur.

Potong kecil-kecil Cotton but sekitar 3/4 cm kemudian masukkan kedalam kail, cukup 1 potong Cotton but per mata pancing. Penuhi seluruh rakitan kail dengan potongan Cotton but, dan rakitan siap digunakan memancing Mujair.

Kemudian bahan tabur / bom yang gunanya untuk mengumpulkan Ikan Mujair adalah Menir atau Beras kecil bisa juga dengan Katul (dedek). Siapkan menir dan bawalah ketempat spot memancing, cara  membuatnya mudah hanya rendam menir dengan air sebentar dan kemudian buang airnya dan siap digunakan untuk ngebom ikan Mujair, cara ngebom ini berfungsi agar ikan berkumpul.

Bagaimana dengan Katul (dedak), hampir sama dengan menir yaitu rendam sebentar dengan air dan buang airnya kemudian siap digunakan untuk menabur / bom ikan Mujair.

Lebih spesifik dari cara kerja umpan bom ini adalah setelah umpan bom ditebar didekat lemparan pancing, ikan akan mendekat dan kemudian akan tertipu / tersamarkan antara menir dengan Cotton but yang memang warnanya sama-sama putih, dengan cara seperti ini ikan Mujair bisa didapatkan.

Baca juga:  6 Macam umpan sederhana ikan Lele

3. Umpan Mujair Nila dengan Pelet

mancing mujair nila dengan pelet jitu

Meracik umpan Mujair dengan pelet lebih mudah dari meracik umpan pelet ikan Mas, jika ikan mas pelet yang dibuat haruslah dengan campuran ini itu agar pelet yang dibuat benar-benar special. Tidak dengan ikan Mujair yang tidak harus memberikan bahan pelet lengkap tapi tetap akan disambar dengan galak.

Bahan pelet bisa dengan pelet biasa kiloan bisa juga dengan pelet Jitu (rekomendasi). Cara membuatnya pelet dilembutkan dengan air panas secukupnya sampai pas / pulen untuk umpan mancing. Jika mau lebih ampuh lagi pelet Jitu bisa ditambahkan dengan Essen aroma wangi seperti pandan, big fish susu, dan lain-lain.

4. Pelet Dengan Mie Instan

Umpan ikan Mujair ini cukup sederhana, dan bisa digunakan untuk kondisi terdesak ketika Umpan utama kamu habis, bahan-bahannya cukup Mie Instan, Telur dan Air panas.

Cara meraciknya, hancurkan mie bisa dengan meremas atau menumbuk, kemudian setelah hancur tambahkan kuning telur dan aduk-aduk sampai tercampur merata dan pulen, jika tekstur adonan terlihat ke enceran bisa kamu tambahkan kinoy atau Katulampa, jika kurang air bisa kamu tambahkan air panas secukupnya.

5. Umpan dengan Udang

Udang yang kecil bisa kamu gunakan untuk umpan mujair nila yang cukup ampuh. Biasanya ikan mujair yang Banon dan besar yang mau makan umpan dari udang ini, karena itu kamu harus bersabar.

6. Umpan dengan Kroto

Umpan Ikan Nila atau Mujair dengan kroto ini juga cukup ampuh dan jitu, telur semut ini merupakan materi yang berbau khas dan sudah dikenal sebagai bahan campuran untuk memancing, sehingga sudah tidak diragukan lagi jika kamu mau mencobanya.

Cara menggunakannya cukup kaitkan saja beberapa biji kroto pada kail dan umpan siap di lemparkan. Untuk hasil lebih maksimal lagi jika menggunakan umpan ini, kamu bisa siapkan racikan umpan Bom an untuk mengumpulkan ikan Nila terlebih dahulu.

Dari kesekian macam umpan ikan Mujair pasti ada faktor keberuntungan / hoki didalam memancing, sehingga umpan yang ampuh juga terkadang masih kurang puas dalam hasil yg didapat. Paling tidak sobat sudah berusaha untuk mendapatkan hasil yang terbaik dengan cara meramu / meracik umpan yang cocok.

Kemudian untuk masalah ukuran / nomor mata pancing atau kail, saya merekomendasikan ukuran kecil sampai dengan sedang antara no. 3-5 dengan bahan Carbon.
Bahan Carbon akan memberikan ketajaman yang baik. Begitu juga ukuran mulut dari ikan mujair yang kecil sehingga disarankan untuk memilih kail yang kecil / sedang agar tarikan ikan bisa didapat.

Tambahan lain, saya pribadi kurang suka dengan umpan Cacing untuk memancing target Mujair karena umpan ini kurang diminati ikan Mujair, entah kenapa. Biasanya bukan ikan Mujair yang menyambar tetapi malah ikan Kating / lundu yang didapat.

Jika dilain hari nanti menemukan umpan yang cocok untuk ikan Mujair saya akan membagikan pengalaman kembali, selalu ikuti aja ya.

Semoga pembahasan Umpan Mancing ikan Mujair Nila ini bermanfaat dan sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *